Update Harga Gelas Plastik 1 Lusin

Gelas merupakan wadah yang umum digunakan untuk mengemas minuman. Produk ini bisa terbuat dari berbagai bahan, seperti kaca (beling), plastik, tembikar, atau bahkan kayu. Namun, dari semua jenis gelas yang ada, gelas plastik dinilai lebih praktis untuk dipakai. Selain itu, harga gelas plastik per lusin lebih murah dibandingkan bahan tembikar, kaca, dan kayu.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: minuman dalam wadah gelas plastik (sumber: powerpack.co.id)
Ilustrasi: minuman dalam wadah gelas plastik (sumber: powerpack.co.id)

Plastik memang adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari keperluan rumah tangga hingga industri. Sebagai kemasan pangan, plastik digunakan mulai dari proses pengolahan pangan hingga pangan siap saji. Penggunaan plastik sudah meluas dan mudah didapat karena harganya relatif murah dan praktis, sehingga mampu menyisihkan bahan pembungkus makanan alami seperti daun jati, daun , daun teratai, dan daun pisang.[1]

Gelas plastik misalnya, cenderung ringan, dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga yang besar dan mampu memuat volume cairan lebih banyak. Wadah minum seperti ini pun bisa dilapisi menggunakan sealer atau bahkan dibubuhi logo/gambar di bagian permukaannya supaya lebih representatif dan memiliki nilai jual tinggi.

Jenis Bahan Gelas Plastik

  • PET (Poly Ethylene Terephthalate). Bahan PET berfungsi untuk mengemas produk yang butuh perlindungan ekstra terhadap udara. PET memiliki beberapa sifat umum seperti transparan, bersih, jernih adaptasi suhu tinggi hingga 300 derajat celcius, permeabilitas uap air dan sangat rendah, hingga tahan pelarut organik. Gelas atau botol plastik dari PET kerap dipakai untuk botol air mineral, soft drink, selai, sirup, minyak goreng, dan sifatnya hanya sekali pakai.
  • PP (Polypropylene). Polypropylene dikenal memiliki beberapa karakteristik, yakni ringan, mudah dibentuk, transparan, dan jernih. PP juga mempunyai kekuatan tarik yang lebih besar dari PE. Namun, PP memiliki toleransi yang rendah terhadap suhu rendah, rapuh, dan juga mudah pecah. PP juga lebih kaku dan tidak mudah sobek. Kemasan plastik dari material PP kerap digunakan untuk mengemas yoghurt dan minuman jeruk. PP juga mempunyai angka 5, sehingga disebut baik untuk menyimpan makanan dan minuman.

Secara umum, masih banyak jenis material plastik di pasaran. Namun biasanya yang digunakan untuk gelas minuman adalah bahan PET dan PP. Mengenai harga, pada 2020 lalu, gelas plastik PP food grade 12 oz dijual Rp1.620 per lusin dan gelas plastik putih 220 ml 2,5 gr seharga Rp1.920 per lusin. Kemudian pada 2021, harga gelas plastik PP food grade 12 oz naik menjadi Rp4.500 per lusin, sedangkan harga gelas plastik putih 220 ml 2,5 gr sedikit turun menjadi Rp1.680 per lusin. Berikut perbandingan harga gelas plastik 1 lusin antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Gelas Plastik 1 Lusin

Gelas plastik (sumber: neeyog.com)
Jenis Gelas Plastik Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Gelas Plastik Putih 220 ml 2,5 gr Rp1.680 Rp1.680
Gelas Plastik AMDK 220 ml Rp1.800 Rp1.920
Gelas Plastik PP 14 Oz Tebal tanpa Tutup Ukuran 6 cm x 8,2 cm x 11,2 cm Berat 5 gr Rp2.640 Rp2.760
Gelas Plastik PP 10 Oz + Tutup Rp3.288 Rp3.288
Gelas Plastik PP Food Grade 12 Oz Rp4.500 Rp4.800
Gelas Plastik 16 Oz PP + Tutup Berat 5,5 gr Volume 480 ml Ukuran 6 cm x 8,2 cm x 12 cm Rp4.740 Rp5.880
Gelas Plastik Printing buah 16 Oz Rp4.910 Rp6.480
Gelas plastik 16 oz 7 gr Premium Ukuran 5,8 cm x 9,2 cm x 13 cm Rp7.560 Rp8.160
Gelas plastik 18 oz Bening Tebal Rp11.870 Rp12.000
Gelas Plastik 22 oz PP Volume 660 ml Rp12.000 Rp16.200

harga gelas plastik 1 lusin di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga gelas plastik per lusin di pasaran saat ini cenderung naik. Perlu Anda ketahui bahwa harga gelas plastik tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Selain itu, harga gelas plastik per lusin di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Biasanya jika Anda membeli dalam banyak, maka hitungan harga ecerannya pun menjadi lebih murah. Anda bisa membeli gelas plastik per lusin di sejumlah toko plastik maupun pusat-pusat perbelanjaan.

Bagi yang ingin tampilan dagangannya lebih menarik dan berkesan untuk para konsumen, Anda juga bisa memesan gelas plastik yang dibubuhi logo atau gambar khusus yang menjadi ciri khas usaha minuman Anda. Sebagai informasi, biaya cetak sablon untuk gelas ukuran 22 oz dipatok dengan mulai Rp280 hingga Rp870 per pcs. Gelas printing atau cetak sablon seperti ini biasanya tersedia di sejumlah percetakan digital.

[Update: Ditta]

[1] Kaihatu, Thomas S. 2014. Pengemasan (Ed. Christian). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pos terkait