Update Harga Glukosa Bubuk dan Cair

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang glukosa. Ini adalah zat yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk karbohidrat, berguna sebagai sumber energi tubuh bersama dengan lemak. Selain dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan, roti, serta produk olahan susu, ternyata bahan ini juga dijual dalam bentuk bubuk dan cair. Tersedia dalam berbagai kemasan, harga glukosa ini relatif terjangkau.

Ilustrasi: Glukosa Bubuk Organik (credit: durefoods)
Ilustrasi: Glukosa Bubuk Organik (credit: durefoods)

Manfaat Glukosa

Glukosa bisa dikatakan sebagai karbohidrat yang terpenting dalam tubuh karena merupakan penyedia energi yang akan digunakan aktivitas sehari-hari.[1] Semua karbohidrat dari makanan dihidrolisis menjadi monosakarida, yakni glukosa, galaktosa, dan fruktosa, di saluran cerna. Glukosa dalam bentuk glikogen akan tersimpan di dalam otot dan hati, sedangkan glukosa dalam bentuk glukosa darah akan tersimpan di dalam plasma darah.[2]

Bacaan Lainnya

Peranan glukosa dalam tubuh manusia tidak hanya sebagai bahan bakar bagi proses metabolisme dan sumber energi bagi kerja otak, tetapi juga sebagai penghasil energi ketika berolahraga. Saat kita berolahraga, jaringan otot hanya akan memperoleh energi dari pemecahan molekul Adenosine Triphosphate (ATP). Melalui simpanan energi yang terdapat di dalam tubuh ini, molekul ATP akan dihasilkan melalui metabolisme energi yang melibatkan berbagai reaksi kimia kompleks, yang penggunaannya tergantung pada jenis aktivitas, intensitas, durasi, dan frekuensi yang dilakukan ketika berolahraga.[3]

Glukosa sendiri termasuk dalam jenis gula, bersama dengan sukrosa dan fruktosa. Namun, ketiga jenis gula ini memiliki perbedaan. Glukosa dan fruktosa adalah jenis gula paling sederhana dibandingkan sukrosa, termasuk golongan gula yang dinamakan monosakarida. Ini jenis gula yang paling kecil dan tidak dapat dipecah lagi. Berbeda dengan glukosa, sukrosa termasuk ke dalam jenis disakarida. Bisa dibilang, sukrosa adalah gabungan fruktosa dan glukosa.

Dikutip dari Kompas, meski glukosa dan fruktosa sama-sama sejenis, tetapi keduanya tetap berbeda. Gula yang paling penting dalam tubuh adalah glukosa. Sebab, tubuh hanya bisa menyerap glukosa dan menjadikannya sebagai energi otot dan juga otak. Tubuh tidak bisa menggunakan fruktosa sebagai energi karena jalur metabolisme kedua gula ini di dalam tubuh akan berbeda. Sukrosa juga belum bisa menghasilkan energi sebelum dihancurkan dulu menjadi bentuk paling sederhana.

Umumnya, glukosa dapat diperoleh dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, roti, hingga produk olahan susu. Sejumlah hidangan seperti soft drink, saus tomat dalam kemasan, aneka kue, serta puding pun diklaim kaya glukosa. Tidak cuma itu, ada juga sejumlah toko yang telah menjual glukosa dalam bentuk bubuk maupun cair, yang dapat digunakan sebagai pemanis atau bahan olahan makanan. Penasaran berapa harga glukosa ini?

Harga Glukosa Cair – shopee.co.id

Harga Glukosa Bubuk

Merk & Kemasan Glukosa Harga
Gluco VD Glucose D 340 gr Rp20.000
Mount Fuji Glukosa Bubuk 454 gr Rp28.000
Glucolin Glukosa Gula Anggur Tin 420 gr Rp36.200 – Rp60.000
Glukosa Powder 1 kg Rp40.000 – Rp65.000

 

Harga Glukosa Cair

Merk & Kemasan Glukosa Harga
Glukosa Cair Y&R 600 gr Rp7.000
Glukosa Cair Y&R 1300 gr Rp13.500
Glukosa Cair 1 kg Repack Rp15.000
Glukosa Cair Baker & Barista 200 gr Rp15.000 – Rp17.000
Glukosa Cair BRIX 82 400 gr Rp17.500 – Rp27.000
SELMA Glukosa Cair 500 gr Rp20.000
SINKA Glukosa Cair 1 kg Rp75.000
CAD Glukosa Cair 5 kg Rp133.900
SELMA Glukosa Cair 5 kg Rp140.000 – Rp200.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga glukosa bubuk di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Gluco VD Glucose D 340 gr yang semula dibanderol seharga Rp16 ribu, kini dijual seharga Rp20 ribu. Tak jauh berbeda dari penjualan glukosa bubuk, harga glukosa cair di pasaran saat ini juga naik. Sebagai contoh, harga glukosa cair CAD 5 kg yang awalnya Rp120.000, sekarang menjadi Rp133.900.

Harga glukosa di atas kami kutip dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dan toko bahan makanan. Perlu Anda catat bahwa harga glukosa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selain itu, harganya juga dapat berbeda di masing-masing tempat meskipun produk yang ditawarkan sama.

Walaupun berfungsi sebagai sumber tenaga tubuh, konsumsi glukosa tidak boleh berlebihan. Jika konsumsi glukosa melebihi batas normal, akan meningkatkan risiko Anda terkena obesitas atau kegemukan, diabetes, penyakit jantung, hingga penuaan dini. Menurut anjuran American Heart Association, takaran gula yang disarankan adalah hanya 150 kalori (sekitar 9 sendok teh gula) setiap hari untuk laki-laki dan 100 kalori (sekitar 6 sendok teh gula) setiap hari untuk wanita. Sementara itu, Kementerian Kesehatan menyarankan konsumsi gula tidak lebih dari 50 gram per hari.

[Ditta]

[1] Lande, Ni Putu G. A. dan Yanti Mewo. 2015. Perbandingan Kadar Glukosa Sebelum dan Sesudah Aktivitas Fisik Intensitas Berat. Jurnal e-Biomedik, Vol. 3(1): 20-24.

[2] Irawan, M. Anwari. 2007. Glukosa dan Metabolisme Energi. Polton Sports Science and Performance Lab, Vol. 1: 1-4.

[3] Irawan, M. Anwari. 2007. Metabolisme Energi Tubuh dan Olahraga. Polton Sports Science and Performance Lab, Vol. 1: 1-8.

Pos terkait