Harga Genteng Keramik per M2 (Kanmuri, M Class, Kia)

No comment1868 views

Keramik tidak hanya bisa digunakan untuk mempercantik bagian dan lantai rumah. Anda pun bisa melindungi sekaligus memperindah atap hunian dengan genteng keramik. Di , genteng yang diklaim tahan lama dan mampu menampilkan yang bersinar ketika terkena cahaya matahari tersebut sekarang ditawarkan di kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per m2.

Dilansir dari situs Wikipedia, genteng bisa dikatakan sebagai komponen dari atap yang bertujuan untuk menutupi permukaan bagian atas, yang terdiri dari bagian-bagian yang tersusun saling bertindih (overlapping). Genteng atap dapat dibuat dalam bentuk dan cara pemasangan yang bervariasi, namun bentuk yang paling umum adalah segi empat.

Genteng Keramik - fjb.kaskus.co.id

Genteng Keramik - fjb.kaskus.co.id

Genteng sendiri telah ada sejak lama dan konon sudah ditemukan sejak awal abad ke-3 SM di Lerna, Yunani. Pada periode Mycenaean, atap genteng didokumentasikan untuk GLA dan Midea. Temuan awal genteng di zaman Yunani kuno yang didokumentasikan berasal dari daerah yang sangat terbatas, yaitu di sekitar Korintus, yang kala itu dipakai untuk menggantikan atap jerami di dua kuil Apollo dan Poseidon antara tahun 700 SM sampai 650 SM.

Ada beberapa genteng yang bisa ditemukan di pasaran. yang paling umum adalah genteng yang terbuat dari tanah liat. Proses percetakan genteng ini menggunakan metode press atau dipanaskan dengan bara api bersuhu tinggi sehingga menghasilkan karakteristik genteng tanah liat yang memiliki daya tahan yang kuat. Punya daya tekan yang cukup, genteng ini terbilang awet dan dapat bertahan selama puluhan tahun.

Jenis yang lain adalah genteng gojer atau morando. Genteng ini umumnya memiliki bentuk seperti gelombang, dengan sebagian melengkung ke bawah dan sebagian lagi melengkung ke atas. Meski terbilang enteng, genteng ini memiliki daya tahan yang kuat, namun memerlukan kecermatan dalam pemasangan agar terlihat rapi.

Genteng lain yang beredar di pasaran adalah genteng mantili. Ini adalah jenis yang mirip dengan genteng press namun punya bentuk yang berbeda. Termasuk ke dalam genteng hias, jenis ini bisa dibilang sebagai model yang lain karena tidak mudah pecah dan hemat. Genteng mantili sendiri bisa dibagi menjadi genteng mantili biasa dan genteng mantili turbo yang punya ukuran lebih jumbo.

Di samping itu, ada juga genteng garuda, yang memiliki desain dua gelombang atau talangan yang berguna untuk memecah air. Gelombang ini juga berfungsi mengikat genteng satu sama lain sehingga tampilan atap bisa terlihat lebih artistik. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menyusun genteng ini karena harus agak tegak agar rembesan air tidak terjadi.

Model lainnya adalah genteng kodok yang memiliki penahan air hujan di bagian ujung atas, genteng plentong yang banyak digunakan di rumah-rumah, genteng metal atau logam yang punya bobot ringan, genteng kaca yang transparan, genteng keramik yang mudah dikaitkan melalui celah dengan sistem interlock, dan genteng aspal yang memiliki karakteristik tahan api dan tahan tekanan angin.

Sekilas Tentang Genteng Keramik

Menurut situs Rumahlia.com, genteng keramik adalah genteng yang cukup populer di khalayak umum. Genteng ini juga berbentuk lembaran, tetapi bisa berkilau ketika terkena sinar matahari. Tidak jarang, genteng keramik sering dibandingkan dengan genteng beton karena keduanya memiliki karakteristik yang hampir mirip.

Genteng keramik sendiri sebenarnya merupakan genteng dengan bahan yang sama seperti genteng tradisional, yaitu terbuat dari tanah liat. Namun, pada pembuatan genteng keramik, penggunaan tanah liat disortir, kemudian dicetak dan di-press menggunakan peralatan modern di pabrik besar, sehingga kekuatan, presisi, dan kerapian genteng jenis ini terbilang tinggi. Dengan proses pemanasan pada suhu 100 derajat Celcius, tanah liat berubah menjadi sangat keras sehingga menyerupai keramik lantai.

Genteng Keramik - desaincantik.com

Genteng Keramik - desaincantik.com

Masih menurut sumber yang sama, genteng keramik konon ditemukan pertama kali di Tigris dan Efrat di Mesopotamia, jauh sebelum era masa kini. Meskipun berasal dari yang berbeda-beda, proses pembuatan bahan dasar genteng keramik sebetulnya hampir sama. Bahan baku dan komponen yang biasa digunakan antara lain tanah liat dan kaolin sebagai komponen utama; pasir kuarsa sebagai bahan baku untuk mengurangi susut; surfactants dan plasticizer sebagai aditif; serta nepheline, terak, dan feldspars untuk mengurangi suhu sintering.

Sebagai atap rumah, genteng keramik tentunya memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  • Warna lebih tahan lama dibandingkan genteng lainnya. Ini dikarenakan genteng keramik mengalami proses pembakaran dengan suhu lebih dari 1.00 derajat Celcius.
  • Daya tahan superior. Kuat merupakan salah satu ciri khas genteng keramik. Genteng jenis ini bahkan diklaim mampu menahan beban hingga 180 kg. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin memasang genteng ini karena genteng keramik tidak mudah hancur. Berkat proses pembakaran yang sempurna, genteng ini dapat menahan beban secara terpusat.
  • Tahan terhadap cuaca. Selain kuat, genteng keramik juga dikatakan tahan terhadap perubahan cuaca. Genteng berbahan keramik dapat menahan korosi dan cuaca ekstrem karena memiliki sistem interlock yang baik. Jika dibandingkan dengan genteng berbahan lain, sistem interlock genteng keramik lebih unggul.
  • Perawatan mudah. Tidak hanya cocok untuk rumah bergaya apa saja, perawatan genteng keramik juga tidak sulit. Pada dasarnya, genteng keramik tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup pilih yang sesuai dengan warna cat rumah Anda agar tampak lebih elegan.

Nah, setelah mengetahui spesifikasi dan kelebihan genteng keramik, lalu berapa harga atap rumah ini di pasaran? Berikut kami sajikan terbaru kisaran harga genteng keramik per m2 yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Harga Genteng Keramik

Tipe/ Genteng KeramikKisaran Harga per M2 (Rp)
Kanmuri Milenio Natural82.500
Kanmuri Milenio Standard95.800
Kanmuri Milenio Special126.000
Kanmuri Milenio Exclusive 169.500
Kanmuri Espanica Natural84.000
Kanmuri Espanica Standard132.000
Kanmuri Espanica Special148.000
Kanmuri Espanica Exclusive 161.000
M Class Natural79.100
M Class Standard 86.200
M Class Special114.900
M Class Premium157.500
Kia Natural 112.000

Selain per meter persegi, saat ini juga banyak pedagang yang menawarkan genteng keramik dalam satuan. Menurut penelusuran penulis, harga genteng keramik Kia T Natural saat ini mulai Rp8.000 per buah, harga genteng keramik Kanmuri Full Flat mulai Rp11.800 per buah, harga genteng keramik Kanmuri Milenio Rp9.300 per buah, dan harga genteng keramik Kanmuri Espanica Natural berkisar Rp8.800 per buah.

Baca juga  Update Jenis dan Harga Foundation Elf
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Genteng Keramik per M2 (Kanmuri, M Class, Kia)"