Update Harga Gitar Ukulele Senar 6 (Berbagai Merk)

Ukulele sering disebut pula sebagai gitar mini, karena memang memiliki bentuk dan cara memainkan mirip instrumen musik petik tersebut. Selain itu, ukulele dilengkapi dengan senar agar bisa mengeluarkan suara. Umumnya hadir dengan 4 senar, sekarang juga sudah tersedia ukulele yang mengusung 6 senar. Di pasaran, produk ini bisa Anda tebus dengan harga yang cukup terjangkau, rata-rata ratusan ribu rupiah per unit.

Gitar ukulele 6 senar (facebook: @caramelukulele)
Gitar ukulele 6 senar (facebook: @caramelukulele)

Apa Itu Ukulele?

Anda sudah tidak asing lagi dengan gitar. Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, biasanya dimainkan dengan jari atau pick (alat petik gitar).[1] Menghasilkan bunyi dari senar yang bergetar, gitar secara umum dapat dibedakan menjadi dua tipe, yakni gitar akustik dan gitar listrik atau elektrik. Berbeda dengan gitar akustik yang cukup dipetik untuk menghasilkan suara nyaring, maka gitar elektrik memerlukan bantuan amplifier agar bunyi yang dihasilkan dapat terdengar jelas.

Bacaan Lainnya

Lalu, bagaimana dengan ukulele? Sering pula disebut baby guitar, ukulele adalah instrumen musik seperti gitar, hanya saja punya ukuran yang lebih kecil sehingga praktis dibawa ke mana saja dan biasanya memiliki empat senar.[2] Konon, ukulele ditemukan di Hawaii pada tahun 1879 setelah dibawa oleh para pendatang atau imigran dari Portugis.[3]

Baca juga  Update Daftar Gitar Harga Termurah (Akustik, Elektrik, Klasik)

Secara garis besar, ukulele mirip dengan gitar akustik, hanya saja berukuran lebih kecil. Bentuknya dapat seperti angka delapan, ada pula yang memiliki cutaway. Bagian bodi pada dasarnya terbuat dari material kayu, meskipun beberapa varian dan merk ada yang terbuat dari plastik dan bahan lain, seperti tulang untuk nut. Ukulele yang lebih murah biasanya terbuat dari triplek untuk bodi dan mahoni untuk neck dan soundboard atau fretboard, sedangkan tipe yang lebih mahal seringnya dibuat dari kayu yang keras, seperti mahoni untuk bodi dan eboni untuk soundboard.

Instrumen ini pada umumnya memiliki empat senar, tetapi juga tersedia pula varian yang memiliki tiga senar atau di-double menjadi enam senar atau delapan senar. Awalnya, senar ukulele terbuat dari catgut ( kucing). Kemudian, ukulele yang lebih modern menggunakan senar nylon dengan berbagai variasi dalam material pembuatannya. Beberapa string yang lebih rendah (low) biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan dibalut aluminium.

Berdasarkan ukurannya, ukulele dapat dibagi menjadi lima jenis, yaitu soprano, concert, tenor, baritone, dan bass. Selain berbeda ukuran, jenis ukulele yang berbeda juga memiliki tuning yang tidak sama. Jenis soprano, concert, dan tenor memiliki tuning yang sama, yaitu G-C-E-A, sedangkan jenis baritone (dan juga bass) memiliki tuning sendiri.

Baca juga  Update Harga Gitar Yamaha F310 Original (Baru dan Second)

Dalam perkembangannya, ukulele telah menyebar ke berbagai tempat, dari sebelah timur Amerika Serikat menuju Jepang dan Eropa. Bahkan, pemain profesional seperti Lyle Ritz, Led Kaapana, Herb Ohta, Chino Montero, Troy Fernandez, Ben Chong, Peter Moon, Byron Yasui, Andy Sexton, B.B. Shawn, Moe Keale, Tracey Terada, hingga Jake Shimabukuro membuktikan bahwa ukulele telah mendapat tempat dan akan selalu mendapat tempat teratas di jajaran alat musik bersenar.

Di Indonesia, ukulele merupakan nyawa bagi genre musik yang disebut keroncong. Bahkan, penamaan musik tersebut, seperti dilansir dari Encyclopedia Jakarta, berasal dari ukulele yang ketika dimainkan menghasilkan bunyi ‘crung crung crung’ atau ‘crong crong crong’. Tanpa ukulele, terutama ukulele cuk, irama musik keroncong sering dikatakan terdengar hampa.

Ukulele 6 senar (sumber: musiccitycaims.com)
Ukulele 6 senar (sumber: musiccitycaims.com)

Seperti disampaikan diatas, ukulele biasanya mengusung empat senar. Namun, ada pula yang hadir dalam enam senar. Meskipun jumlah senarnya lebih banyak, harga ukulele varian ini ternyata masih tergolong terjangkau. Lalu, berapa harga ukulele senar 6 saat ini? Berikut kami sampaikan kisaran harga ukulele enam senar di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Diva Family Karaoke Cabang Malang

Harga Ukulele Senar 6

Merk Ukulele Senar 6 Harga
Ukulele Senar 6 Akustik Rp165.000
Ukulele Senar 6 No Merk Rp275.000
Mayor Ukulele Klasik Senar 6 Rp450.000
Yamaha Guitalele GL 1 Natural Rp500.000
Cowboy GK 6 Rp6.000
Yamaha Guitalele GL 1 /Perssimon Brown Rp700.000

Harga gitar ukulele di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko instrumen musik dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga gitar ukulele senar 6 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ukulele 6 senar tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Yamaha Guitalele GL 1 /Perssimon Brown yang dibanderol Rp620.000 di tahun 2021, naik menjadi Rp700.000 tahun 2022. Selain itu, harga di masing-masing tempat juga dapat berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[Update: Almas]

[1] Dharaka, Sinatrya, Deddi Duto H., Cindy Muljosumarto. 2014. Perancangan Media Promosi Koz Gitar. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, Vol. 2(5).

[2] Nugraha, Muhammad Ridwan. 2015. Upaya Peningkatan Musikal pada Alat Musik Ukulele Bagi Siswa Kelas V di SDN 1 Cikeusi Sumedang (Skripsi). Program Studi Seni Musik Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Universitas Pasundan Bandung.

[3] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.