Fungsi dan Update Harga Glow Plug (Berbagai Mobil)

Glow plug, mungkin perkakas ini masih asing bagi sebagian orang. Ini adalah busi pijar yang khusus digunakan pada mesin diesel. ini dibutuhkan untuk menstabilkan panas ketika hendak menghidupkan mesin diesel. Sudah tersedia di berbagai bengkel maupun situs jual beli online, produk ini dijual dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah.

Glow plug/busi pijar (sumber: denso-am.eu)
Glow plug/busi pijar (sumber: denso-am.eu)

Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam atau sebuah mesin pemicu kompresi, dengan bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain semisal busi.[1] Sebaliknya, mesin ini hanya mengandalkan kompresi untuk menaikkan suhu udara ke titik diesel dapat terbakar secara spontan saat dimasukkan ke udara panas bertekanan tinggi.

Bacaan Lainnya

Secara umum, mesin diesel tidak memerlukan alat bantu start apa pun. Karena itu, beberapa mesin diesel, terutama yang injeksi langsung, tidak memiliki sistem bantuan start seperti glow plug. Namun, hal ini tergantung pada perpindahan dan ruang bakar, dan mesin dengan banyak permukaan ruang bakar, seperti mesin injeksi ruang pra-pembakaran dan ruang putar, mungkin memerlukan penggunaan glow plug agar dapat menyala dengan benar.

Baca juga  Update Harga Carburator Cleaner (Semua Merk dan Kemasan)

Fungsi Glow Plug

Glow plug atau busi pijar adalah perangkat pemanas yang digunakan untuk membantu menghidupkan mesin diesel . Dalam cuaca dingin, mesin diesel berkecepatan tinggi bisa sulit dihidupkan karena massa blok silinder dan kepala silinder menyerap panas kompresi, sehingga mencegah penyalaan . Mesin pra-ruang menggunakan glow plug di dalam ruang-pra. Sementara, mesin injeksi langsung memiliki glow plug ini di ruang bakar.

Komponen ini sendiri berbentuk potongan logam seperti pensil dengan elemen pemanas di ujungnya. Elemen pemanas ini, ketika dialiri listrik, memanas karena hambatan listriknya dan mulai memancarkan cahaya dalam spektrum tampak, dan karenanya disebut busi pijar. Efek visual yang dihasilkan mirip dengan elemen pemanas di pemanggang roti. Pola semprotan injektor bahan bakar kemudian mengenai ujung panas glow plug selama injeksi bahan bakar di titik mati atas. Ini akhirnya menyalakan bahan bakar, bahkan saat mesin tidak cukup panas untuk pengoperasian normal, yang mengurangi waktu engkol untuk menghidupkan mesin.

Busi pijar pada model engine berbeda dengan yang ada pada mesin diesel ukuran penuh. Mesin ukuran penuh hanya menggunakan busi pijar untuk memulai. Sementara, engine model memakai busi pijar sebagai bagian integral dari sistem pengapian karena efek catalytic dari kawat platina, pada bahan bakar berbasis metanol tempat mereka dirancang untuk bekerja. Busi pijar engine model juga digunakan sebagai penyala yang dapat digunakan kembali dalam pembuatan kembang api teater dan industri efek khusus untuk menyalakan perangkat piroteknik dari jarak jauh menggunakan flash dan bubuk komposisi asap.

Baca juga  Info Manfaat dan Update Harga Bunga Rosella di Pasaran

Saat ini, tidak susah mendapatkan glow plug. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai bengkel maupun situs jual beli online. Harganya memang bervariasi, tetapi rata-rata berada di angka ratusan ribu rupiah. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga glow plug di pasaran dalam negeri.

Harga Glow Plug

Glow plug/busi pijar (sumber: oards.com)
Glow plug/busi pijar (sumber: oards.com)
Merk/Varian Glow Plug Harga
HKT Glow Plug Toyota Kijang Diesel Kapsul Rp80.000
HKT Glow Plug L300 Diesel Rp87.500
Ford Genuine Part BK3Q-6M-090AB Glow Plug Rp253.000
Ford Genuine Part WE01-18-601 Glow Plug Rp265.000
Glow Plug for Captiva Diesel CC140FL Rp295.000
Ford Genuine Part WL81-18-601 Glow Plug Rp300.000
Sport Short Glow Plug for Hino Ranger Rp350.000
Sport Short Glow Plug for Isuzu KBD25 Rp350.000
Sport Short Glow Plug for Toyota Kijang Diesel Rp350.000
Sport Short Glow Plug for Daihatsu Taft GT Rp350.000
Sport Short Glow Plug for T120SS Rp350.000
Sport Short Glow Plug for Toyota Dyna Rp350.000
Sport Short Glow Plug for Toyota Rino Rp350.000
Sport Short Glow Plug for Isuzu TLD58 Rp400.000
Sport Short Glow Plug for Kuda Diesel Rp400.000
Sport Short Glow Plug for L300 Diesel Rp400.000
Glow Plug for Daihatsu Delta Rp570.000
Sport Short Glow Plug for L200 Strada Rp450.000
Sport Short Glow Plug for L200 Triton Rp600.000
Glow Plug for Triton Pajero Sport MD342751 Rp650.000
Baca juga  Update Harga Shampo Loreal Paris dan Kegunaannya

Harga glow plug di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa bengkel dan situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga glow plug tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga glow plug saat ini ada yang naik dan tetap. Sebagai contoh, glow plug for Triton Pajero Sport MD342751 yang semula dibanderol Rp600 ribu, naik menjadi Rp650 ribu. Sementara itu, Sport Short Glow Plug for Mitsubishi L200 Triton harganya saat ini masih sama seperti tahun lalu, yakni Rp600 ribu. Selain itu, harga glow plug di setiap bengkel kemungkinan berbeda walau produk yang ditawarkan sama.

[Update: Almas]

[1] Muchlisinalahuddin. 2018. Analisis Prestasi Mesin Motor Bakar Diesel Type Pauss Model 175A untuk Bahan Bakar Solar dan Bio Solar. Rang Teknik Journal Fakultas Teknik UMSB, Vol. 1(2): 221-226.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.