Update Harga Gelatin Bubuk (Berbagai Merek)

Membuat jelly atau agar-agar tampaknya tidak hanya bisa menggunakan jelly powder, tetapi juga gelatin. Biasanya, gelatin dipasarkan dalam bentuk bubuk atau powder dan sekilas mirip dengan tepung. Ada banyak merek gelatin di pasaran yang dijual dengan harga relatif terjangkau dalam berbagai kemasan.

Bubuk Gelatin (credit: mamanatural)
Bubuk Gelatin (credit: mamanatural)

Gelatin adalah zat kimia padat, tidak berwarna, tidak berbau, berwarna transparan. Gelatin diperoleh dengan cara mengekstraksi kolagen yang berasal dari tulang atau kulit hewan. Fungsi dari gelatin dalam pembuatan makanan adalah sebagai zat pengental, zat penstabil, pembentuk tekstur, pengikat air, dan menjaga kelembapan/moisture.

Bacaan Lainnya

Di pasaran terdapat dua macam bentuk gelatin, yaitu yang berbentuk bubuk dan lembaran. Keduanya dapat saling menggantikan dengan yang sama. Gelatin berbentuk lembaran menghasilkan tampilan lebih jernih.

Fungsi gelatin begitu bervariasi, tak heran banyak sekali makanan yang memanfaatkannya, terutama dalam pembuatan kue-kue dan hidangan pencuci mulut/dessert, seperti cheese cake dan panna cotta. Bahan baku gelatin berasal dari kolagen hewan. Hewan yang sering dimanfaatkan kolagennya dalam pembuatan gelatin adalah babi dan sapi.

Dahulu gelatin hampir semua berasal dari babi karena proses ekstraksinya lebih mudah dan murah. Tetapi kini seiring dengan permintaan dari negara muslim yang semakin besar, gelatin yang berasal dari sapi sudah banyak diproduksi massal meskipun proses pembuatan gelatin yang terbuat dari sapi lebih rumit dan mahal.[1]

Gelatin dapat membentuk gel, dan sesuai suhu bersifat reversible (tidak kembali), dan gel akan meleleh pada suhu di bawah suhu tubuh (<35°C), sehingga memberikan sifat organoleptic yang unik. Lebih luas gelatin bisa dipakai sebagai penggumpal, pembentuk sifat elastis, pengemulsi, pembentuk busa, pengikat air, pelapis tipis (film), dan pemerkaya gizi.[2]

Bubuk gelatin (sumber: allrecipes.com)

Harga Gelatin Bubuk

Merek Gelatin Bubuk Harga
Gelatine Bubuk Gelita 25 gr Rp12.200
Gelatine Bubuk Gelita 50 gr Rp15.500
Gelatin Bubuk Halal Green Valley 50 gr Rp20.000
Gelatin Bubuk Halal Green Valley 100 gr Rp25.000
Gelatin Bubuk MSH Rp25.000
Gelatin Bubuk Free Life 80 gr Rp27.000
Gelatin Bubuk Hakiki Halal BPOM 100 gr Rp30.000
Gelatine Powder Cartino 100 gr Halal Rp30.000
Gelatin Bubuk Sapi Naturich Halal 100gr Rp39.000
Gelatine Bubuk Gelita 250 gram Rp50.000
Gelatine Powder Mckenzie’s 100 gr Rp58.00
Gelatin Bubuk Knox Unflavored Rp71,300
Pure Gelatine Robertsons 50 gr Rp78.000
Gelatin Bubuk Free Life 300 gr Rp80.000
Gelatine Bubuk Gelita 500gr Rp85.000
Gelatine Bubuk Gelita 1 kg Rp157.000
Gelatine Powder Cartino 1kg Halal Rp189.000
Gelatin Davis 500 Gr Rp210.000
Redman Gelatine Fish (200 Bloom) Powder 70 gr Halal Rp215.000

Harga gelatin bubuk di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga gelatin powder tahun 2021 ada yang naik dan turun, tetapi cenderung naik di tahun 2022.

Sebagai contoh, gelatine bubuk Gelita 25 gr yang dijual dengan harga Rp9 ribu tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp10 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp12.200 tahun 2022. Sementara itu, gelatin bubuk Hakiki halal BPOM 100 gr yang dibanderol Rp35 ribu tahun 2020, turun menjadi Rp28 ribu tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp30.000 tahun 2022. Jika Anda kesulitan menemukan gelatin di toko-toko terdekat, Anda juga bisa mencari bahan lain pengganti gelatin.

Gelatin Bubuk (sumber: refrltd.com)

Alternatif Bahan Pengganti Gelatin

  • Bubuk agar-agar. Bahan satu ini adalah bahan yang bisa dibilang paling mudah dan murah dicari. Anda bisa menggunakan agar-agar bubuk plain (tanpa rasa) dengan harga hanya sekitar Rp4 ribuan. Bahan ini pun cukup aman untuk vegetarian karena dibuat dari rumput laut. Dengan 1 sendok agar-agar sebanding dengan 1 sendok gelatin. Agar-agar juga harus dipanaskan terlebih dahulu supaya larut dengan sempurna.
  • Bubuk pektin. Bubuk pektin adalah hasil ekstraksi beberapa jenis buah-buahan, seperti apel dan jeruk. Kulit apel dan jeruk kabarnya memiliki kandungan pektin yang tinggi. Larutan bubuk pektin bisa dipakai untuk berbagai macam masakan daripada gelatin. Sayangnya, kekurangan dari bubuk pektin harus ditambahkan gula supaya memperoleh hasil terbaik. Selain itu, karena bahan dasarnya dari kulit jeruk atau lemon, maka rasa bubuk pektin pun cenderung pahit.
  • Karagenan merupakan bahan pengenyal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan pengganti gelatin. Seperti halnya bubuk agar-agar, karagenan berasal dari rumput laut. Kelemahannya, karagenan membuat jelly terasa lebih lembut daripada jelly yang terbuat dari gelatin.
  • Guar gum. Guar gum berasal dari biji guar dan bisa digunakan untuk menggantikan gelatin. Tetapi, cara mengolah guar gum berbeda. Rasio atau perbandingan antara gelatin dengan guar gum adalah 1 : 6.
  • Konnyaku atau yang kerap disebut konjak atau konjaku ini juga aman untuk vegetarian karena dibuat dari umbi-umbian, tepatnya dari umbi iles-iles atau porang. ini kerap dipakai para vegetarian sebagai pengganti gelatin. Konnyaku Jepang dibuat dengan mencampur konjak tepung dengan air dan air kapur. Dari segi tekstur, konnyaku kabarnya lebih kenyal dari agar-agar.

Anda bisa membeli bahan pengganti gelatin di atas di toko bahan kue terdekat. Anda juga bisa membelinya di e-commerce secara online.

 

[Update: Almas]

[1] Nimpuno, D. 2017. Ayo Membuat Masakan & Kue dari Bahan Halal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Ariani. 2015. Pengetahuan Bahan Makanan dan Minuman Seri: Babi dan Khamr. Malang: Gunung Samudera.

Pos terkait