Update Harga Gear Set Jupiter MX Original dan Merk Lainnya

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen bernama gear. Ini adalah salah satu part yang cukup penting dalam sebuah sepeda . Komponen ini secara umum berfungsi sebagai penggerak roda sepeda motor, selain juga untuk mentransfer putaran mesin ke roda. Di pasaran, gear set untuk motor Yamaha Jupiter MX saat ini dijual dengan harga Rp185 ribu sampai Rp240 ribuan untuk produk yang asli atau orisinal.

Dilansir Motorbalap.id, gear bisa dikatakan sebagai sebutan untuk roda gigi yang bekerja pada suatu mesin dan untuk mentransmisikan tenaga. Bentuk gear umumnya bergerigi (karenanya juga sering disebut gigi) dan dapat berputar serta biasanya terhubung dengan gear lain untuk mengirimkan torsi. Dalam sebuah sepeda motor, gear ini memiliki fungsi seperti berikut.

Ilustrasi: Servis Gir Motor (credit: Motor)

Ilustrasi: Servis Gir Motor (credit: Motor)

Fungsi Gear Motor

  • Sebagai pengatur perpindahan gigi pada kendaraan bermotor. Gear set (baik gear depan atau engine sprocket, ukuran mata gear, dan juga sprocket belakang) pada motor menggunakan ukuran mata gear yang berbeda-beda. Perpaduan ini akan menghasilkan sebuah tenaga, dan sebagai pengatur perpindahan gigi.
  • Sebagai penggerak roda belakang. Saat ini, banyak sepeda motor yang menggunakan penggerak roda belakang karena dianggap paling efisien untuk menjalankan mesin yang menggunakan roda dua.
  • Untuk mentransfer putaran mesin ke roda, sehingga sepeda motor dapat berjalan. Transfer ini menggunakan prinsip rotasi mesin, yang diatur dengan posisi gigi transmisi, dan kemudian putaran mesin tersebut memutar bagian engine sprocket, lalu ditransfer menjadi tenaga yang bisa memutar roda, menggunakan rantai yang terhubung ke bagian gear belakang motor.
  • Sebagai penyeimbang sepeda motor, terutama ketika digunakan untuk melakukan akselerasi. Ini dapat Anda lihat, terutama ketika bagian gear belakang berada dalam keadaan tidak lurus (center), sehingga dapat mengakibatkan laju sepeda motor menjadi tersendat dan motor akan terasa seperti ‘bergoyang’ ketika melaju.
  • Menaikkan dan menurunkan gerakan akselerasi. Kebanyakan orang akan memodifikasi motor dengan mengubah rasio gear motornya. Misalnya, untuk membuat akselerasi motor semakin top, Anda dapat mengubah jumlah rasio mata gear depan motor yang lebih kecil dari roda belakang. Atau, mungkin Anda mengubah jumlah rasio motor roda gear dengan rasio terbalik saat menghadapi daerah yang curam, sehingga Anda bisa bergerak lebih leluasa untuk melaju di medan menanjak atau menurun.

Motor bebek atau sport bike umumnya menggunakan penggerak roda rantai atau gear yang berbeda-beda karena jumlah mata gear berpengaruh pada performa sepeda motor yang bersangkutan. Jumlah mata gear sendiri dapat dihitung dari banyaknya bagian ruas yang meruncing. Gear depan umumnya memiliki mata gear 10 sampai 18, sedangkan mata gear belakang antara 30 sampai 50. Biasanya, ukuran atau jumlah mata gear sepeda motor sudah disesuaikan dengan performa kuda besi yang bersangkutan.

Gear Set Yamaha Jupiter MX Original - www.tokopedia.com

Gear Set Yamaha Jupiter MX Original - www.tokopedia.com

Pada sepeda, pengubahan rasio kecepatan putar secara keseluruhan dilakukan dengan memvariasikan diameter dari sprocket. Perubahan diameter dari sprocket akan mengubah jumlah gigi pada sprocket. Ini adalah dasar dari derailleur gear. Misal, sepeda dengan 10 speed, bisa didapatkan dengan menggunakan 2 sprocket pada proses penggerak dan 5 sprocket pada poros roda. Rasio kecepatan yang rendah menguntungkan pengguna sepeda di jalan yang menanjak, sedangkan rasio kecepatan yang tinggi memudahkan untuk bergerak cepat di jalan yang datar.

Sementara, pada sepeda motor, tidak ada pengubahan diameter sprocket ketika bergerak. Namun, perubahan diameter sprocket secara manual mampu mengubah tingkat akselerasi dan kecepatan tertinggi dari sepeda motor. Adapun di kendaraan roda , jumlah sprocket yang terlibat banyak, namun sprocket yang menggerakkan hanya satu, dua atau tiga. 

Ciri Gear Motor Rusak

  • Permukaan rantai sudah aus. Jika keadaan ini terjadi, daya cengkeram rantai dengan gear akan kurang maksimal sehingga mengakibatkan roda berputar tidak normal dan kurang bertenaga.
  • Permukaan gear rantai aus atau gompal, hal ini akan mengakibatkan gesekan yang tidak rata dengan rantai penggerak sehingga akan menimbulkan suara yang kurang enak pada rantai ketika berputar.
  • Suara berisik saat sepeda motor berjalan pelan, hal ini dikarenakan rantai yang longgar bergesekan dengan permukaan komponen lain, seperti arm.
  • Rantai mudah kendor meski sudah disetel berulang kali. Hal ini juga dikarenakan rantai atau gear sudah mulai aus.
  • Ketegangan rantai tidak stabil, yang bisa dilihat ketika sepeda motor diposisikan di atas standar tengah. Rantai yang mulai aus akan terlihat sesekali menegang dan mengendor sendiri ketika roda belakang motor diputar.
  • Tarikan sepeda motor terasa . Tarikan motor yang berat belum tentu karena masalah pada bagian mesin, namun juga bisa datang dari kondisi rantai dan gear set yang telah aus. Rantai yang aus menyebabkan terjadinya perbedaan selisih waktu antara putaran gear depan dan gear belakang sehingga putaran roda pun menjadi telat. Akibatnya, akselerasi sepeda motor menurun dan motor sulit mencapai top speed.
Gear Set Yamaha Jupiter MX Original - www.bukalapak.com

Gear Set Yamaha Jupiter MX Original - www.bukalapak.com

Harga Gear Set Jupiter MX

Jika gear set sepeda motor Anda mengalami masalah-masalah di atas, saran terbaik adalah segera mengganti komponen tersebut. Saat ini, tidak susah mendapatkan gear set karena Anda bisa membelinya di bengkel resmi, bengkel umum, maupun jual beli online. Apabila kuda besi Anda adalah Jupiter MX keluaran Yamaha, harga gear set sepeda motor ini sekarang berkisar Rp185 ribu sampai Rp275 ribuan untuk produk yang asli atau original, atau mulai Rp147 ribuan untuk versi old. Selain itu, ada pula yang menawarkan produk KW dengan harga mulai Rp68 ribuan hingga Rp130 ribuan. Sementara, gear set Jupiter MX TK Racing dijual dengan harga Rp550 ribu hingga Rp957 ribuan.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga gear set Yamaha Jupiter MX ini relatif tidak banyak berubah. Sebelumnya, produk yang original ditawarkan dengan harga Rp185 ribu sampai Rp255 ribuan, sedangkan harga untuk versi old mulai Rp100 ribuan. Sementara, produk KW dilepas dengan harga hanya Rp99 ribu sampai Rp150 ribuan. 

Selain itu, ada juga beberapa merk bukan bikinan Yamaha yang juga dikatakan cocok untuk digunakan sebagai gear Jupiter MX. Gear set keluaran OSK misalnya, sekarang dijual dengan harga cuma Rp34 ribuan, sedangkan gear set merk GPX saat ini ditawarkan dengan harga Rp165 ribuan. Ada pula gear set keluaran Federal Parts yang punya harga Rp160 ribuan dan INDOPARTS dengan harga Rp158 ribuan. 

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terkini Harga Yamaha YZ125 Model 2021
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Gear Set Jupiter MX Original dan Merk Lainnya"