Cara Memelihara dan Harga French Bulldog

No comment5096 views

Bagi Anda yang bingung memilih peliharaan selain kucing, Anda bisa mencoba merawat french bulldog. Meskipun namanya terbilang cukup menakutkan, anjing yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang mungil dan terkesan imut. Di pasaran sendiri, anjing jenis ini dijual dengan harga yang tidak bisa dibilang murah.

Ilustrasi: Bermain dengan Anjing French Bulldog (Credit: prestigeanimalhospital)

Ilustrasi: Bermain dengan Anjing French Bulldog (Credit: prestigeanimalhospital)

French bulldog memang bukan anjing yang murah, ini karena cara breeding yang berbeda dengan anjing jenis lainnya. Bisa dibilang, untuk mendapatkan french bulldog keturunan asli, harus ada indukan jantan dan betina dari golongan yang sama (bukan dari hasil persilangan). Selain itu, mahalnya anjing tersebut juga karena faktor pemeliharaan yang gampang-gampang susah.

Cara Memelihara French Bulldog

Seperti yang kita ketahui, semakin canggihnya teknologi, kini orang memelihara anjing bukan untuk dijadikan sebagai penjaga atau teman berburu. Saat ini, orang-orang lebih mementingkan dan bentuk hewan peliharaan mereka sebagai teman bermain atau sekadar pajangan di rumah.[1]

Anjing bulldog yang ukurannya cukup besar dengan ciri khas wajah yang sangar, sepertinya mulai turun pamornya, dan tergantikan oleh french bulldog yang lebih imut. French bulldog memiliki ukuran yang lebih kecil, bisa dibilang anjing ini adalah jenis anjing bulldog dengan ukuran tubuh paling mini.

Selain tubuh yang mungil, french bulldog memiliki wajah yang lucu dan tidak terlalu sangar. Meskipun bulldog tersebut juga memiliki gigi yang tajam dan gigitan mematikan, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda merawatnya dengan tepat dan menganggapnya sebagai keluarga atau teman bermain, maka hewan tersebut bisa sangat jinak.

Bisa dibilang, french bulldog adalah salah satu varian anjing yang setia dan mudah akrab dengan owner-nya. Apalagi jika Anda sering mengajaknya bermain dan lari pagi. Memang, hampir seluruh jenis anjing bulldog sangat suka diajak berlari dan bermain. Selain harus mengajaknya lari pagi setiap hari, Anda juga harus memperhatikan kondisi tubuhnya.

Baca juga  Harga Door Closer Solid di Pasaran

Karena tergolong anjing yang lincah dan suka bermain di luar ruangan, Anda harus rajin membersihkan bulunya. Maksimal, Anda harus memandikan anjing ini setiap minggu. Perlu Anda ketahui, kebanyakan french bulldog juga sangat suka bermain air. Bagi Anda yang memiliki kolam renang di rumah, bisa mengajaknya berenang bersama. Ini akan menjadi momen mengesankan bagi Anda dan hewan kesayangan.

Ciri-Ciri Anjing French Bulldog (credit: frenchbulldogsecrets)

Ciri-Ciri Anjing French Bulldog (credit: frenchbulldogsecrets)

French bulldog juga termasuk anjing yang cerdas dan mudah dilatih. Beberapa orang melatihnya agar mereka tahu waktunya untuk mandi. Anjing yang sering dilatih untuk pergi ke kamar mandi sendiri setiap minggu atau setiap 3 hari sekali, biasanya tanpa disuruh atau tanpa diseret, mereka akan menunggu Anda di depan kamar mandi.

Dengan melatih french bulldog mengetahui waktu mandi mereka, Anda hanya perlu menyiapkan air dan sabun untuk mereka mandi. Dengan sendirinya, anjing kesayangan akan berendam di bak mandi selama beberapa menit. Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan tugas Anda, seperti mengoleskan sampo ke bulunya dan menggosoknya hingga bersih.

Setelah anjing merasa bersih, mereka biasanya akan pergi sendiri ke dalam bak air untuk membilas tubuhnya. Sehingga, pekerjaan Anda dalam memandikan anjing menjadi lebih mudah dan tidak melelahkan. Setelah mereka mandi, nyalakan hair dryer dan siapkan handuk untuk mengeringkan tubuh mereka.

Selain memandikannya, Anda juga harus merawat kuku mamalia tersebut agar lebih rapi dan tidak tajam. Ini penting, selain untuk menjaga kebersihan dan mereka, juga mengamankan Anda dari goresan kukunya yang tajam. Paling tidak, setiap 2 minggu sekali, kuku mereka harus dipotong.

Untuk memotong kuku french bulldog, memang agak sulit, mengingat tingkah laku mereka yang lincah. Sebagai tips, Anda bisa memotongnya saat mereka dalam keadaan tidur atau makan. Berikan snack kesukaan mereka dan potong kukunya selagi mereka asyik makan. Cara ini akan membuat mereka merasa nyaman dan membuat Anda tidak kerepotan.

Cara Merawat Anjing French Bulldog (credit: boredpanda)

Cara Merawat Anjing French Bulldog (credit: boredpanda)

Pastikan Anda memotong kuku french bulldog tidak melebihi batas kuku. Seperti yang kita ketahui, kuku hewan tidak sepenuhnya terdiri dari keratin yang mengeras. Kuku binatang tersebut memiliki bagian yang lembut di dalamnya, ini adalah daging yang diselimuti keratin. Jika Anda terlalu pendek memotong kukunya, maka Anda akan melukai hewan tersebut. Karena, ada sebagian daging yang tergores.

Baca juga  Info Harga Cat Rambut NYU Creme Hair Colour (Semua Warna)

Daging pada kuku anjing yang terpotong, jika tidak segera diobati, bisa menimbulkan infeksi serta penyakit lainnya. Untuk itu, agar lebih aman dan tidak melukai hewan kesayangan Anda, gunakanlah alat pemotong khusus hewan. Jangan menggunakan peralatan gunting atau alat potong kuku manusia. Jika perlu, Anda bisa memakai alat pengikir kuku khusus anjing, yang bisa Anda dapatkan di pet shop terdekat.

Sambil membersihkan badan anjing saat mereka mandi, Anda juga harus membersihkan kotoran yang ada di telinga mereka. Gunakan alat pembersih khusus untuk mengeluarkan semua kotoran pada telinga mereka. Ini penting untuk mencegah penyakit telinga, sekaligus menjaga ketajaman pendengaran mereka.

Setiap hari, Anda harus memperhatikan pakan anjing. Pakan anjing bisa diberikan setiap pagi dan sore. Jika anjing Anda masih kelaparan, Anda bisa memberikan pakan tambahan berupa snack atau biskuit anjing di siang hari. Untuk jenis pakan yang diberikan, bebas, bisa makanan basah atau makanan kering. Yang penting, kadar protein, lemak, dan karbohidratnya seimbang.

Pastikan juga Anda memberikan pakan di jam yang sama dan tepat waktu. Ini sangat penting, karena french bulldog memiliki insting yang tajam terhadap mangsanya di alam liar. Jika mereka tidak diberi pakan tepat waktu, biasanya mereka akan menggonggong dan merajuk. Anjing yang seperti ini tak jarang membuat seisi rumah menjadi heboh.

Baca juga  Harga Life Jacket (Anak dan Dewasa)

Perhatikan juga vaksin yang wajib diberikan pada anjing. Vaksinasi harus dilakukan ketika anjing mulai memasuki usia 2 bulan. Vaksin tersebut diberikan untuk menjaga kesehatan anjing dari berbagai macam penyakit. Jangan lupa juga untuk memberikan vaksin anti-rabies, karena ini sangat berbahaya bagi anjing dan manusia.

Sementara vaksin mencegah berbagai macam penyakit menular dan berbahaya, tak sedikit anjing yang terkena penyakit ringan, seperti , flu, batuk, dan sakit tenggorokan. Untuk itu, Anda harus membawanya ke dokter hewan terdekat. Selain mengobatinya, Anda juga bisa mencegahnya dengan cara memberinya vitamin secara rutin. Vitamin akan membantu meningkatkan daya imunnya, sehingga mereka tidak akan mudah terserang penyakit.

Sebagai informasi, french bulldog adalah jenis anjing yang sangat dekat dengan manusia. Bahkan, Anda bisa memeliharanya tanpa kandang dan hanya perlu menyiapkan tempat tidur berupa kasur anjing di dekat kamar Anda. Meskipun begitu, Anda juga perlu menyediakan tempat khusus untuk mereka membuang kotoran. Sehingga, rumah Anda tetap bersih dan tidak bau.

French Bulldog Anakan (credit: youandkids)

French Bulldog Anakan (credit: youandkids)

Setelah Anda mengetahui cara merawat anjing french bulldog, apakah Anda berminat membelinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harganya. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran yang tepat untuk memelihara hewan tersebut.

Harga French Bulldog

Jenis AnjingHarga per Ekor (Rp)
French Bulldog Betina Istimewa11.000.000
French Bulldog Anakan Female Stambum13.500.000
French Bulldog Jantan 1,5 tahun6.000.000
French Bulldog Anakan Jantan Stambum Tato Vaksin 2 bulan8.500.000
French Bulldog Jantan Stambum Dewasa7.000.000
French Bulldog Jantan Keturunan Import Rusia Stambum11.500.000

Perlu Anda ketahui, harga french bulldog di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs beli hewan online. Harga french bulldog tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Christine & Halim Agung. 2018. Sistem Penilaian Karakteristik Anjing Menggunakan Metode Weighted Product. Citec Jornal, Vol. 5(1): 71-83.

author

Leave a reply "Cara Memelihara dan Harga French Bulldog"