Harga Genteng Metal Lapis Pasir (Multiroof, Sakura Roof, Surya Roof, dll)

Popularitas genteng metal sebagai material atap semakin hari semakin meningkat karena diklaim lebih tahan lama dibandingkan yang terbuat dari tanah liat. Genteng metal sendiri sudah hadir dalam beberapa varian, salah satunya genteng metal lapis pasir (berpasir). Dikatakan sebagai terobosan terbaru pada jenis genteng metal, material ini sekarang dijual di kisaran belasan ribu hingga puluhan ribu per , tergantung tipe dan .

Genteng, metal, lapis pasir, pasir, berpasir, harga, ukuran, tipe, jenis, kelebihan, kekurangan, atap, rumah, situs, online, toko, bahan, bangunan, material, logam

Ilustrasi: atap genteng metal lapis pasir (sumber: aptibet.org)

Sebelum membahas lebih detail mengenai genteng metal lapis pasir, kita kulik sedikit mengenai genteng metal itu sendiri. Dilansir dari Histeel.co.id, genteng metal dikatakan sebagai sebuah genteng modern yang biasanya digunakan untuk mengganti genteng yang terbuat dari tanah liat. Tampilan genteng ini sendiri secara umum mirip dengan genteng lainnya, namun memiliki bahan dasar yang berbeda. Seperti namanya, genteng metal terbuat dari campuran bahan-bahan logam seperti zincalume, baja ringan, dan galvanis.

Genteng metal memang sangat serbaguna karena tersedia dalam berbagai , tekstur, gaya, dan . Genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal atau dapat diproduksi menyerupai dengan alur kayu, batu tulis, bahkan ubin tanah liat serta bentuk-bentuk lainnya, tergantung dengan kemampuan produksi pabrik tersebut. Meski demikian, genteng metal tetap memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Genteng Metal

  • Genteng metal dikatakan memiliki daya tahan tinggi. Bahan atap yang satu ini bersifat anti-pecah, anti-jamur, anti-lapuk, dan tahan terhadap serangan rayap. Dengan karakteristik tersebut, genteng metal bisa dipakai hingga berpuluh-puluh tahun tanpa mengalami kerusakan yang serius. Genteng ini juga diklaim bebas perawatan.
  • Karena memiliki bentuk berupa lembaran-lembaran, bobot genteng metal sangatlah ringan. Rata-rata berat susunan genteng metal yang membentuk luas 1 m2 adalah 7 kg. Coba bandingkan dengan atap beton yang memiliki bobot sekitar 60 kg untuk membentuk luas bidang yang sama. Ini berarti genteng metal aman digunakan dan merupakan pilihan atap terbaik untuk daerah-daerah yang rawan gempa.
  • Bobot genteng metal yang sangat ringan akhirnya membuat material tidak terlalu membutuhkan struktur rangka atap yang rumit. Biasanya, genteng ini dipasang dengan penyangga yang terbuat dari bahan baja ringan. Untuk alasan keindahan, boleh juga Anda menggunakan rangka kayu, malahan kebutuhannya bakal lebih sedikit dan semakin hemat.
  • Genteng metal sengaja dirancang sedemikian rupa oleh pabrik pembuatnya supaya mudah dipasang dengan waktu yang relatif singkat. Anda tinggal meletakkannya secara teratur di atas rangka atap, lalu menancapkan beberapa buah sekrup, genteng pun sudah terpasang dengan kuat dan benar. Bahkan, genteng metal diklaim memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan embusan angin kencang dan guncangan gempa.
  • Genteng metal juga termasuk genteng yang ramah lingkungan. Alasannya, tidak lain karena genteng ini terbuat dari bahan-bahan daur ulang yang mencapai 60 persen. Teknologi pembuatannya pun memanfaatkan energi dengan sangat efisien. Bahkan, genteng metal yang telah mengalami kerusakan bisa dipakai lagi sebagai bahan dasar pembuatan genteng yang baru.

Kekurangan Genteng Metal

Genteng, metal, lapis pasir, pasir, berpasir, harga, ukuran, tipe, jenis, kelebihan, kekurangan, atap, rumah, situs, online, toko, bahan, bangunan, material, logam

Ilustrasi: pemasangan genteng metal lapis pasir (sumber: balibajaringan.com)

  • Karena terbuat dari material logam, genteng metal dapat membuat suasana interior rumah terasa panas, gerah, dan sumpek. Hal ini terjadi karena metal merupakan konduktor yang bagus sehingga panas dari terik matahari akan selalu diteruskan ke bagian bawahnya yang bersuhu rendah.
  • Kelemahan lain dari genteng metal adalah bahwa warna genter bisa memudar atau mengelupas, meskipun bertahun-tahun garansi. Anda juga harus memastikan bahwa ketika pemasangan atap, menghindari terjadinya goresan.
  • Permukaan genteng metal juga diklaim mudah penyok jika diinjak, terutama pada proses pemasangan. Selain itu, juga menimbulkan kebisingan jika terjadi kontak dengan lapisan. Sebagai contoh, jika terjadi hujan lebat, dapat menimbulkan kebisingan pada permukaan atap. Namun, hal ini memang tidak terlalu signifikan karena saat ini produsen telah membuat inovasi untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara permukaan genteng metal dilapisi pasir, batu alam (batu koral). Hal ini dikatakan dapat meredam suara berisik jika terjadi hujan, agar tidak licin, menahan suhu panas sinar matahari, dan memberikan tekstur tertentu untuk mempercantik penampilan.
  • Meski terbuat dari bahan logam, genteng metal ternyata juga masih rentan terhadap tekanan yang kuat. Jika hujan deras menerpa, kemungkinan genteng penyok akan terjadi. Hal ini tergantung pada pilihan logam yang digunakan untuk lapisan genteng. Anda dapat menggunakan tembaga serta alumunium yang cenderung lebih lembut dan rentan terhadap penyok.

Varian Genteng Metal Lapis Pasir

Genteng metal sendiri sudah tersedia dalam berbagai jenis atau varian. Nah, salah satu varian yang dikatakan sebagai terobosan baru di pasar ini adalah genteng metal berpasir atau genteng metal lapis pasir. Bahan yang digunakan untuk membuat genteng metal berpasir yaitu lapisan serbuk batuan dengan campuran bahan dasar zincalume, zinc fosfat, dan juga campuran coraltex. Genteng metal berpasir mempunyai varian ukuran untuk hunian mulai dari ketebalan 0,20 mm hingga 0,40 mm.

Genteng metal jenis ini diklaim anti-pecah, tahan benturan dan goresan, juga memiliki lapisan coraltex yang mampu meredam panas. Pewarnaan genteng metal berpasir dibuat melalui sistem pengecatan dengan teknologi terbaru yang membuat Anda tidak perlu khawatir terhadap perubahan warna maupun pengelupasan warna dalam jangka waktu yang cukup lama.

Harga Genteng Metal Lapis Pasir

Genteng, metal, lapis pasir, pasir, berpasir, harga, ukuran, tipe, jenis, kelebihan, kekurangan, atap, rumah, situs, online, toko, bahan, bangunan, material, logam

Lembaran genteng metal lapis pasir (sumber: dis.or.id)

Genteng MetalUkuranHarga (Rp)
Addesia 77 x 80 x 0,25 cm30.450 per lembar
Inti Roof/Prima Roof38,5 x 80 x 0,25 cm28.450 per lembar
38,5 x 80 x 0,30 cm30.450 per lembar
77 x 80 x 0,25 cm56.500 per lembar
77 x 80 x 0,35 cm63.450 per lembar
Multiroof77 cm x 1 m x 0,35 cm95.450 per lembar
Sakura Roof77 x 80 x 0,25 cm42.250 – 60.450 per lembar
Surya Roof38,5 x 80 x 0,30 cm36.450 per lembar
77 x 80 x 0,30 cm80.450 per lembar

Di samping itu, jika Anda menjelajahi beberapa situs jual beli online, ada banyak pedagang yang menawarkan genteng metal lapis pasir dengan harga mulai Rp18.000 per lembar untuk ukuran 1 x 4 dan mulai Rp25.000 per lembar untuk ukuran 2 x 4. Jika memerlukan informasi lebih lengkap, silakan datang langsung ke toko terdekat.

Baca juga  Info Terbaru dan Terlengkap Harga Cake di Dapur Cokelat
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Genteng Metal Lapis Pasir (Multiroof, Sakura Roof, Surya Roof, dll)"