Keunggulan dan Harga Fungisida Bion M

Panen yang baik dan berlimpah tentu menjadi impian banyak petani maupun mereka yang suka bercocok tanam. Sayangnya, karena sejumlah penyakit, termasuk yang disebabkan cendawan dan bakteri, membuat hasil panen tidak maksimal. Nah, untuk mencegah hal tersebut, sudah banyak produk fungisida yang dapat dipilih, dan salah satu yang diklaim berkualitas dan ampuh adalah Bion M. Sudah bisa dibeli di sejumlah toko bahan maupun memesan lewat online shop, harga produk ini mulai ribuan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung kemasan.

Menyemprotkan fungisida (sumber: maximumyield.com)
Menyemprotkan fungisida (sumber: maximumyield.com)

Dalam ilmu penyakit tumbuhan atau yang lebih umum disebut dengan istilah fitopatologi, jamur dikenal sebagai salah satu patogen yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman (damage), sehingga dapat merugikan secara ekonomis.[1] Karena itu, penting bagi petani untuk menyediakan bahan yang dapat membasmi sekaligus mencegah jamur pada tanaman mereka.

Bacaan Lainnya

Untuk keperluan tersebut, hadir fungisida, salah satu pestisida yang telah populer di kalangan petani. Secara garis besar, fungisida adalah suatu senyawa yang dapat digunakan untuk menghambat dan mengendalikan pertumbuhan atau bahkan membunuh jamur penyebab penyakit pada tanaman.[2] Fungisida diklaim mampu mengendalikan serangan penyakit yang disebabkan infeksi jamur pada tanaman karena punya kemampuan proteksi, imunisasi, , eradikasi, dan sistemik.

Review Fungisida Bion M

Sudah ada banyak produk fungisida yang beredar di pasaran dan salah satu yang cukup terkenal adalah Bion M. Bion M, atau Bion M 1/48 WP nama lengkapnya, adalah fungisida yang berupa campuran dari zat-zat pengaktif tanaman yang bersifat sistemik dan kontak. Berbentuk tepung berwarna cokelat kekuning-kuningan, produk ini dapat disuspensikan untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh cendawan dan bakteri pada tanaman , kentang kubis, dan tomat.

Tidak cuma itu, fungisida Bion M juga berfungsi untuk mengendalikan penyakit antraknosa, patek, busuk buah, busuk kering, busuk basah dan bercak daun, busuk akar, busuk batang, busuk daun, dan mati pucuk. Manfaat tersebut berasal dari kandungan di dalamnya, yakni Asibensolar-S-metil sebesar 1 persen dan Mankozeb sebesar 48 persen. Mankozeb sendiri merupakan salah satu fungisida yang paling banyak digunakan di lapangan, dikatakan efektif menekan penyakit hawar daun kentang akibat P. infestans dengan kemampuan menekan serangan masing-masing sebesar 77,99 persen dan 66,578 persen.[3]

Keunggulan Fungisida Bion M

  • Diproduksi oleh perusahaan kelas dunia, Syngenta, sehingga mutu terjamin.
  • Efektif mengendalikan beberapa penyakit penting pada tanaman sayuran dan perkebunan.
  • Mudah larut dalam air yang tinggi dalam waktu yang singkat.
  • Dosis per liter 1,25 gram atau 2,5 gram per liter.
  • Kelarutan sangat tinggi.
  • Penutupan dan daya potensi terhadap tanaman sangat tinggi.

Seperti pemupukan, Anda pun tidak boleh sembarangan dalam mengaplikasikan fungisida Bion M. Pasalnya, apabila terlalu berlebihan, justru akan mengganggu perkembangan tanaman Anda. Berikut dosis pemakaian Bion M yang disarankan untuk sejumlah jenis tanaman, seperti cabai, kentang, kubis, dan tomat.

Fungisida Bion M (twitter: @karman_adi)
Fungisida Bion M (twitter: @karman_adi)

Dosis Pemakaian Fungisida Bion M

Tanaman Penyakit Dosis
Cabai Penyakit antraknosa Colletotrichum capsici, Colletotrichum gloeosporioides, penyakit busuk daun Phytophthora capsici Penyemprotan volume tinggi 1,25 gram sampai 2,5 gram per liter
Kentang Penyakit busuk daun Phytophthora infestans Penyemprotan volume tinggi 1,25 gram sampai 2,5 gram per liter
Kubis Penyakit bakteri busuk basah Erwinia carotovora Penyemprotan volume tinggi 1,25 gram sampai 2,5 gram per liter
Tomat Penyakit busuk daun Phytophthora infestans Penyemprotan volume tinggi 1,25 gram sampai 2,5 gram per liter

Apabila Anda tertarik menggunakan fungisida Bion M, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, seperti disinggung di atas, Anda sudah dapat membelinya di berbagai toko bahan pertanian. Jika masih kesulitan, Anda pun dapat memesannya lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut harga fungisida Bion M di pasaran saat ini.

Fungisida Bion M (sumber: blibli)
Fungisida Bion M (sumber: blibli)

Harga Fungisida Bion M

Kemasan Bion M Harga
Bion M Repack 10 gram Rp7.999
Bion M Repack Botol 50 ml Rp12.000
Bion M Repack 25 gram Rp15.000
Bion M Repack 50 gram Rp34.900
Bion M 500 gram Rp160.000 – Rp208.600

Informasi harga fungisida Bion M di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan pertanian dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga fungisida Bion M tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Sastrahidayat, Ika Rochdjatun. 2017. Penyakit Tumbuhan yang Disebabkan oleh Jamur. Malang: UB Press.

[2]  Budiyanto. M. Agus Krisno. 2018. Membuat Fungisida Organik. Malang: UMM Press, hlm. 1.

[3] Fitria, Riza Ulil. 2019. Efektivitas Fungisida Bahan Aktif Mankozeb untuk Mengendalikan Hawar Daun Kentang (Phytopthora infestans). Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, Vol. 13(2): 90-100.

Pos terkait