Varian dan Harga Genset Honda 500 Watt

Saat ini, sudah banyak merk generator set atau genset yang dapat Anda beli, seperti Honda, Tsuzumi, Infiniter, Yamamax, Yamaha, Multipro, Winpower, dan lainnya. Selain brand, daya perangkat tersebut juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan keperluan sehingga tidak membuang banyak biaya. Jika kebetulan Anda membutuhkan genset untuk pemakaian di rumah, lebih disarankan memakai model dengan kapasitas kecil, seperti 500 Watt, karena selain irit, juga punya harga yang relatif terjangkau.

Genset Honda 500 watt (sumber: ih8mud.com)
Genset Honda 500 watt (sumber: ih8mud.com)

Fungsi Genset

Memang sangat mengesalkan jika sedang mengerjakan sesuatu, tiba-tiba listrik padam. Pemadaman listrik ini dapat disebabkan oleh banyak, termasuk faktor eksternal seperti gangguan cuaca (petir dan badai) dan bencana alam lainnya.[1] Nah, untuk menjaga kemungkinan pemutusan aliran listrik dari PLN, pembangkit listrik tenaga diesel atau genset lebih cocok digunakan sebagai back up dibandingkan pembangkit listrik tenaga uap atau gas, karena pemeliharaan dan perawatannya yang relatif lebih mudah.[2]

Bacaan Lainnya

Genset sendiri adalah suatu perangkat yang dapat memberikan energi listrik dalam jangka waktu tertentu, tergantung pada jumlah bahan bakar yang tersedia dan maksimum lama operasi generator set yang digunakan.[3] Untuk skala rumah, perangkat yang dipakai umumnya memiliki kapasitas dari kecil sampai menengah dan mudah dipindahkan, akan tetapi tingkat kebisingan yang dihasilkan masih mengganggu bagi sebagian besar orang. Sementara itu, generator set yang biasa digunakan di home industry memiliki kapasitas dan ukuran lebih besar dari generator set yang digunakan di rumah.

Baca juga  Update Harga Siemens Touching BTE, Alat Bantu Dengar

Secara umum, genset dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu genset stasioner (stationary genset) dan genset portable.[4] Unit genset stasioner dipasang secara permanen pada suatu lokasi dengan pondasi yang dirancang untuk memikul perangkat tersebut. Biasanya, genset ini punya kapasitas di atas 10 kVA. Sementara itu, genset portable adalah genset yang dapat dipindah-pindah dan umumnya punya daya di bawah 10 kVA.

Varian Genset Honda

Seperti disampaikan di atas, saat ini sudah banyak perusahaan yang merilis genset untuk pasaran dalam negeri, salah satunya Honda. Lebih terkenal dengan produk sepeda motor dan mobil, brand asal Jepang ini ternyata memang juga mengembangkan sayapnya ke bisnis yang lain, termasuk perangkat teknis seperti generator set.

Varian genset Honda
Varian genset Honda

Dilansir dari situs resminya, Honda setidaknya sudah melemparkan 12 tipe genset untuk pasaran dalam negeri. Varian terendah diwakili Honda EG1000 yang punya kapasitas output rata-rata 750 Watt dan frekuensi 50 Hz. Produk ini dikatakan punya tingkat efisiensi yang tinggi, ramah lingkungan, bodi yang simpel, serta desain yang tangguh.

Masih dengan kapasitas yang sama, ada pula Honda EP1000 yang diklaim menawarkan efisiensi bahan bakar yang ekonomis. Produk ini dapat beroperasi antara 3,8 hingga 8,3 jam untuk satu kali pengisian bahan bakar, tetapi tergantung beban listrik yang ditanggung. Mesinnya sendiri menggunakan model GX80D, 4-tak, silinder tunggal, OHV, berkapasitas 79,7cc.

Apabila Anda membutuhkan genset Honda dengan kapasitas di atasnya, ada Honda EU10i yang dikatakan telah menjadi pilihan konsumen yang mencari energi swasembada. Genset yang memiliki ukuran kecil, portable, dan sangat halus ini punya kapasitas silinder hanya 50cc, OHV, tetapi sanggup melemparkan daya output AC rata-rata 0,9 kVA dan daya maksimum mencapai 1 kVA.

Baca juga  Info Manfaat dan Update Harga Teh Chamomile Berbagai Merek

Honda juga memiliki tipe EU22i, sebuah genset inverter yang disebutkan sangat ideal untuk rumah, rekreasi, dan perangkat elektronik profesional. Jantung pacu generator set ini berupa mesin 4-stroke, silinder tunggal, OHC, berkapasitas 121cc, yang mampu menghasilkan daya rata-rata 1,8 kVA dan menggapai daya maksimum di angka 2,2 kVA.

Sementara, untuk varian EP2500CX, telah dilengkapi dengan mesin seri GX yang legendaris, sehingga mudah dihidupkan, kuat, dan dapat diandalkan. Konsumen dapat mengandalkan perangkat ini karena mudah digunakan dengan standar 120 VAC outlet, kontrol sederhana, dan waktu operasional hingga 13 jam pada beban rata-rata. Produk ini sendiri dibekali mesin silinder tunggal, 4-stroke, OHV, berkapasitas 163cc, yang mampu mengeluarkan output maksimal 2,2 kVA.

Bagi para pengusaha kecil menengah atau rumah tangga, Honda pun menyediakan genset EM10000, yang merupakan genset 8 kVA dengan starter elektrik. Kunci starter membuat perangkat ini sangat nyaman digunakan dan dengan tingkat kebisingan 72dB pada jarak 7 meter. Produk ini diklaim sebagai salah satu genset paling halus yang dapat Anda temukan dengan output yang sama baiknya.

Harga Genset Honda 500 Watt

Lalu, bagaimana dengan genset berkapasitas 500 Watt? Sayangnya, hingga detik ini Honda belum meluncurkan genset 500 Watt untuk pasaran dalam negeri. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Honda EG1000 atau Honda EP1000 yang punya kapasitas sedikit di atasnya. Saat ini, genset Honda EG1000 dijual dengan harga Rp5.600.000 hingga Rp6.950.000, sedangkan harga Honda EP1000 mulai Rp6.100.000 hingga Rp8.265.000, tergantung kebijakan masing-masing toko.

Baca juga  Update Harga Mesin Giling Padi Modern Lengkap
Genset portabel 500watt (sumber: ebay)
Genset Honda 500watt (sumber: ebay)

Jika Anda masih ngotot mendapatkan genset 500 Watt, ada beberapa merk yang dapat dijadikan alternatif, seperti Lingben, Fuzhou Jet, Haneda, Multipro, dan Redfox. Harga perangkat ini memang jauh lebih terjangkau, bisa Anda beli dengan harga mulai ratusan ribu rupiah saja per unit. Berikut informasi lengkap harga genset 500 Watt di pasaran.

Harga Genset 500 Watt

Merk/Tipe Genset Harga
LINGBEN 100 Volt 500 Watt LB 950-C Gasoline Rp650.816
FUZHOU JET 500 Watt Gasoline Rp723.000
Starke TG1200D Rp832.000
HANEDA SKLS HD-500F 500 – 650 Watt Rp919.000
MULTIPRO GG-1000 2SW 2-Tak Rp1.180.00
REDFOX RFW-160A 500 Watt Rp4.550.000

Daftar harga genset dengan daya 500 Watt di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk berbagai situs jual beli online dan toko perkakas elektronik. Daftar harga tersebut tidak mengikat, dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke toko peralatan terdekat di kota Anda.

[1] Anto, Budhi. 2016. Sistem Kendali Pengasutan Genset Portabel dari Jarak Jauh Tanpa Kabel. INKOM, Vol. 10(1): 37-45.

[2] Septianto, Dekri, Firdaus, Amir Hamzah. 2016. Studi Perencanaan Pemasangan Genset Emergency pada Gedung C Fakultas Universitas Riau. JOM Fakultas Teknik Universitas Riau, Vol. 3(2).

[3] Pradana, Andrian dan Joni Fat. 2013. Otomatisasi Generator Set untuk Skala Rumah dan Home Industry. Tesla, Vol. 15(2): 185-200.

[4] Anto, Budhi. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.