Manfaat, Dosis dan Harga Suplemen Ginkgo Biloba (Semua Merk)

Kemajuan teknologi tidak hanya berimbas pada dunia kosmetika, tetapi juga farmasi dan . Berkatnya, saat ini sudah ditemukan banyak obat dan yang memiliki berbagai khasiat. Nah, salah satu jenis tanaman yang kerap dijadikan sebagai suplemen dan obat dengan berbagai merk dagang yang harganya relatif terjangkau adalah ginkgo biloba.

Ginko biloba (sumber: pinterest)

Ginko biloba (sumber: pinterest)

Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan suplemen sekaligus obat herbal yang dipercaya dapat mengatasi gangguan saraf atau ingatan dan membantu proses pemulihan penyakit stroke.[1] Selain itu, dilansir dari Alodokter, ginkgo biloba diyakini berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko demensia pada lansia.

Suplemen ginkgo biloba yang beredar di pasaran merupakan padatan atau yang dikemas dalam kapsul dan tablet, dengan bahan dasar ekstrak daun ginkgo yang kaya oksidan. antioksidan tinggi pada tablet maupun kapsul ginkgo biloba mampu melawan atau menetralkan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker dan tumor.

Selain itu, suplemen maupun obat ginkgo biloba juga mengandung flavonoid dan terpenoid. Dua formula tersebut dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengatasi darah tidak lancar, dan pelebaran pembuluh darah. Sehingga, suplemen tersebut dibilang cocok bagi Anda yang sering mengalami gejala kebas, kesemutan, dan kram akibat peredaran darah kurang lancar.

Baca juga  Harga Waring per Meter untuk Ternak dan Budidaya Tanaman

Dilansir dari Detik Health, ginkgo biloba juga dapat mengatasi gejala asma seperti sesak napas dan keringat dingin. Ini karena ginkgo biloba memiliki sifat anti-inflamasi yang terbilang efektif untuk menyembuhkan gangguan pernapasan, serta menghilangkan rasa nyeri akibat sesak karena asma. Selain itu, untuk obat pernapasan, ginkgo biloba konon baik diberikan kepada pasien dengan riwayat bronkitis. Suplemen tersebut akan membantu proses penyembuhan sekaligus mencegah nyeri pada paru-paru ketika pasien bernapas.

Meskipun tergolong suplemen atau obat herbal, ginkgo biloba tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Anda bisa mengonsumsinya hanya jika membutuhkannya. Diskusikan dengan dokter sebelum Anda memakai suplemen tersebut, terutama jika Anda memiliki gangguan diabetes, masalah pembekuan darah, epilepsi, dan defisiensi glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD). Secara umum, ginkgo biloba memiliki seperti berikut.

Ilustrasi: kapsul suplemen (sumber: independent.co.uk)

Ilustrasi: kapsul suplemen (sumber: independent.co.uk)

Dosis Ginkgo Biloba

  • Anxiety disorder. Untuk mengatasi gangguan kecemasan, Anda bisa mengonsumsi suplemen atau obat ginkgo biloba sebanyak 680 mg atau 160 mg sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.
  • Gangguan kognitif. Pasien yang memiliki gangguan kognitif seperti penurunan kognitif dan ingin meningkatkannya, bisa mengonsumsi suplemen ginkgo biloba sebanyak 120 mg hingga 600 mg per hari.
  • Alzheimer dan demensia. Dosis untuk mencegah serta mengatasi penyakit yang berkaitan dengan ingatan tersebut, yakni 120 mg hingga 240 mg yang dibagi menjadi 2 hingga 3 kali konsumsi.
  • Retinopati diabetik. Untuk mengobati gangguan mata akibat diabetes, pasien bisa mengonsumsi 120 mg ginkgo biloba sekali dalam sehari.
  • Arteri perifer. Arteri perifer dapat diatasi dengan cara minum suplemen atau obat ginkgo biloba sebanyak 120 hingga 240 mg per hari, yang dibagi menjadi 2 hingga 3 kali pemberian.
  • Bagi Anda yang sering mengalami gejala vertigo secara mendadak, bisa mengonsumsi ginkgo biloba dengan dosis 160 mg per hari yang dibagi menjadi 2 kali dosis.
Baca juga  Info Harga Kasur Inoac No 2 dalam Berbagai Ukuran Ketebalan

Ginkgo Biloba

Kapsul ekstrak ginko biloba (sumber: newsweek.com)

Kapsul ekstrak ginko biloba (sumber: newsweek.com)

Merek Ginkgo BilobaHarga
Ginkgo Biloba Black Mores 40 tablet178.000
Ginkgo Biloba SSA Yinxing Ye Pian 100 capsules112.500
Ginkgo Biloba Puritans Pride 120 tablet350.000
Ginkgo Biloba Kyolic 100 kapsul750.000
Nutrimax BRP 30 capsules  Ginkgo Biloba170.000
Ginkgo Biloba Sea Quill 60 kapsul360.000
Ginkgo Biloba Nutracare 30 tablet250.000
Ginkgo Biloba Wellness 60 kapsul320.000
Ginkgo Biloba Australian Naturalcare 60 tablet118.000
Ginkgo Biloba Thomson 120 tablet799.000
Ginkgo Biloba Nutrimax DHA Plus 30 kapsul305.000
Ginkgo Biloba Nutrimax BRP 60 kapsul340.000
Ginkgo Biloba Nature's Way 100 kapsul300.000
Ginkgo Biloba SidoMuncul 30 kapsul85.700
Ginkgo Biloba Health Care Nature 60 kapsul247.500
Ginkgo Biloba Healthy Care 100 kapsul270.000
Ginkgo Biloba World 100 tablet210.000
Baca juga  Update Harga Buku Atlas Anatomi Manusia Sobotta

Perlu Anda ketahui, harga ginkgo biloba di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk e-commerce. Harga ginkgo biloba tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Destiani, Dika P., & Auliya A. Suwantika. 2015. Penggunaan Suplemen Herbal sebagai Upaya Swamedikasi di Kota Bandung. Jurnal Farmasi Indonesia Universitas Padjadjaran, Vol. 4(1): 71–76.

loading...
author

Leave a reply "Manfaat, Dosis dan Harga Suplemen Ginkgo Biloba (Semua Merk)"