Harga Gelembung Ikan Tirus (Gulama)

Jika berbicara mengenai bagian ikan, Anda mungkin lebih familiar dengan kepala, ekor, sirip, atau tulangnya. Padahal, juga punya gelembung renang, yang berfungsi membantu ikan untuk mengapung di dalam air. Jika dipisahkan dari tubuh ikan, gelembung renang tersebut juga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Dari sekian banyak gelembung renang, punya ikan tirus menjadi salah satu yang paling dicari meskipun harganya tidak bisa dikatakan murah.

Ikan tirus/gulama (facebook: Saruzi Kasim)
tirus/gulama (facebook: Saruzi Kasim)

Apa Itu Gelembung Ikan?

Dilansir dari situs resmi Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, gelembung renang atau gelembung ikan (fish maw) adalah salah satu organ pada yang umumnya berisi seperti oksigen dan punya tekanan yang berubah-ubah. Untuk ikan, gelembung renang memiliki fungsi penting, termasuk membantu untuk mengapung di dalam air, sehingga tidak harus berenang secara terus-menerus untuk mempertahankan posisinya di dalam air. Gelembung ikan akan mengatur volume tubuh ikan yang disesuaikan dengan berat jenis air dalam kedalaman tertentu.

Bacaan Lainnya

Selain itu, gelembung renang juga menjadi salah satu alat ikan untuk beradaptasi. Fungsi lainnya organ tubuh ini adalah sebagai ruang untuk beresonansi dalam menghasilkan atau menerima suara. Pada ikan paru-paru atau ikan lempung (hidup di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia), gelembung renang berguna sebagai alat pernapasan.

Tidak hanya untuk ikan, gelembung renang ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Karena itu, tidak heran jika kemudian organ tubuh ikan ini kerap dicari. Namun, tidak semua ikan memiliki gelembung renang. Gelembung renang tidak ditemukan pada beberapa ikan bertulang yang berenang pada perairan laut dalam dan pada semua ikan bertulang rawan seperti hiu, sepatu roda, dan sinar.

Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan

Zat utama yang paling dicari pada gelembung ikan adalah kolagennya. Kolagen merupakan protein fibrilar, terdiri dari tiga rantai polipeptida (triple helix) sebagai komponen utama penyusun kulit dan tulang yang mewakili sekitar 25 persen dari total berat kering mamalia dan sangat dibutuhkan untuk industri makanan, kosmetik, biomedis, dan farmasi.[1]

Manfaat lainnya gelembung ikan adalah meningkatkan metabolisme pada tubuh. Dengan metabolisme yang baik, maka pembakaran kalori dalam tubuh juga baik. Metabolisme tubuh yang baik, maka tubuh akan menjadi lebih fit, berenergi, dan berat badan juga akan terkontrol. Selain itu, meningkatnya metabolisme dalam tubuh juga dapat memperbaiki kerusakan pada tubuh, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Gelembung ikan kabarnya juga bisa dijadikan zat untuk meningkatkan kecerdasan otak pada janin di dalam rahim ibu. Ibu yang mengonsumsi gelembung ikan dikatakan sama dengan memberikan makanan bernutrisi baik kepada janin mereka. Hal tersebut secara tidak langsung akan menambah kecerdasan otak dan membantu sirkulasi pada janin.

Gelembung ikan (sumber: asknature.com)

Pemanfaatan gelembung renang di Indonesia sudah mulai dilakukan pada tahun 2006 lalu, yakni memanfaatkan gelembung renang ikan patin sebagai edible film.[2] Kolagen dapat diisolasi dari gelembung renang dengan rendemen mendekati kolagen yang diekstrak dari tulang, kulit, dan sisik ikan. Kolagen dapat diekstrak dan diisolasi dari gelembung renang dengan beberapa metode atau proses, tetapi hingga kini metode ekstraksi asam masih mendominasi karena cukup mudah dilakukan.[3]

Ikan-ikan yang biasanya diburu untuk diambil gelembung renangnya adalah ikan duri atau ikan ote, ikan kakap putih, ikan kuro, ikan kakap China atau ikan angkui, dan ikan gulama atau ikan tirus. Namun, yang paling banyak diburu adalah ikan kakap China dan ikan tirus karena memiliki gelembung renang yang jika dijual, harganya bisa mencapai angka ratusan juta rupiah. Ikan-ikan tersebut banyak ditemukan di area muara atau perairan dekat dengan pantai.

Lalu, berapa harga gelembung ikan tirus di pasaran? Dilansir dari situs resmi KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), harga gelembung ikan tirus yang sudah diekstraksi untuk bobot kurang dari 10 gr sekitar Rp20 juta per kg, sedangkan harga untuk bobot lebih dari 40 gr mencapai angka Rp50 juta per kg. Di sejumlah situs jual beli online, juga ada yang menawarkan gelembung ikan tirus dengan harga jutaan rupiah.

Harga Gelembung Ikan Tirus

Bobot Gelembung Ikan Tirus Harga Gelembung Ikan
Gelembung Ikan Tirus 100 gr Rp520.000
Gelembung Ikan Tirus 500 gr Rp944.000
Gelembung Ikan Tirus 50 – 60 pcs Rp5.558.900 per kg

Informasi harga gelembung ikan tirus di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk website resmi KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), dan sudah diekstraksi. Perlu Anda catat bahwa harga gelembung ikan tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk yang lebih murah, ada gelembung ikan duri seharga Rp150 ribu per kg, ikan kuro dengan harga mulai Rp500 ribu per kg, dan ikan kakap China dengan harga mulai Rp1 jutaan per kg.

[1] Ogawa, M, et al. 2004. Biochemical properties of bone and scale collagens isolated from the subtropical fish black drum (Pogonis cromis) and sheepshead seabream Archosargus probatocephalus. J. Food Chemistry, Vol. 88: 495-501.

[2] Gadi, Dewi Setiyowati, Wini Trilaksani, Tati Nurhayati. 2017. Histologi, Ekstraksi dan Karakterisasi Kolagen Gelembung Renang Ikan Cunang Muarenesox talabon. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, Vol. 9)2): 665-683.

[3] Idrus, Syarifuddin, Sugeng Hadinoto, Joice P. M. Kolanus. 2018. Karakterisasi Kolagen Gelembung Renang Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares) dari Perairan Maluku Menggunakan Ekstraksi Asam. Biopropal Industri, Vol. 9(2): 87-94.

Pos terkait