Spesifikasi dan Update Harga Gilingan Mie Merk Oxone

Memiliki kedai mie rasanya akan lebih higienis jika Anda sudah punya mesin pembuat mie atau gilingan mie sendiri. Nah, salah satu merk mesin gilingan mie yang sedang diminati banyak pedagang adalah Oxone. Selain karena lebih praktis, mesin tersebut juga memiliki harga yang relatif terjangkau.

Mesin gilingan mie merk Oxone (sumber: blibli)
Mesin gilingan mie merk Oxone (sumber: blibli)

Cara Membuat Mie dengan Mesin

Sebelumnya, mie merupakan salah satu bahan tambahan selain nasi yang digemari oleh Indonesia, dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, yang terbuat dari bahan tepung.[1] Banyaknya penggemar mie di Nusantara membuat sejumlah orang ingin menjajal bisnis mie.

Bacaan Lainnya

Meskipun selama pembuatan mie tidak memerlukan bahan tambahan seperti garam dan penyedap rasa, makanan ini memiliki cita rasa yang lebih kaya dibanding nasi. Mie juga memiliki rasa yang lebih gurih dan dibanding nasi. Selain sebagai bahan pengganti nasi, banyak orang Indonesia yang menjadikan mie sebagai harian. Biasanya, mie disajikan dengan cara ditumis atau digoreng dengan tambahan topping dan bumbu. Mie juga bisa disajikan dengan kuah kaldu yang gurih.

Secara tradisional, mie dicetak dengan cara dipotong-potong memakai pisau dan ditarik hingga adonan menjadi pipih dan panjang. Namun, cara membuat mie secara tradisional mulai terkikis, karena munculnya produk mesin giling mie yang memang lebih praktis dan efisien.

Cara membuat mie menggunakan mesin penggiling tidaklah sulit, yang penting Anda sudah menyiapkan bahan dasar mie, di antaranya tepung terigu, tepung tapioka, telur, dan air. Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit susu agar tekstur mie menjadi lebih empuk dan terasa lembut.

Campurkan semua bahan mie di dalam baskom dan aduk hingga rata dan kalis. Adonan yang sudah menggumpal perlu didiamkan selama 10 menit agar mengembang. Setelah itu, adonan menjadi silinder dan potong menjadi 4 hingga 5 bagian. Lalu, masukkan adonan ke dalam mesin penggiling mie agar adonan lebih padat dan tidak mudah putus.

Adonan yang sudah dipipihkan bisa ditaburi dengan tepung terigu atau tepung tapioka agar tidak lengket. Masukkan adonan tersebut ke dalam mesin penggiling mie di bagian pemotong atau pencetak mie. Anda bisa mendapatkan mie sesuai dengan selera dengan cara mengatur cetakan mie, antara lain pipih, bergelombang, kecil, dan besar.

Sebelum Anda mempraktikkan cara membuat mie di atas, pastikan Anda membeli mesin penggiling mie dulu. Sebagai referensi untuk harga gilingan mie merk Oxone, Anda bisa melihat tabel berikut.

Mesin gilingan mie Oxone otomatis (youtube: Oxone Online)

Harga Gilingan Mie Oxone

Varian Mesin Gilingan Mie Spesifikasi Harga
Oxone OX 355 AT Berat 3,1 kg, alat pembuat mie, bisa dipakai untuk membuat kulit molen, bisa dipakai untuk membuat pasta, body stainless steel, anti karat, terdapat fitur pilihan ketebalan adonan hingga 7 tingkat, mudah dibersihkan, dilengkapi gagang putar Rp284.550
Oxone OX 355 AM Gilingan mie, bisa dipakai untuk membuat kulit molen, bisa untuk membuat fettucini, bahan dari stainless steel, dilengkapi pasta roller stick, bagian gilingan tidak bisa dilepas, tidak mudah penyok, dilengkapi fitur pengatur ketebalan adonan, dilengkapi gagang pemutar dari stainless steel dan plastik, berat 3,1 kg Rp294.000
Oxone OX 123 Berat 4 kg, bisa dipakai untuk mencincang daging, material plastik kualitas premium, bisa dipakai untuk membuat pasta, dilengkapi alas anti geser, bagian penutup dan wadah dasar bisa dilepas, mudah dibersihkan, dilengkapi dengan gagang putar dari stainless steel dan plastik Rp689.800
Oxone OX 355 EC Bahan stainless steel, mudah dipakai, bisa dipakai untuk membuat pasta, desain terintegrasi dengan mesin berkualitas tinggi, mudah dibersihkan, menggunakan tenaga listrik, dilengkapi pisau pemotong, dilengkapi pengatur ketebalan adonan 7 tahap, 90 w, ada tombol on dan off Rp1.750.000
Oxone OX 357 Gilingan mie ukuran besar, bisa untuk membuat aneka pasta, wadah transparan, mudah dibersihkan, dilengkapi alas anti licin, terdapat fitur cetakan 6 jenis ukuran, 220 w, berat 8 kg, ukuran 460 cm x 285 cm x 35 cm, bahan terbuat dari plastik premium dan stainless steel Rp2.590.000

Harga mesin pembuat mie merk Oxone di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga gilingan mie Oxone saat ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Oxone OX 357 yang awalnya dibanderol Rp2.540.000, sedikit naik menjadi Rp2.590.000.

[Update: Almas]

[1] Sunardi, Soebiyanto, Maria Endah Prasadja. 2016. Introduksi Mesin Pengepres dan Mesin Mixer dalam Upaya Peningkatan Produktivitas UKM Mie. Jurnal Semar Universitas Setia Budi, Vol. 5(11): 32-39.

Pos terkait