Harga Gitar Akustik Gibson (Original dan Custom)

No comment331 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Gibson. Ini merupakan salah satu brand ternama, terutama untuk elektrik, dan sudah digunakan oleh para gitaris kelas dunia. Selain elektrik, merek asal AS tersebut juga merilis gitar akustik. Dengan kelas atas, gitar akustik keluaran Gibson memang bisa dibilang lebih mahal daripada gitar akustik kebanyakan.

Gitar, seperti dilansir Wikipedia, adalah salah satu instrumen musik dengan dawai, yang dimainkan dengan cara dipetik, yang umumnya menggunakan jari atau plectrum. Gitar secara umum dapat dibagi menjadi dua , yaitu gitar akustik dan gitar (elektrik), meski ada juga perpaduan antara keduanya (akustik-elektrik).

Gitar Akustik Gibson - (Youtube: Acoustic Letter)

Gitar Akustik Gibson - (Youtube: Acoustic Letter)

Secara umum, gitar memiliki sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar, yang biasanya berjumlah enam senar (ada juga yang tujuh senar, bahkan 12 senar). Bodi gitar secara tradisional dibuat dari berbagai jenis kayu, dengan senar yang terbuat dari material nilon maupun baja.

Untuk gitar akustik, dengan bagian tubuh yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Ada tiga jenis utama untuk gitar akustik modern yang sering digunakan, yaitu gitar akustik dengan senar nilon, gitar akustik dengan senar baja, dan gitar archtop. Sementara, gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik finger-picking komprehensif.

Kelebihan Gitar Gibson

Berbicara mengenai gitar, Gibson menjadi salah satu merek yang sangat diperhitungkan. Ini adalah brand gitar yang sudah digunakan oleh banyak gitaris kelas wahid. Gitaris Guns N’ Roses, Slash, dikenal sebagai pemakai setia gitar Gibson. Nama-nama lainnya termasuk Jimmy Page dari Led Zeppelin, B.B King, Marc Bolan, Chuck Berry, Pete Townshend, Angus Young, Joe Perry, Randy Rhoads, hingga nama lokal seperti John Paul Ivan dan Piyu Padi.

Jejak Gibson dalam industri gitar dunia memang sangat panjang. Brand ini bermula pada tahun 1902 silam ketika Orville Gibson mendirikan perusahaan ini di Kamalazo, Michigan, AS. Namun, baru sekitar tahun 1930-an, Gibson mulai memproduksi gitar akustik dan gitar berongga secara komersial. Setelah merilis gitar listrik jenis Spanish pada tahun 1936, nama Gibson lantas mulai diperhitungkan di industri instrumen musik.

Salah satu model gitar keluaran Gibson yang paling terkenal di dunia adalah seri Les Paul. Ini adalah gitar pertama yang diluncurkan Gibson, sekaligus dirancang dan dikembangkan oleh Les Paul sendiri. Dengan begitu, Les Paul menjadi ikon Gibson dan rock ‘n roll. Instrumen Gibson yang satu ini lantas digunakan oleh sejumlah gitaris kenamaan dunia sejak dirilis pada tahun 1952 silam, termasuk Jimmy Page, B.B King, dan Slash.

Namun, dalam buku ‘Gibson Guitars: 100 Years of an American Icon (2006)’, era McCarty dianggap paling berpengaruh besar dalam perkembangan Gibson menjadi pabrikan gitar terbesar dunia. Di tangan McCarty pula, Gibson memasuki masa kejayaan di era 1950 sampai 1960-an. buatan McCarty dianggap melanggar ‘batas’ , mulai dari teknologi maupun bentuk (fisik). Salah satu yang paling disorot adalah Gibson Flying V dan Explorer, menunjukkan ujung lancip yang tidak lazim digunakan. Namun, semua itu hanya sementara, karena ia menemui dan menjalin kerja sama dengan Les Paul, maka lahirlah Gibson Les Paul yang legendaris.

Menurut beberapa kalangan, gitar Gibson banyak dipilih karena punya beragam kelebihan, antara lain:

  • Desain gitar yang sempurna dan finishing yang rapi. Sebagai contoh, Anda bisa menengok model Les Paul Standard 2019 yang merupakan produk terbaru Gibson dari seri Les Paul. Finishing-nya sangatlah menawan, dengan citarasa desain gitar yang secara utuh masih tetap autentik seperti ketika Les Paul dirilis pertama kali.
  • Karakter suara yang autentik, karena Gibson selalu menghadirkan pickups yang mampu menghasilkan audio khas Humbucker, yang telah menjadi karakteristik Gibson sejak pertama kali meluncur. Suaranya gurih, tone yang khas, dan tentunya dapat dimainkan dalam genre musik yang berbeda-beda. Walaupun demikian, karakter suara khas Gibson tetap terdengar dan tidak hilang.
  • Setiap inovasi yang dilakukan Gibson pada masing-masing produk gitarnya dari masa ke masa selalu memerhatikan sisi keaslian yang merujuk pada produk-produk sebelumnya. Hal ini dilakukan agar nuansa klasik dan modern tidak saling meninggalkan, tetapi justru saling melengkapi. Contohnya, Les Paul Classic 2018 tetap mengadopsi model sebelumnya, baik dari sisi suara maupun bentuk.
  • Fret yang dibuat dengan teknologi cryogenic yang canggih. Dalam urusan pembuatan fret, Gibson memang tidak main-main. Contoh pada Gibson Explorer 2019, pabrikan menggunakan teknologi canggih yang bernama cryogenic, yaitu dengan mendinginkannya pada cairan nitrogen dengan suhu -300°F. Hal tersebut membuat fret menjadi lebih kuat dan bisa bertahan 4 kali lebih lama dibandingkan dengan fret biasa.
  • Harga jual kembali tinggi. Tidak seperti gitar-gitar lain, Gibson memiliki tempat yang spesial di kalangan musisi dunia. Kesan yang paling melekat pada brand kenamaan ini adalah kesan prestisius. Berkat kesan semacam itu, sangat berpengaruh pada nilai harga jual kembali.

Seperti diutarakan di atas, selain model elektrik, Gibson juga sudah merilis banyak varian gitar akustik, yang sangat cocok untuk genre musik klasik, folk, dan sejenisnya. Harga gitar akustik Gibson sendiri bervariasi, namun berada di kisaran jutaan rupiah. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga gitar akustik keluaran Gibson.

Gitar Akustik Gibson - (Youtube: Sweetwater)

Gitar Akustik Gibson - (Youtube: Sweetwater)

Harga Gitar Akustik Gibson

Gitar GibsonHarga
Gibson Jumbo CST Acoustic-Electric Rp2.750.000
Gibson EG Acoustic-ElectricRp2.900.000
Gibson J200 AkustikRp3.000.000 – Rp3.900.000
Gibson HP 665 SB AcousticRp32.000.000
Gibson J45 Vintage AcousticRp71.000.000

Selain produk-produk di atas, banyak juga pedagang yang menawarkan gitar akustik Gibson custom dengan harga mulai Rp650 ribuan hingga Rp1,5 jutaan, tergantung tipe dan material gitar. Harga gitar Gibson akustik sendiri bisa berbeda-beda di masing-masing tempat, tergantung dengan kebijakan masing-masing penjual dan alat musik.

Baca juga  Update Tarif Berlangganan Orange TV (Semua Paket)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Gitar Akustik Gibson (Original dan Custom)"