Harga Gitar Yamaha C315 (Original dan KW)

Selain populer sebagai merk sepeda motor, Yamaha juga sudah tersohor dengan instrumen musiknya, termasuk gitar. Sudah ada banyak model yang dirilis brand asal Jepang tersebut ke pasaran dalam negeri, salah satunya Yamaha C315. Merupakan gitar akustik (ada juga yang menyebutnya gitar klasik), Yamaha C315 hadir di segmen low-end sehingga harganya pun relatif terjangkau.

Ilustrasi: memainkan gitar akustik (sumber: blibli)
Ilustrasi: memainkan akustik (sumber: blibli)

Anda pasti sudah sangat familiar dengan gitar. dapat dikatakan sebagai instrumen musik yang paling populer, dimainkan jutaan orang dan membuat ratusan, atau mungkin ribuan, musisi menjadi terkenal karenanya. Tidak hanya dapat digunakan oleh musisi dalam mengaransemen karya atau membuat komposisi baru, gitar juga bisa dipakai untuk sekadar mengisi waktu luang.[1] Kelebihan lainnya alat musik ini adalah mudah dibawa karena tidak terlalu berat dan besar.

Bacaan Lainnya

Banyak pendapat mengenai asal mula gitar. diprediksi berasal dari wilayah Persia, dengan puing-puing yang ditemukan sekitar abad ke-19 sebelum Masehi. Namun, sejumlah ilmuwan berpendapat bahwa gitar bukan berasal dari Persia, melainkan dari Spanyol, yang diperkuat dengan adanya alat musik mirip gitar bernama vihuela, yang sudah dikenal masyarakat Negeri Matador sejak tahun 1500-an.[2]

Terlepas dari asal-usulnya, seiring waktu, telah menjadi instrumen musik modern dan dimainkan banyak orang. Bahkan, sekarang gitar sudah terbagi menjadi beberapa tipe, yang tidak hanya dibedakan berdasarkan bentuknya, tetapi juga fungsinya. Bahkan, musik yang berbeda dapat memakai jenis gitar yang berbeda pula.

Dari sekian tipe yang beredar, gitar akustik dapat dikatakan sebagai model yang terkenal dan merakyat. Dengan bagian tubuh yang berlubang (hollow body), gitar ini telah digunakan selama ribuan tahun. Ada tiga jenis utama untuk gitar akustik modern yang sering digunakan, yaitu gitar akustik dengan senar nilon, gitar akustik dengan senar baja, dan gitar arch-top. Gitar akustik sering dibuat dari material kayu seperti mahogany, alder, basswood, maple, rosewood, spruce, dan lain-lain.[3]

model akustik ini menghasilkan suara yang berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui pengikat senar ke dalam ruang suara.[4] Nah, suara di dalam ruang ini melakukan resonansi terhadap kayu badan gitar, sehingga jenis dan tingkat ketebalan kayu juga memengaruhi suara yang akan dihasilkan oleh akustik.

Review Yamaha C315

Sudah ada banyak merk dan tipe akustik yang beredar di pasaran. Namun, apabila Anda menginginkan gitar yang murah tetapi dengan kualitas yang masih oke, mungkin Yamaha C315 bisa menjadi pilihan yang menarik. Meski memang ditujukan untuk pasar low-end, Yamaha C315 diklaim masih dapat memenuhi hasrat bermain musik dalam skala yang tinggi.

Dilansir dari situs resmi produsen, C Series, dan juga CX Series, diklaim sebagai produk yang dibuat melalui keahlian tingkat tinggi dan perhatian besar diberikan pada detail yang menghasilkan instrumen dengan kualitas luar biasa. Gitar seri C disebutkan akan memberikan kinerja yang sangat baik untuk pemula atau pelajar muda dengan kemampuan bermain dan nada yang luar biasa.

Khusus untuk model C315, Yamaha mengatakan bahwa ini adalah salah satu model gitar klasik ukuran penuh dari mereka, tetapi dengan kualitas dan nada yang luar biasa. Produk ini dirancang dengan kombinasi kayu yang berkualitas dan material spruce pada sisi depan serta agathis pada sisi belakang. Dengan perpaduan dua material inti tersebut, gitar ini dikatakan mampu menghasilkan tone lembut yang  berkarakter. Pada bagian top dan fingerboard, memakai kayu nato dengan jumlah fret sebanyak 19, sangat ideal untuk ukuran sebuah gitar klasik minimalis.

Spesifikasi Yamaha C315

Gitar Yamaha C315 (sumber: olx)
FinishingGloss
Skala String650 mm
Kedalaman Bodi94 – 100 mm
Lebar Papan Jari52 mm
Bahan Baku AtasSpruce
Bahan Baku BelakangAgathis
Bahan Baku SampingAgathis
Bahan Baku LeherNato
Bahan Baku Papan JariNato
Bahan Baku BatanNato

Apabila Anda tertarik memiliki gitar Yamaha C315, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko alat musik terdekat. Selain itu, Anda pun bisa memesan lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru kisaran harga Yamaha C315 di pasaran dalam negeri.

Harga Yamaha C315

LokasiHarga
Website YamahaRp1.211.000
Galeri Musik IndonesiaRp1.000.000
SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan Sekolah)Rp1.776.000
Online ShopRp890.000 – Rp1.650.000

Perlu Anda catat bahwa harga gitar Yamaha C315 di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan penjual. Selain itu, harga instrumen musik ini juga dapat berbeda di masing-masing tempat meskipun produk yang ditawarkan sama. Selain produk original, ternyata ada juga yang menjual Yamaha C315 KW alias palsu dengan harga lebih murah, mulai Rp45 ribuan.

[1] Miftahunnajah, Fadlan, Tono Rachmad P. H., Dody M. Kholid. 2013. Studi Organologi Pembuatan Gitar Klasik Produksi PT. Genta Trikarya Bandung. Jurnal Antologi Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI, Vol. 1(3).

[2] Ibid.

[3] Ulinnuha, Muhammad Khirzan. 2015. Desain Gitar Akustik Berbahan Rotan. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 4(2): 76-81.

[4] Dharaka, Sinatrya, dkk. 2014. Perancangan Media Promosi Koz Guitar.  Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 2(5).

Pos terkait