Harga Gazebo Kayu Jati (Berbagai Model dan Ukuran)

Jika rumah Anda memiliki halaman yang cukup lapang dan kebetulan Anda punya anggaran berlebih, tidak ada salahnya untuk menyediakan gazebo sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau saat ada tamu yang berkunjung. Selain dapat dibuat sendiri, saat ini sudah ada banyak perajin atau toko furniture yang menawarkan gazebo dari berbagai kayu, seperti kayu kelapa dan kayu jati, dengan yang bervariasi, tergantung kayu serta ukuran dan model gazebo.

Apa Itu Gazebo?

Ilustrasi: Salah Satu Model Gazebo Kayu (credit: yardcraft)
Ilustrasi: Salah Satu Model Gazebo Kayu (credit: yardcraft)

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah gazebo. Gazebo adalah salah satu fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga lainnya.[1] Sering pula disebut sebagai saung, kunci utama sebuah gazebo adalah suasana alami, keakraban, kenyamanan, dan keindahan. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian gazebo sering ditemukan di tempat-tempat publik seperti taman dan spot wisata, meski bisa juga dibangun di halaman rumah dan teras belakang.

Bacaan Lainnya

Secara umum, gazebo adalah sebuah bangunan, yang biasanya terbuka di tiap sisinya, sesuai dengan tujuannya, yakni sebagai tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan dan bersantai. Dengan sisi yang terbuka, Anda yang berada di dalamnya dapat menikmati pemandangan sekitar dengan lebih bebas serta bisa menikmati udara yang bertiup tanpa terhalang penutup pada tiap sisi.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pin Bulat (Pin Peniti, Pin Gantungan Kunci, Pin Pembuka Botol)

Layaknya bangunan pada umumnya, gazebo juga dapat dibentuk menjadi sejumlah model. Dikutip dari Dekoruma, ada gazebo berdesain rotundas, yang berfokus pada atap yang berbentuk melingkar dan biasanya berbentuk kubah. Selain itu, ada pula gazebo berdesain paviliun, biasanya berukuran cukup besar, yang cocok bagi mereka yang punya taman dengan berbagai macam tanaman.

Meski umumnya dibuat terbuka, ada juga gazebo yang dilengkapi jendela dan pintu serta dipasangi jaring atau kasa nyamuk. Cocok diterapkan di tropis seperti Indonesia, sebagai penerang, gazebo ini bisa pula dilengkapi dengan tambahan lampu di bagian dalam. Bisa pula menyiasati kasa nyamuk dengan yang lebih terang sehingga ruangan tidak terlihat terlalu gelap.

Ilustrasi: Keunggulan Kayu Jati (credit: custommebel)
Ilustrasi: Keunggulan Kayu Jati (credit: custommebel)

Kelebihan Kayu Jati

Apa pun model gazebo yang hendak dibuat, bahan baku untuk ruangan ini tentunya juga harus dipikirkan secara matang. Nah, dari sekian banyak kayu yang sudah beredar di Indonesia, jika Anda ingin memiliki sebuah gazebo yang kuat dan tidak mudah lapuk, mungkin gazebo yang terbuat dari kayu jati dapat menjadi referensi yang menarik.

Kayu jati sendiri sudah lama dikenal sebagai kayu premium untuk kebutuhan material bangunan dan mebel. Pasalnya, kayu jati memiliki kombinasi sifat baik yang tidak dipunyai kayu lainnya, seperti tahan lama dan sangat awet, dapat digunakan untuk tujuan kayu pertukangan, memiliki penampakan yang baik, kembang susut sedikit, mudah dikerjakan, serta memiliki kemampuan menahan beban dengan baik.[2]

Baca juga  Info Terbaru Harga dan Kisaran Biaya Pasang Rangka Atap Galvalum

Meskipun keras dan kuat, kayu jati ternyata cukup mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga disukai untuk membuat furniture dan ukir-ukiran. Kayu yang diamplas halus memiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Pola-pola lingkaran tahun pada kayu teras tampak jelas, sehingga menghasilkan gambaran yang indah. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan kayunya, jati akhirnya kerap digolongkan sebagai kayu mewah, sehingga sering diolah menjadi mebel taman, mebel interior, kerajinan panel, dan anak tangga yang berkelas.[3]

Sekalipun mudah diolah, jati terkenal sangat kuat dan awet, serta tidak mudah berubah bentuk karena perubahan cuaca. Atas alasan tersebut, kayu ini akhirnya sering digunakan sebagai bahan dok pelabuhan, bantalan rel, jembatan, kapal niaga, hingga kapal perang. Konon, tukang kayu di Eropa pada abad ke-19 silam sering meminta upah tambahan jika harus mengolah kayu jati.

Jika Anda tertarik dengan kayu ini serta punya keterampilan dalam kriya jati dan kebetulan punya alat pertukangan yang lengkap, memang lebih baik untuk membuat gazebo sendiri di rumah. Namun, apabila Anda ternyata tidak begitu pandai dalam bidang pertukangan, tidak perlu khawatir. Pasalnya, sudah banyak perajin atau toko yang menawarkan gazebo berbahan kayu jati, baik secara offline maupun online, dan berikut kisaran harganya di pasaran.

Baca juga  Info Aturan Minum dan Update Harga Asifit Tablet di Apotek untuk Melancarkan ASI
Ilustrasi: Gazebo Kayu Jati di Taman Rumah (credit: landscape-solutions)
Ilustrasi: Gazebo Kayu Jati di Taman Rumah (credit: landscape-solutions)

Gazebo Kayu Jati

Model/Ukuran Gazebo
Gazebo Kayu Jati Minimalis 2 m x 2 m Rp10.500.000  – Rp17.000.000
Gazebo Kayu Jati Minimalis Atap Sirap 2 m x 2,5 m Rp15.500.000
Gazebo Kayu Jati Minimalis 3 m x 2 m Rp19.500.000
Gazebo Kayu Jati Ukiran Jepara 2 m x 2 m Rp22.000.000 – Rp25.000.000
Gazebo Kayu Jati Ukiran Jepara 3 m x 2 m Rp25.000.000 – Rp31.000.000
Gazebo Kayu Jati Modern 3 m x 3 m Rp37.000.000
Gazebo Kayu Jati Modern 4 m x 4 m Rp40.000.000
Gazebo Kayu Jati Jumbo Segi 6 Rp53.200.000
Gazebo Kayu Jati Modern 5 m x 5 m Rp60.000.000
Gazebo Kayu Jati Dua Lantai 3 m x 3 m Rp75.000.000
Gazebo Kayu Jati Dua Lantai 4 m x 4 m Rp80.000.000
Rumah Lumbung Gazebo 4 m x 7 m Rp85.000.000 – Rp90.000.000

gazebo kayu jati di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Selain dijual utuh, banyak penjual yang menawarkan gazebo kayu jati per m2 dengan harga mulai Rp3 jutaan. Perlu Anda catat bahwa harga gazebo kayu jati tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga juga bisa saja berbeda di masing-masing toko atau tempat.

[1] Pahlawan, Reza Rizki, Terbit Setya Pambudi, Edwin Buyung Syarif. 2020. Perancangan Gazebo di Taman Ir. H. Djuanda. e-Proceeding of Art & Design, Vol. 7(1): 443-452.

[2] Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia II. Jakarta: Badan Litbang Kehutanan.

[3] Pasaribu, Gunawan dan Lolyta Sisilia. 2012. Peningkatan Mutu Kayu Jati (Tectona grandis) Hasil Penjarangan Asal Kabupaten Cianjur. Tengkawang Jurnal Ilmu Kehutanan, Vol. 2(1): 27-37.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.