Update Harga Fuel Pump Yamaha Mio J Original dan KW

dengan sistem bahan bakar injeksi memang makin populer di Indonesia. Salah satu sepeda motor yang telah menerapkan teknologi ini adalah Mio J keluaran Yamaha. Namun, layaknya motor injeksi lainnya, Mio J pun tidak luput dari berbagai macam masalah, salah satunya adalah di bagian fuel pump. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, terkadang dibutuhkan penggantian fuel pump yang saat ini harga jualnya berkisar ratusan ribu rupiah untuk produk original.

Ilustrasi: Mengganti Fuel Pump Motor (credit: motorplus)
Ilustrasi: Mengganti Fuel Pump Motor (credit: motorplus)

Apa Itu Fuel Pump?

Fuel pump, atau bahan bakar, bisa diartikan sebagai salah satu komponen dalam sistem bahan bakar pada sebuah kendaraan atau mesin pembakaran dalam lainnya. Sebagian mesin tidak memerlukan pompa bahan bakar karena dari desain dan dengan gravitasi, bahan bakar akan mengalir dengan sendirinya dalam sistem bahan bakarnya. Sementara, sebagian yang lainnya harus menggunakan pompa untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar.

Bacaan Lainnya

Pada mesin sepeda dengan menggunakan karburator, umumnya menggunakan mekanis bertekanan rendah yang terpasang di luar tangki bahan bakar. Sementara, mesin sepeda motor dengan injeksi bahan bakar, sebagian memiliki dua macam pompa dalam sistem penyaluran bahan bakarnya.

Sistem Penyaluran Bahan Bakar

  • bahan bakar tekanan sedang atau volume besar di tangki atau lebih dikenal dengan nama fuel pump. Pompa ini berfungsi untuk menyuplai kebutuhan dalam sistem injeksi bahan bakar. Umumnya, pompa jenis elektris yang terpasang dalam tangki bahan bakar.
  • Pompa tekanan tinggi atau volume rendah atau lebih dikenal dengan nama Fuel Injection Pump (FIP). Pompa ini terdapat di dalam sistem injeksi bahan bakar dan berfungsi untuk memompa bahan bakar dalam tekanan tinggi untuk suplai ke injector.

Pada sepeda injeksi, fuel pump ini berfungsi untuk memompa atau menyuplai sejumlah bahan bakar dari tangki bensin ke injector. Injector selanjutnya akan menyemprotkan bahan bakar tersebut ke ruang bakar berdasarkan sinyal yang diterimanya dari ECU atau ECM. Untuk menjaga agar tekanan bahan bakar yang akan diinjeksi tetap stabil, maka fuel pump dilengkapi dengan komponen yang bernama pressure regulator.

Jika penggunaan bahan bakar tidak sesuai (kadar oktannya), yang bisa ditandai dengan banyaknya kotoran, maka kotoran tersebut akan menyumbat dan akhirnya bensin menyemprot lebih sedikit. Untuk mengatasi masalah ini, cara minimal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan fuel pump, yaitu fuel pump dan tangki bensin dikuras biar bersih, dengan biaya sekitar Rp40 hingga Rp45 ribuan untuk matik tahun 2021, naik menjadi Rp50 ribuan tahun 2022.

Komponen fuel pump skuter matik Yamaha Mio J (sumber: Tokopedia)

Harga Fuel Pump Yamaha Mio J

Lalu, bagaimana jika kerusakan fuel pump sudah tergolong parah? Pemilik kendaraan disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Saat ini, dealer Yamaha telah menjamin ketersediaan guna memenuhi kebutuhan konsumen untuk menjaga performa motor, salah satunya fuel pump.

Untuk produk asli, fuel pump Yamaha Mio J, dan juga Mio GT, tahun 2022 ditawarkan dengan harga mulai Rp546 ribu hingga Rp1 jutaan, naik dari Rp500 ribu hingga Rp983 ribuan di tahun 2021. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020, harga komponen ini berkisar Rp500 ribu hingga Rp700 ribuan.

Namun, di beberapa situs jual beli online, ada juga yang menawarkan fuel pump Yamaha Mio J dengan harga lebih murah tahun 2022, yaitu Rp200 ribu hingga Rp300 ribu, berubah dari Rp195.000 sampai Rp300.000 di tahun 2021. Barang tersebut masih dalam kondisi baru dan diklaim asli. Meski demikian, agar lebih aman, Anda memang sebaiknya membeli fuel pump di dealer resmi Yamaha atau -bengkel sepeda motor.

[Update: Almas]

Pos terkait