Harga G Suite (Basic, Business, Enterprise, Education, Team)

Google bisa dikatakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia saat ini. Banyak program dan aplikasi milik Google yang digunakan oleh masyarakat umum, terutama untuk tujuan bisnis. Nah, salah satu baru dari Google yang sedang hits di kalangan pengguna adalah G Suite. Dengan harga atau bulanan mulai 3 dolar AS per pengguna, para pengguna sudah bisa mengerjakan apa pun, kapan saja dan di mana saja.

Layanan G Suite

Layanan G Suite

Tentang G Suite

Menurut situs resmi perusahaan, G Suite dikatakan sebagai layanan berbasis awan yang dapat menyediakan cara yang sepenuhnya baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah. Tidak hanya menggunakan email dan chat, namun bisa melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen dalam waktu nyata, dan banyak lagi.

Pengguna cukup mendaftar ke akun G Suite yang menyediakan nama domain yang ingin digunakan dengan layanan Google. Setelah dilakukan verifikasi sebagai pemilik domain, Anda dan tim Anda dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, Blogger, dan banyak lagi.

Beragam layanan yang dapat Anda gunakan melalui G Suite ini di antaranya:

  • Gmail, ini merupakan salah satu layanan yang paling banyak digunakan, terutama oleh pengguna non-bisnis. Selain email, juga terdapat fitur built-in yang dapat dimanfaatkan secara gratis, namun tentunya dengan keterbatasan, sehingga tidak disarankan bagi pelaku bisnis untuk menggunakan jenis ini.
  • G Suite Basic, ini adalah fitur dasar sebagai pengenalan bagi para pemula di dunia bisnis. Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan maksimal 30 GB per user, dan kapasitas tersebut meliputi seluruh penyimpanan semua fitur pada setiap akun.
  • G Suite Business, ini adalah layanan upgrade yang bisa dipilih jika G Suite Basic masih belum mengakomodasi kebutuhan teknologi Anda. Layanan yang satu ini mampu memberikan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, ditambah dengan fitur Admin Konsol sebagai fitur kontrol segala data yang ada di domain perusahaan Anda, serta Google Vault sebagai eDiscovery yang membuat data-data menjadi lebih mudah ditemukan.
  • G Suite Enterprise, ini merupakan salah satu layanan terbaru yang menjadi pengembangan yang lebih sempurna dari G Suite Business. Layanan ini menerima beberapa fitur tambahan, seperti DLP (Data Loss Prevention) dan pengarsipan yang lebih terintegrasi.
  • G Suite for Education, sesuai namanya, layanan ini merupakan fitur yang cocok bagi dunia pendidikan. Sekilas mirip dengan G Suite Business, namun diberikan fitur tambahan berupa Class Room yang memungkinkan guru dan murid untuk saling berkolaborasi setiap saat.
  • G Suite Team, ini adalah layanan yang bisa digunakan untuk perusahaan dengan kapasitas penyimpanan tanpa batas. Layanan ini telah mencakup konferensi video dan suara, dokumen dan presentasi, dukungan 24 jam 7 hari seminggu melalui telepon dan email dan , serta pengelolaan berbasis tim yang mudah.

Harga G Suite

Baca juga  Harga Traktor Yanmar (EF393T, EF494T, Hand Tractor)

Untuk mereka yang baru memulai menggunakan layanan G Suite, Google memberikan masa percobaan gratis atau tanpa biaya selama dua minggu atau 14 hari. Setelah itu, jika pengguna ingin meneruskan menggunakan layanan ini, akan dikenakan biaya bulanan dengan besaran sesuai dengan layanan yang digunakan. Berikut harga atau biaya bulanan G Suite dari Google.

Layanan G SuiteHargaKeterangan
G Suite Basic3 dolar AS per pengguna per bulan atau 30 dolar AS per pengguna per tahun ditambah pajakPaket aplikasi profesional dengan penyimpanan 30 GB
G Suite Business10 dolar AS per pengguna per bulan atau 120 dolar AS per pengguna per bulan ditambah pajakPaket aplikasi yang disempurnakan dengan pengarsipan dan penyimpanan tanpa batas
G Suite Enterprise25 dolar AS per pengguna per bulan atau 300 dolar AS per pengguna per tahun ditambah pajakPaket aplikasi premium dengan kontrol dan kemampuan lanjutan
G Suite for EducationGratis untuk lembaga K-12 dasar dan menengah tinggi, non-profit, dan diakreditasi oleh badan akreditasi yang disetujui secara umum belum terdaftar untuk layanan ini
G Suite Team10 dolar AS per pengguna per bulan atau 120 dolar AS per pengguna per bulan ditambah pajakFitur kolaborasi berbasis Cloud dan kapasitas penyimpanan tanpa batas yang dapat digunakan bersama solusi kalender dan email perusahaan

Jika Anda ingin membeli layanan G Suite, Anda bisa memulai dengan layanan uji coba gratis selama 14 hari. Setelah uji coba berakhir, Anda dapat membayar dengan kartu kredit, atau bergantung pada lokasi bisnis, selain juga dapat membayar secara debit langsung, jika ingin berlangganan. Anda pun dapat melakukan pembayaran dengan melakukan pembayaran manual ke rekening dan kredit akan secara otomatis didebit setiap awal bulan.

Baca juga  Update Harga 1 Karung Tepung Terigu Segitiga Biru Buatan Bogasari
G Suite - (Sumber: zapier.com)

G Suite - (Sumber: zapier.com)

Jika Anda memilih paket fleksibel, Anda dapat menambahkan dan menghapus pengguna kapan saja. Anda hanya membayar untuk layanan yang digunakan selama bulan tersebut dan Anda akan ditagih setiap bulan. Sementara, jika memilih paket tahunan, Adan mendapatkan layanan G Suite satu tahun penuh dan memperoleh diskon. Anda pun dapat menambahkan pengguna lagi, tetapi akan ditagih penuh bila menghapus pengguna selama tahun berjalan. Anda akan ditagih setiap bulan sebesar 2,5 dolar AS per pengguna per bulan dan paket ini hanya tersedia untuk paket Basic.

Untuk paket G Suite Team, Anda juga dapat melakukan pembayaran via kartu kredit atau menggunakan debit langsung. Setelah menyiapkan akun yang dikelola tim G Suite, Anda dapat membuka opsi paket yang dikelola domain dengan memverifikasi domain Anda. Untuk informasi selengkapnya tentang proses ini, Anda bisa menghubungi pusat bantuan G Suite.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga G Suite (Basic, Business, Enterprise, Education, Team)"