Harga Freezer Sharp 4 Rak dan 6 Rak (Baru dan Bekas)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan lemari . Tetapi, bagaimana dengan freezer? Meski umumnya juga menjadi satu paket dengan lemari , banyak juga perusahaan elektronik yang menjual freezer secara terpisah, salah satunya Sharp. Tersedia dalam beragam varian, termasuk 4 rak dan 6 rak, harga freezer di pasaran berkisar jutaan rupiah.

Ilustrasi: menyimpan makanan di freezer (sumber: realsimple.com)

Ilustrasi: menyimpan makanan di freezer (sumber: realsimple.com)

Saat ini, lemari es bukan menjadi barang yang mewah bagi kebanyakan orang. Bahkan, sebagian menganggap lemari es sebagai salah satu kebutuhan pokok. Fungsinya tentu saja untuk menyimpan berbagai bahan makan, seperti sayuran dan buah-buahan, serta menaruh sisa makanan yang mungkin akan dikonsumsi di lain waktu karena bisa mengurangi risiko makanan membusuk.

Seperti disampaikan di atas, kebanyakan lemari es atau memang telah menyediakan freezer, biasanya di taruh di bagian paling atas. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian mayoritas menganggap kulkas dan freezer sebagai barang yang sama. Padahal, kulkas dan freezer sesungguhnya adalah dua benda elektronik yang berbeda.

Perbedaan pertama antara lemari es dan freezer adalah dari segi fungsinya. Lemari es biasa atau lemari fridge memiliki fungsi utama untuk menyimpan makanan dan minuman agar memiliki daya tahan yang lama. Lemari pendingin ini tidak dapat memadatkan atau membekukan makanan dan minuman, melainkan hanya dipakai untuk menyimpan bahan-bahan seperti sayuran dan buah-buahan.

Sebaliknya, freezer atau lemari pembeku punya fungsi utama untuk menyimpan sekaligus membekukan makanan atau minuman. Pasalnya, dibandingkan kulkas, freezer dapat menghasilkan suhu yang lebih dingin. Contoh bahan makanan yang bisa dibekukan dengan kulkas adalah daging. Anda pun bisa membuat es batu dengan alat elektronik ini.

Perbedaan berikutnya antara lemari es dan freezer adalah suhu maksimal yang dapat dihasilkan kedua perangkat. Untuk suhu maksimal pendinginan, freezer secara garis besar mampu mengungguli lemari es. Freezer dikatakan mampu memberikan suhu dingin hingga minus 28 derajat Celcius, terutama untuk lemari pembeku chest freezer. Bandingkan dengan lemari es yang hanya mampu menghasilkan suhu dingin 0 derajat Celcius.

Daya tampung dan pengaturan letak barang antara kulkas dan freezer pun berbeda. Lemari pembeku biasanya dibuat dengan desain atau bentuk melebar sehingga dapat menata makanan dan minuman secara horizontal. Sebaliknya, desain lemari umumnya meninggi, dengan dilengkapi beberapa rak yang memungkinkan Anda untuk menata dan mengelompokkan bahan makan dengan mudah.

Selain kulkas, freezer juga memiliki perbedaan signifikan dengan showcase cooler, meski punya fungsi yang mirip. Jika freezer terutama digunakan untuk menyimpan dan membekukan makanan, maka showcase cooler secara umum dipakai untuk menaruh dan memajang minuman. Biasanya, showcase cooler ini dibutuhkan minimarket atau supermarket untuk memajang minuman mereka agar mudah terlihat oleh konsumen.

Jenis Freezer

Ilustrasi: lemari pendingin di supermarket (sumber: newhope.com)

Ilustrasi: lemari pendingin di supermarket (sumber: newhope.com)

  • Chest freezer, merupakan alat pendingin bersuhu rendah yang digunakan untuk menyimpan dan membekukan berbagai macam bahan makanan (daging segar, frozen food, sayur). Freezer ini biasanya digunakan untuk keperluan toko, restoran, cafe, hotel, maupun . Masuk dalam kategori slow freezer dan dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau, chest freezer tidak cocok untuk mengawetkan makanan untuk jangka panjang karena proses pendinginan ini cukup lama, yaitu 3 jam hingga 72 jam.
  • Curve glass freezer, mirip dengan chest freezer, yaitu bekerja dengan suhu 0 derajat C hingga minus 25 derajat C. Curve glass freezer memiliki sliding glass door sehingga cocok digunakan untuk menyimpan dan menata berbagai produk seperti ice cream, frozen food (nugget, daging beku, sosis, seafood, dll). Curve glass freezer biasanya juga dilengkapi kunci, dan dapat ditambahkan sticker sebagai media iklan.
  • Air blast freezer, jenis yang termasuk dalam kategori quick freezer. Air blast freezer banyak digunakan pada industri bahan makanan seperti contohnya produk perikanan. Proses pendinginan yang cepat akan menghambat proses deteriorasi oleh mikroba, sehingga kualitas dan kesegaran produk akan terjaga dengan baik. Berbeda dengan slow freezer, air blast freezer dapat mencapai suhu hingga minus 40 derajat C. Saat ingin digunakan, bahan makanan dapat dipindahkan ke freezer atau chiller dengan suhu yang lebih rendah semalaman.

Saat ini, tidak sudah mendapatkan freezer karena produk tersebut sudah dijual bebas di pasaran. Salah satu brand yang telah merilis freezer adalah Sharp. Ini adalah merk asal Jepang yang memang berfokus pada produk-produk elektronik. Sejumlah benda elektronik yang sudah dirilis Sharp antara lain TV LCD, lemari es, mesin cuci, televisi tabung, AC, hingga freezer.

Khusus untuk produk freezer, beberapa tipe telah meluncur ke pasaran Tanah Air. Sharp FRV-300 misalnya, merupakan freezer yang dilengkapi fitur pendingin yang cepat, sehingga diklaim mampu menjadikan minuman atau makanan tetap segar dan tetap awet serta dingin. Seperti namanya, freezer ini punya 300 liter, dengan pemakaian daya sebesar 135 Watt.

Varian produk lainnya adalah Sharp FR K148, yang merupakan freezer Sharp 4 rak dengan kapasitas tampung 140 liter. Punya dimensi 53 cm x 61 cm x 98 cm, freezer ini tampil sederhana dengan warna dominan putih, plus sentuhan abu-abu di beberapa bagian. Sharp FR-K148 cocok digunakan untuk konsumen rumahan, seperti membuat es batu atau menyimpan minuman.

Freezer buatan Sharp sendiri sudah hadir di berbagai toko elektronik maupun situs jual beli online. Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Nah, apabila Anda saat ini sedang membutuhkan freezer Sharp dengan 4 rak atau 6 rak, berikut kami sajikan kisaran harga terbarunya di pasaran dalam negeri.

Harga Freezer Sharp

Makanan dalam freezer (sumber: eatthis.com)

Makanan dalam freezer (sumber: eatthis.com)

Tipe Freezer SharpHarga
Sharp FR-G148 4 rakRp2.500.000 – Rp2.750.000
Sharp FR-K148 4 rakRp2.750.000
Sharp FJ-B189N-SS 6 rakRp3.200.000
Sharp FR-G189 6 rakRp3.250.000
Sharp FJ-M189K-SS 6 rakRp3.250.000

harga freezer Sharp 4 rak dan 6 rak di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko elektronik maupun situs jual beli online. Jika banderol produk baru Anda rasa masih cukup mahal, Anda bisa membeli freezer Sharp yang sudah dalam kondisi bekas. Di pasaran, harga freezer Sharp bekas berkisar Rp1,1 jutaan, tergantung kondisi barang.

Baca juga  Info Harga Pressure Cooker Philips di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Freezer Sharp 4 Rak dan 6 Rak (Baru dan Bekas)"