Update Harga Garam Balok Bata/Batangan (Semua Merek dan Kemasan)

Garam merupakan padatan berwarna putih berbentuk kristal yang terdiri dari kumpulan senyawa, antara lain natrium klorida, magnesium klorida, magnesium sulfat, dan calsium klorida.[1] Senyawa ini diketahui membuat garam memiliki rasa dan bertekstur kasar. Selain dipakai untuk menambah rasa asin pada makanan, biasanya garam digunakan untuk mengawetkan makanan. Untuk tujuan ini, biasanya memakai garam balok atau bata/batangan yang harganya terbilang lebih murah dibanding garam halus. Garam briket seperti ini dijual dalam berbagai macam kemasan dan merek.

Penjual garam balok (sumber: tribunnews)
Penjual garam balok (sumber: tribunnews)

Kegunaan Garam Balok

Secara fisik, garam balok berbeda dengan garam halus atau garam krosok. Garam briket memiliki permukaan yang halus dan berbentuk balok atau padat. Garam seperti ini biasanya dijual dalam jumlah banyak, mulai dari setengah kilogram hingga dua kilogram. Hal ini bertujuan untuk memenuhi permintaan pasar. Selain itu, banyak yang membeli garam bata dalam jumlah besar untuk keperluan industri pangan.

Bacaan Lainnya

Beberapa orang ada yang menjadikan garam balok sebagai bahan untuk membuat asinan atau mengawetkan ikan. Cara mengawetkan ikan sekaligus membuat ikan asin tidak sulit, karena Anda hanya memerlukan garam balok dan ikan yang diasinkan. Sebelumnya, garam harus dihancurkan terlebih dahulu supaya mudah dijadikan bahan lumuran ikan.

Baca juga  Info Lengkap Sejarah & Update Harga Roti Bagelen di Pasaran

Ikan yang sudah dicuci dan dibersihkan harus dikeringkan dulu, setelah itu baru dilumuri garam secara merata dan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Cara ini juga bisa Anda aplikasikan pada bahan pangan lain yang mengandung banyak protein, seperti daging sapi, daging ayam, daging babi, daging kambing, dan daging rusa.

Garam balok (sumber: shopee)
Garam balok (sumber: shopee)

Kegunaan lainnya garam balok adalah sebagai bahan untuk membuat kerupuk. Ada beberapa jenis kerupuk yang memerlukan garam sebagai penambah asin sekaligus pengawet alami. Untuk membuat kerupuk seperti ini tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu mencampurkan garam balok pada adonan kerupuk. Sama seperti mengawetkan bahan makanan, garam harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum dipakai, sehingga garam bisa tercampur rata dengan adonan dan tidak membuat gumpalan di atas adonan.

Sebagai tips supaya garam briket mudah dihaluskan, Anda bisa menggunakan alat penumbuk. Beberapa orang memanfaatkan lesung kayu atau batu untuk menghaluskan garam balok dalam jumlah banyak. Sementara itu, jika Anda tidak memiliki alat penumbuk seperti ini, Anda juga bisa menggunakan batu yang sudah dicuci bersih.

Baca juga  Kisaran Biaya Sunat di Puskesmas

Menurut review konsumen, sebaiknya Anda tidak menghancurkan garam balok jika tidak segera dipakai, karena bisa membuat daya simpannya berkurang. Selain itu, sebaiknya Anda menyimpan garam balok di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan garam di lemari pendingin karena bisa membuat kadar air garam bata menjadi tinggi, sehingga garam bisa mencair.

Daftar Garam Balok Bata/Batangan

Garam balok atau garam bata  (sumber: Jawapos)
Garam balok atau garam bata (sumber: Jawapos)
Merk/Varian Garam Balok Bata/Batangan
Garam Kampung Garam Balok 500 gr Rp3.000
Cap 17 Garam Briket Beryodium 1 kg Rp600
GAM Garam Balok Beryodium 500 gr Rp4.200
Top Dan-Ndut Garam Balok 200 gr Rp5.000
Cap Anak Kembar Garam Balok Beryodium 500 gr Rp5.000
Cap 86 Garam Briket Beryodium 600 gr Rp5.000
Cap Cendikiawan Garam Blok Beryodium 600 gr Rp5.000
Cap Dua Semar Garam Balok Dapur 500 gr Rp5.000
Tugu Ikan Garam Balok Beryodium 700 gr Rp5.000
Cap Pesawar Garam Balok 800 gr Rp6.000
Mama Dut Garam Balok Beryodium 800 gr Rp6.000
SNI Garam Bricket Beryodium 800 gr Rp6.000
UD. Lancar Jaya AN Garam Balok Beryodium 600 gr Rp6.000
Bintang Laut Garam Balok 600 gr Rp6.000
M.M Garam Bata Balok Bricket Beryodium 600 gr Rp6.000
T.W Garam Balok Beryodium Asin 750 gr Rp6.000
Cahaya Garam Bata 1 kg Rp7.000
Tugu Ikan Garam Balok Beryodium 1 kg Rp7.180
Mercusuar Garam Bata Dapur Beryodium 1 kg Rp11.000
CW Cendrawasih Garam Bricket Beryodium 1 kg Rp15.000
DM Emas Garam Balok Jumbo 2 kg Rp17.700
ASP Garam Briket Balok 1,5 kg Rp21.200
Jago Garam Briket Beryodium 4,5 kg Rp32.225
NG Garam Balok Beryodium 3 kg Rp37.500
Ndan-Dhut Garam Balok Asin 1 kg Rp45.900
Baca juga  Kandungan dan Update Harga Durex Play (Indomaret, Alfamart, Apotek)

garam balok di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga garam bata tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga garam balok tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, NG Garam Balok Beryodium 3 kg yang semula dibanderol Rp45 ribu, sedikit naik menjadi Rp45.900. [Almas]

 

 

[1] Herman, Herman & Willy Joetra. 2015. Pengaruh Garam (NaCl) terhadap Kembang Susut Tanah Lempung. Momentum Institut Teknologi Padang, Vol. 17(1): 13-20.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.