Info Lengkap Harga Gazebo Kayu Glugu Berbagai Ukuran

Gazebo cukup sebagai tempat bersantai yang mungkin dapat Anda temukan di taman. Ada banyak model gazebo dari ukuran minimalis hingga super besar dengan bahan berbeda-beda. Kayu glugu ternyata dapat dijadikan bahan gazebo yang dinilai cukup terjangkau dengan harga jual mulai Rp2,9 jutaan, tergantung pilihan ukuran.

Gazebo kayu glugu (sumber: arana.co.id)
Gazebo kayu glugu (sumber: arana.co.id)

Gazebo berasal dari kata gaze (Inggris) artinya memandang, dan ebo (Latin) artinya ke luar, sehingga maknanya sebagai tempat untuk memandang ke luar. Gazebo adalah salah satu fasilitas dengan ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai anggota keluarga lainnya. Kalau di tanah Sunda, gazebo kerap disebut saung karena digunakan untuk tempat santai.[1] Ada beberapa jenis gazebo yang cukup diminati, sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Jenis Gazebo di

  • Wooden Gazebo: Gazebo ini berasal dari material kayu yang terlihat sederhana tetapi berhasil membuat lingkungan tampak lebih asri dengan nuansa alam.
  • Gazebo: Gazebo yang terbuat dari material logam, seperti baja, besi, dan alumunium dengan kelebihan perawatannya yang mudah.
  • Tenzile Gazebo: Kerangka gazebo jenis ini kuat, mudah dipasang, dan juga tidak mudah rusak.
  • Temporary Gazebo: Gazebo jenis ini mudah dibongkar dan harganya pun terjangkau.
  • Garden Gazebo: Gazebo ini cocok untuk acara pesta atau kegiatan di luar ruangan yang tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan material.
Baca juga  Info Khasiat & Update Harga Minyak Kayu Cendana di Pasaran

Kali ini, kami akan mengulas jenis wooden gazebo yang jadi primadona bagi hampir setiap orang. Kayu glugu menjadi salah satu bahan yang dipilih dalam pembuatan gazebo. Kayu glugu sendiri terbuat dari pohon kelapa yang dinilai memiliki kualitas tinggi. Kayu glugu khususnya dari pohon kelapa tua terkenal kokoh dengan tingkat kekuatan tinggi. Apalagi jika kayu glugu tersebut telah diawetkan, maka kualitasnya bahkan bisa menyamai kayu jati.

Kayu glugu memiliki serat yang indah dan begitu khas berbeda dari kayu jenis lainnya.  Karena keindahan seratnya ini pula kayu kelapa acap kali digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan. Kayu glugu kelapa mempunyai struktur yang bagus, sehingga tak sulit perawatannya.

Di samping kelebihannya, kayu glugu ternyata juga memiliki kelemahan, seperti proses pengeringan yang lama. Apabila pengeringan kurang maksimal, maka akan membuat mutu kayu ini rendah. Kayu yang masih basah yang diolah menjadi gazebo dapat membuat strukturnya mudah rusak, berubah bentuk dan ukuran. Untuk itu, para perajin gazebo perlu mengeringkan kayu glugu secara maksimal sebelum diolah.

Baca juga  Info Keunggulan dan Update Harga Helmet MHR di Pasaran

Gazebo kayu glugu dijual dengan harga bervariasi. Misalnya, perajin gazebo di Jogja seperti Bryliant Art menawarkan gazebo glugu mulai harga Rp1.250.000 hingga Rp30.000.000, tergantung ukuran. Bryliant Art sendiri telah eksis memproduksi gazebo khusus terbuat dari kayu glugu atau batang pohon kelapa sejak 2001.[2] Jika Anda tertarik, kami sajikan info harga gazebo dari kayu glugu di saat ini.

Gazebo kayu glugu (facebook: Zaenal Arifin)
Gazebo kayu glugu (facebook: Zaenal Arifin)

Harga Gazebo Kayu Glugu

Ukuran Gazebo Kisaran Harga (Rp)
Gazebo Kayu Glugu Minimalis 1 meter 2.900.000
Gazebo Kayu Glugu 2×2 meter 7.250.000
Gazebo Kayu Glugu 2,5×2,5 meter 8.600.000
Gazebo Kayu Glugu 4×2 meter 15.500.000
Gazebo Kayu Glugu 2×3 meter 17.000.000
Gazebo Kayu Glugu 3×2 meter Atap Sirap 18.500.000
Gazebo Kayu Glugu 3×3 meter 19.000.000
Gazebo Kayu Glugu 4×6 meter 24.500.000
Gazebo Kayu Glugu Tingkat (2 lantai) 2,5×2,5 meter 30.000.000
Gazebo Kayu Glugu 4×5 meter Full 43.500.000
Gazebo Rumah Lumbung Glugu 3×4 meter Atap Sirap Ulin 45.000.000
Gazebo Glugu Sulawesi (Rumah Kayu dengan teras) 98.340.000
Baca juga  Update Harga Gamelan (Perunggu, Kuningan, Besi)

Sebagai alternatif pilihan, Anda juga dapat memesan gazebo dari kayu jati yang juga terbilang tahan lama dengan harga mulai Rp10 juta untuk ukuran 2×2 m. Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat mengakses sejumlah situs online untuk memperoleh harga terbaik. Selain itu, tak ada salahnya untuk mendatangi toko kayu terdekat secara langsung.

[1] Agennotes. 2019. Cerita Kids Zaman Old. Jakarta: Deepublish. Hlm 135.

[2] Ulung, Gagas. 2004. Go Traditional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm 204.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.