Info Terbaru Harga Gas Portable di Indomaret dan Alfamart

Gas portable merupakan salah satu peralatan atau perabotan yang sangat cocok digunakan oleh mereka yang hobi mendaki gunung atau camping. Punya bentuk yang ramping dan ringkas, gas ini menjadi bakar yang pas untuk kompor gas portable. Dijual di berbagai toko dan minimarket, termasuk Indomaret dan Alfamart, harga gas portable cenderung terjangkau.

Kompor gas portabel (sumber: eurekacamping.com)
Kompor gas portabel (sumber: eurekacamping.com)

Seperti diketahui, untuk menunjang kegiatan mendaki gunung, selain fisik yang kuat dan peralatan mendaki, aktivitas ini juga memerlukan beberapa peralatan. Nah, salah satu peralatan yang sebaiknya Anda bawa ketika melakukan kegiatan hiking selama beberapa hari adalah kompor gas portable. Ini adalah kompor yang mirip dengan kompor konvensional atau kompor dapur, namun punya dimensi lebih kecil dan sistem operasional yang sedikit berbeda.

Bacaan Lainnya

Kompor gas portable menjadi favorit banyak pendaki karena beberapa alasan. Kompor jenis ini memiliki yang terbilang mini, sehingga praktis dibawa dan bisa dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, biasanya kompor gas portable ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, serta sudah dijual bebas di banyak toko perabotan maupun perlengkapan outdoor. Secara lebih rinci, kelebihan kompor gas portable adalah sebagai berikut.

Kelebihan Kompor Gas Portable

  • Memiliki yang cenderung praktis, berkisar 12 x 13 cm ketika dilipat. Dengan ukuran demikian, kompor gas portable tentunya akan cukup ringkas dan tidak memerlukan banyak ruang saat dimasukkan ke dalam tas atau carrier. Biasanya, para pendaki memasukkan kompor gas portable ini bersamaan dengan nesting dan peralatan memasak lainnya.
  • Punya harga yang murah, adalah salah satu pertimbangan lain mengapa kompor jenis ini menjadi favorit banyak pendaki atau penggemar kegiatan outdoor. Di pasaran, harga kompor gas portable berada di kisaran ratusan ribu rupiah. Memang, ada beberapa kompor yang memiliki harga lebih murah, salah satunya kompor parafin. Namun, karena beberapa alasan, termasuk parafin yang semakin lama semakin susah diperoleh, penggunaan kompor jenis ini akhirnya mulai ditinggalkan.
  • Kemudahan dalam mencari bakar, karena bahan bakar kompor gas portable saat ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membeli bahan bakarnya di berbagai minimarket dan swalayan. Tentunya, hal ini memberikan kemudahan bagi mereka yang memang berniat menggunakan kompor portable, baik untuk keperluan kegiatan outdoor atau untuk menghemat pengeluaran. Kelebihan lainnya, harga gas untuk kompor portable pun relatif terjangkau.
  • Kompor gas portable secara umum sangat mudah digunakan. Pengguna hanya perlu menyambungkan gas dengan sebuah part yang ada di bagian kompor, kemudian menekan pemantik yang biasanya sudah tersedia dalam satu paket, dan kompor pun sudah dapat digunakan untuk memasak. Selain itu, layaknya kompor konvensional, kompor gas portable juga menyediakan setting untuk nyala api sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Memasak menggunakan kompor gas portable dikatakan lebih cepat matang jika dibandingkan dengan kompor dengan bakar parafin. Hal ini karena kompor tersebut sudah menggunakan bahan bakar gas.
  • Perawatan kompor gas portable pun dinilai cukup mudah. Pasalnya, kompor jenis ini biasanya terbuat dari material yang telah dilindungi dengan anti-karat. Pengguna cukup membersihkan menggunakan tisu setelah memakai kompor ini, atau dalam kondisi dingin. Bagian yang seringkali mengalami kerusakan atau mengalami korosi adalah bagian atas, tepatnya pada bagian penyekat antara badan kompor dan bagian tempat keluarnya api. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menyemprotkan cairan anti-karat atau pelumas sepeda motor.
  • Kompor gas portable tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Ukuran yang dijual di pasaran mulai kecil hingga besar, bisa disesuaikan kebutuhan Anda. Selain itu, tersedia juga jenis yang beragam, termasuk yang sudah didukung dengan fitur penyekat anti-angin atau anti-badai, yang akan menghalangi embusan angin kencang.

Gas Portable

Untuk menyalakan kompor gas portable, tentunya dibutuhkan bakar gas. Berbeda dengan kompor konvensional yang disokong tabung gas berukuran besar, maka bahan bakar gas untuk kompor portable ini juga punya dimensi yang lebih ringkas dan praktis. Karena itu, tidak aneh jika kemudian gas ini dijuluki dengan gas portable.

Gas portabel (sumber: carousell.com)

Seperti diuraikan di atas, gas portable saat ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko, swalayan, toko peralatan outdoor, bahkan minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Harga gas portable sendiri bervariasi, tergantung merk dan berat atau isi, tetapi relatif terjangkau. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga gas portable di minimarket.

Harga Gas Portable di Indomaret

Merk Gas Portable Harga
Bright Gas Kaleng 220 gr Rp23.500
Wonder Fuel Gas 220 gr Rp25.900

Harga gas portable di atas kami rangkum langsung dari situs resmi Indomaret. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya memang sedikit naik. Bright Gas Kaleng 220 gr misalnya, awalnya dijual Rp20 ribu dan sekarang menjadi Rp23.500, sedangkan harga Wonder Fuel Gas 220 gr naik dari Rp24.500 menjadi Rp25.900.

Harga Gas Portable di Alfamart

Merk Gas Portable Harga
Bright Gas Portable 220 gr Rp19.900
Oikos Gas Portable 250 gr Rp21.500
Wonder Fuel Gas 220 gr Rp22.900
Paket Hi-Cook Gas Pemantik MPL-U + Gas Pemantik Hi-Cook 80 gr Rp53.900
Sun Cook Gas Portable 240 gr Rp99.800

Informasi harga gas portable di Alfamart tersebut kami rangkum langsung dari website resmi minimarket yang bersangkutan. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Wonder Fuel Gas 220 gram terpantau turun dari Rp26.500 menjadi Rp22.900. Namun, untuk info lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi outlet Alfamart terdekat.

Gas Portable di Pasaran – www.lazada.co.id

Nah, setelah mendapatkan kompor sekaligus gas portable, Anda pun harus mengetahui tata cara penggunaan peralatan ini. Pemakaian kompor gas portable sebaiknya dilakukan di ruangan terbuka dan hindari ruangan tertutup. Ketika menggunakan kompor gas portable, pastikan tidak di tempat yang panas ataupun terkena air. Selain itu, jika ingin menyimpan kompor dalam tas, sebaiknya tunggu sampai kompor terlebih dahulu. Anda pun sebaiknya melepas tabung gas jika kompor tidak digunakan lagi.

Untuk menggunakan kompor gas portable sendiri cukup simpel. Kenali terlebih dahulu petunjuk penggunaan kompor gas. Pilih tempat yang aman dan nyaman dan buka space tempat tabung gas (untuk tempat tabung yang memiliki cover. Setelah itu, buka tutup tabung kaleng gas, pasang pada kompor gas di tempat yang sudah disediakan, pastikan terpasang dengan rapat dan aman. Setelah itu, Anda bisa menyalakan kompor dan kompor gas pun siap digunakan.

(Panca)

Pos terkait