Info Harga Gelembung Ikan Kakap di Pasaran

Gelembung renang merupakan salah satu organ pada tubuh ikan. Organ ini merupakan kantung selaput yang berisi gas seperti oksigen. Gelembung renang tersusun atas protein kolagen. Kolagen memiliki banyak manfaat yakni untuk industri, kosmetik, pengawet makanan, kesehatan, biomedis, pharmaceutical.[1] Hal itu pula yang menyebabkan gelembung ikan seperti kakap dijual dengan harga yang cukup mahal.

Ilustrasi: gelembung ikan kering (sumber: kkp.go.id)
Ilustrasi: gelembung ikan kering (sumber: kkp.go.id)

Apa Itu Gelembung Ikan?

Gelembung ikan dalam bahasa dikenal dengan nama Fish Maw. Gelembung ikan merupakan organ ikan yang membantu ikan terapung di dalam air. Jenis ikan yang paling diincar gelembungnya adalah ikan kakap dan ikan gulama.

Bacaan Lainnya

Gelembung ikan kakap memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi sebagai salah satu komoditas ekspor karena memiliki manfaat yaitu sebagai sumber kolagen, alat pemurni alkohol, dijadikan bahan pembuat lem tahan air dan yang paling banyak dijadikan bahan untuk benang operasi dalam bidang kedokteran.Selain untuk bahan produk, gelembung ikan ini juga dijadikan konsumsi makanan mewah dalam bentuk sup.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga gelembung ikan yang paling mahal yaitu dari jenis ikan gulama kemudian gelembung ikan kakap. Sementara untuk gelembung dari jenis ikan lain seperti gelembung ikan angkui dan ikan kuroh harganya lebih murah. Namun sekarang ikan gulama sudah sulit diperoleh nelayan Merauke, untuk mendapatkan jenis ikan ini nelayan harus melaut sampai berbulan-bulan, ada yang satu bulan, dua bulan bahkan lebih tergantung persediaan pembekalan yang dimiliki oleh nelayan.

Salah satu faktor yang perlu diperhitungkan dalam penjualan gelembung ikan adalah jenis kelamin ikannya. Perbedaan jenis kelamin ikan juga akan mempengaruhi harga gelembung ikannya. Selain itu, perbedaan berat juga mempengaruhi harga gelembung. Sebelum dijual maka gelembung terlebih dahulu dikelompokkan berdasarkan bobot per gram. Perbedaan bobot per gram menjadikan perbedaan harga jual gelembung ikan.[2]

Harga Gelembung Ikan Kakap

Jenis & Kuantitas Gelembung Ikan Kakap Harga (Rp)
Gelembung ikan hi pio goreng kakap muara 100 gr 140.000
Gelembung ikan kakap kecil mentah 100 gram 250.000
Gelembung ikan kakap putih 1 kg 2.500.000
Gelembung ikan kakap merah medium 1 kg 9.990.000
Gelembung ikan kakap merah besar 1 kg 20.499.000
2.800.000
Gelembung ikan kakap cina betina 50 gr per 1 kg 6.300.000
Gelembung ikan kakap cina betina 100 gr per 1 kg 10.600.000
Gelembung ikan kakap cina betina 150 gr per 1 kg 13.800.000
Gelembung ikan kakap cina betina 200 gr per 1 kg 17.700.000
Gelembung ikan kakap cina betina 250 gr per 1 kg 21.000.000
4.500.000
Gelembung ikan kakap cina jantan 50 gr per 1 kg 11.000.000
Gelembung ikan kakap cina jantan 100 gr per 1 kg 17.800.000
Gelembung ikan kakap cina jantan 150 gr per 1 kg 22.500.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Perbedaan variasi harga gelembung tergantung pada jenis ikan, klasifikasi berat, dan terkhusus untuk ikan kakap dibedakan lagi berdasarkan jenis kelamin ikan. Harga gelembung ikan juga biasanya bervariasi tergantung dari permintaan pasar atau pengumpul.[3]Informasi harga gelembung ikan di atas dirangkum dari sejumlah sumber dan bisa berubah sewaktu-waktu. Lantas, apa sih yang menyebabkan harga gelembung ikan menjadi begitu mahal? Berikut sederet manfaat dari gelembung ikan.

Manfaat Gelembung Ikan

Dilansir dari situs KKP, gelembung ikan dipercaya sebagai sumber kolagen yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah supaya senantiasa kencang. Tak cukup sampai di situ, gelembung ikan gulama juga diyakini bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh. Dengan metabolisme yang baik, maka pembakaran dalam tubuh juga baik.

Tak kalah penting, gelembung ikan gulama disebut-sebut memiliki khasiat untuk meningkatkan kecerdasan otak janin dalam rahim. yang mengonsumsi gelembung ikan sama saja seperti memberi asupan nutrisi yang baik untuk bayi dalam kandungannya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

[1]Imra, dkk. 2020. Karakteristik Kolagen Gelembung Renang Ikan Gulamah (Johniustrachycephalus) dari Perairan Pesisir Kota Tarakan. Jurnal FistecH. 9(2): 107-112.

[2]Sajriawati. 2020. Variasi Harga Jual Gelembung Ikan oleh Nelayan Lampu Satu di Kabupaten Merauke. Musamus Journal of Agribusiness (Mujagri). 3(1): 46-52.

[3]Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *