Harga Gokart (Balap, Rakitan, Dewasa, Anak)

No comment537 views

Bagi mereka yang mengikuti perkembangan balap mobil, pasti sudah tidak asing lagi dengan Gokart. Sering pula disebut Gokar, ini adalah varian kendaraan roda empat dengan atap terbuka, dengan bentuk kecil dan sederhana, yang sering digunakan sebagai olahraga motor. Walaupun punya ukuran mini, harga Gokart ternyata tidak bisa dikatakan murah, bisa mencapai angka ratusan juta rupiah untuk produk dengan mesin impor.

Ilustrasi: balapan gokart (pexels: Alex Andrews)

Ilustrasi: balapan gokart (pexels: Alex Andrews)

Apa Itu Gokart?

Gokart atau balapan kart (biasa disebut pula karting) adalah varian dari olahraga bermotor atap terbuka sederhana dan kecil, berpacu di sirkuit dengan lintasan kecil, menggunakan kendaraan roda empat yang disebut kart, gokart, atau gearbox/shifter, tergantung desain.[1][2] Gokart sering dianggap sebagai batu loncatan untuk olahraga balap kendaraan bermotor yang lebih tinggi dan lebih mahal, seperti A1 dan F1 (Formula 1).[3]

Dilansir dari Fastnlow, konon gokart pertama kali diciptakan pada tahun 1956 silam oleh Art Ingels ketika ia bekerja di perusahaan Kurtis Kraft di Glendale, California. Kurtis Kraft sendiri merupakan sebuah perusahaan bidang desain dan produksi mobil balap. Ingels adalah pencinta hot rod dan builder mobil balap yang sebagian besar karyanya dikirim dalam balapan profesional di Indianapolis. Namun, ia punya ide lain, yakni sebuah kendaraan balap mini berkapasitas satu orang, tetapi dapat dinikmati semua dan berbagai kalangan.

Masih menurut referensi yang sama, mereka lantas membangun gokart dengan mesin West Bend 750 (2-cycle) yang merupakan mesin pemotong rumput, menanamkannya di atas sasis tubular yang sederhana dan dikombinasikan dengan ban semi-pneumatik. Secara resmi, gokart ini tak memiliki nama, tetapi di kalangan pencinta kart, dikenal sebagai Kart No. 1 atau The West Bend.

Mesin gokart tersebut hanya dapat menghasilkan tenaga sebesar 2 HP, yang dikirim ke roda belakang kiri melalui poros penggerak yang terbuat dari rantai sepeda, sprocket, dan kopling sentrifugal. Sementara itu, sistem pengereman mengandalkan tuas penarik yang terpasang di sisi kanan. Tuas memutar plat yang menekan bantalan pengereman ke cakram yang dilas ke velg kanan belakang.

Baca juga  Info Terbaru Harga Palet Lukis (Plastik, Kayu, Oval, Flower dll)

Kala itu, mobil ciptaan Ingels belum digunakan untuk balapan. Namun, ketika Ingels pertama kalinya mengemudikan kart ke publik, tepatnya dalam ajang balap mobil sport Pomona, dirinya berhasil menarik banyak peminat dari penduduk setempat. Bermodal mesin pemotong rumput yang bertengger di atas sasis custom dengan ketinggian hanya beberapa inch dari tanah, kendaraan tersebut menjadi model yang dengan cepat ditiru berulang kali.

Gokart (sumber: tokopedia)

Gokart (sumber: tokopedia)

Tiga pria California melihat potensi itu dan akhirnya memutuskan untuk memproduksi kart dalam skala besar. Bill Rowles, Duffy Livingstone, dan Roy Desbrow, demikian nama ketiga pria tersebut, versi gokart mereka sendiri. Juga menggunakan mesin pemotong rumput yang murah dari pabrikan West Bend, tiga serangkai ini lantas mendirikan Go-Kart Manufacturing Company tahun 1957. Untuk menggambarkan produk mereka lebih menarik, mereka menyebutnya dengan “Gokart” yang dilepas dengan harga 129 dolar AS sebagai kit.

Ketika Go-Kart Manufacturing Co. menuai sukses, semakin banyak perusahaan yang meniru apa yang mereka lakukan. Tak terkecuali sang penemu kart, Art Ingels, dengan mendirikan bisnis produksi kart sendiri bersama temannya, melahirkan Ingels & Borelli Kart Co. Ini menjadi produsen kart pertama di dunia yang dijual dengan nama ‘Caretta’. Kart Caretta, hand-built, akhirnya menjadi cikal bakal kart enduro saat ini, yang digunakan dalam kompetisi. Perusahaan Ingels bersama perusahaan sejenis lainnya lantas bergabung dalam American Kart Manufacturer’s Association.

Selain balap kart tradisional, banyak perusahaan komersial menawarkan kart untuk disewa, yang sering disebut kart ‘rekreasional’. Menggunakan trek di dalam atau di luar ruangan, kart disewakan berdasarkan sesi (biasanya 10 sampai 30 menit). Layaknya untuk balapan, pengelola juga menggunakan sasis kokoh dengan bodywork khusus untuk memberikan keamanan pada pengemudi (penyewa). Sebagian menyediakan semua perlengkapan keselamatan (helm, sarung tangan, dan pakaian pengemudi) yang diperlukan pelanggan dengan harga yang wajar.

Khusus untuk trek luar ruangan, menawarkan gokart kecepatan rendah hanya untuk hiburan (sasis khusus yang dilengkapi dengan mesin empat tak bertenaga rendah atau motor listrik), atau gokart yang lebih cepat dan lebih bertenaga, mirip dengan gokart balap, yang didukung mesin empat tak bertenaga hingga 15 HP (11 kW). Biasanya, trek luar ruangan juga digunakan untuk balapan kart tradisional.

Baca juga  Update Kisaran Harga 1 Set Tabung CO2 untuk Aquascape

Sementara itu, trek kart dalam ruangan dapat ditemukan di banyak kota besar di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Trek ini seringkali berada di pabrik atau gudang yang telah direnovasi, atau mall, dan umumnya lebih pendek dari trek luar ruangan tradisional. Kart dalam ruangan biasanya didukung mesin bensin empat langkah yang menghasilkan tenaga mulai dari 5 hingga 13 HP (4 hingga 10 kW), atau terkadang dengan motor listrik.

Komponen Utama Gokart

Komponen gokart (sumber: gokartguide.com)

Komponen gokart (sumber: gokartguide.com)

Sama seperti produk kendaraan bermotor lainnya, gokart juga memiliki komponen-komponen utama yang menyusun spesifikasinya sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Komponen-komponen yang menyusun gokart ini cukup sederhana, antara lain motor penggerak, kerangka utama, poros utama atau belakang, gearbox, rem cakram (foot brake), poros depan, dan poros setir.

Motor penggerak yang digunakan pada gokart umumnya motor bensin, walau ada juga sekarang yang memakai tenaga listrik. Sementara itu, rangka utama berfungsi sebagai tempat dudukan mesin yang ditopang empat buah roda. Rangka ini biasanya terbuat dari pipa segi empat dengan ukuran 38 x 38 mm, dengan ketebalan sekitar 3 mm.

Bagian lain yang tidak kalah penting adalah poros utama atau belakang, yang berguna sebagai penopang roda, cakram, dan gear. Selain itu, ada pula gearbox yang berfungsi sebagai perantara antara putaran mesin dan putaran ros roda belakang, rem cakram untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan, poros roda atau depan yang termasuk poros gandar, terot setir agar setir mudah digerakkan, serta poros setir untuk membantu sistem kemudi gokart.

Untuk menjadi pembalap gokart, biaya yang diperlukan memang tidak murah. Menurut Irawan Supardjo, salah satu tokoh ternama dalam dunia gokart Indonesia, dana yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan standar mencapai Rp25 juta, dengan rincian harga helm Rp6,5 juta, seragam gokart sebesar Rp3,5 juta, sepatu khusus sebesar Rp3 juta, sarung tangan seharga Rp1,6 juta, pelindung leher seharga Rp8,5 juta, dan rib protector yang dibanderol Rp2 jutaan.

Baca juga  Info Terkini Harga Ukulele Senar 3

Selain itu perlengkapan yang juga perlu dimiliki mereka yang ingin menggeluti olahraga gokart adalah mobil balap. Untuk mendapatkan mobil ini, anggaran yang diperlukan pun cukup menguras . Rata-rata, harga mobil gokart yang digunakan untuk balapan mencapai angka Rp120 jutaan per unit, sudah termasuk penggunaan mesin balap khusus yang diimpor dari Italia.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang punya anggaran terbatas tetapi tetap ingin mencoba olahraga yang satu ini? Tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa produsen yang membuat mobil mini gokart dengan harga lebih terjangkau. Meskipun tidak seperti mobil gokart untuk balapan, tetapi tetap memadai untuk dijadikan ajang latihan atau bersenang-senang.

Harga Gokart

Gokart rakitan (sumber: suara.com)

Gokart rakitan (sumber: suara.com)

Varian GokartHarga
Brecht Gokart Batman TR-6666 JuniorRp1.420.000
Gokart 4-tak 80ccRp4.795.000
X5 Gokart 4-tak 200ccRp7.000.000
Gokart Madman 4-tak 200ccRp7.000.000 – Rp10.200.000
Gokart 4-tak 80cc Buggy TypeRp8.000.000 – Rp12.500.000
Gokart 4-tak 200ccRp9.000.000 – Rp11.000.000
Segway Ninebot Gokart Pro KitRp11.475.000
Segway Ninebot Gokart Pro Full KitRp20.000.000 – Rp24.579.000

Harga gokart di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk produsen penyedia perakitan mobil serta sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa mobil gokart tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga kendaraan ini di masing-masing toko dapat berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Nazaruddin, N., Dedy Masnur, Erwin Ardiansyah. 2020. Design and Manufacture Chassis and Body of Simple Gokart Using Automatic Clutch and 7.5 HP Engine Power. Jurnal Teknologika, Vol. 10(2).

[2] Adisumarto, Henson , S. P. Honggowidjaja, Hendy Mulyono. 2017. Perancangan Interior Café Go Kart di Surabaya. Jurnal Intra, Vol. 5(2): 495-504.

[3] Ibid.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Gokart (Balap, Rakitan, Dewasa, Anak)"