Update Harga Freon R22 di Pasaran

No comment3361 views

atau refrigerant adalah salah satu dari beberapa senyawa alifatik sederhana yang digunakan dalam perdagangan dan . Freon mengandung senyawa hidrogen, klorin, atau bromin dan sering digunakan untuk lemari es dan AC. Ada beberapa freon yang umum digunakan, salah satunya freon R22, yang dijual dengan mulai Rp125 ribuan untuk kemasan kaleng 1 kg.

Seperti diutarakan sebelumnya, freon atau refrigerant adalah senyawa kimia atau gas yang biasanya digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang ingin dikondisikan suhu udaranya. Karena termasuk dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak memiliki warna dan juga tidak berbau.

Freon R22 - www.olx.co.id

Freon R22 - www.olx.co.id

Dikarenakan fungsinya yang beragam, freon diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas berdasarkan jenis fluida yang digunakan. Jenis-jenis tersebut antara lain CFS (Chlorodifluorocarbon), HCFC (Hydrochlorofluorocarbon), HFC (Hydrofluorocarbon), HC (Hydrocarbon), dan jenis natural yang langsung digunakan dari alam.

Penggunaan freon secara aman sangatlah dianjurkan. Memang, zat freon ini sebenarnya tidak membahayakan lingkungan selama tidak terlepas ke udara alias instalasi AC tidak mengalami kebocoran. Tetapi, jika instalasi bocor dan freon terlepas ke udara, maka akan menjadi racun jika terhirup oleh manusia. Akibatnya antara lain adalah keracunan kloroflourokarbon yang mengakibatkan pembengkakan tenggorokan, sakit tenggorokan, sesak napas, penglihatan kabur, nyeri perut, irama abnormal, dan terganggunya sistem peredaran darah.

Refrigerant yang paling umum di masa lalu adalah CFC. Pada 1990-an dan 2000-an, CFC lalu digantikan dengan HCFC (Hydrochlorofluorocarbon) dan HCFC yang paling umum adalah jenis “R22”. Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0,05 jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Namun, freon jenis ini memang tidak mudah terbakar.

Meski demikian, sejak tahun 2015 lalu, freon jenis R22 ini sudah dihapus dan tidak diizinkan lagi untuk digunakan. Hal tersebut terangkum dalam peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014), dan (55/M-DAG/PER/9/2014). Melalui peraturan tersebut, semua pabrik AC di Indonesia dilarang memproduksi, mengimpor, atau bahkan menjual AC yang masih menggunakan freon jenis R22.

Harga Freon R22

Meski penggunaannya telah dilarang, tetapi masih banyak atau distributor yang menjual freon jenis R22. Jika Anda browsing di beberapa situs jual beli online, Anda akan menemukan beberapa penjual yang menawarkan freon jenis ini dengan harga mulai Rp125.000 untuk kemasan kaleng 1 kg Showa, freon R22 tabung kecil 3,4 kg harga Rp500 ribuan, tabung 6,8 kg harga Rp720 ribuan, kemudian ada freon R22 Chemours Shanghai harga Rp1,65 jutaan, hingga Dupont asal USA seharga Rp1,8-2,3 jutaan.

Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan sesuai dengan saran pemerintah, mungkin Anda bisa beralih menggunakan freon jenis R410A yang tidak memiliki potensi perusakan ozon dan juga tidak mudah terbakar. Bisa juga menggunakan freon jenis R32 yang diklaim lebih ramah terhadap lingkungan dan punya potensi lebih rendah untuk menyebabkan pemanasan global.

[Dian]

Baca juga  Update Harga Minyak Zaitun Sariayu di Pasaran
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Harga Freon R22 di Pasaran"