Update Harga Frame Sepeda MTB United (Semua Tipe)

Jika Anda penggemar sepeda, pasti sudah tidak asing lagi dengan merk United. Ini adalah salah brand sepeda populer, terutama untuk segmen mountain bike atau MTB. Selain dijual secara utuh, ada juga beberapa komponen United yang ditawarkan terpisah, salah satunya frame. Hadir dalam berbagai ukuran, frame sepeda buatan United sekarang ditawarkan dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Mountain Bike (credit: mbr.co.uk)
Ilustrasi: Mountain Bike (credit: mbr.co.uk)

Sepeda gunung, atau lebih populer dengan sebutan MTB, adalah salah satu jenis sepeda yang sangat terkenal di dunia. Sesuai namanya, adalah jenis sepeda yang umumnya digunakan untuk melintasi medan yang berat, seperti perbukitan dan pegunungan. Sepeda jenis ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 silam oleh pengguna sepeda di perbukitan San Francisco.

Bacaan Lainnya

Pada ajang New York Bike Show tahun 1981, penemu sepeda gunung mengatakan bahwa sepeda jenis ini tidak akan pernah populer. Namun kenyataannya, 80 persen sepeda yang terjual di pasar AS adalah sepeda jenis ini. Sepeda juga merupakan jenis sepeda pertama yang dinaiki sampai ke puncak Gunung Kilimanjaro, titik tertinggi di Benua Afrika, dengan ketinggian 5.895 m.

Sejak saat itu, semakin dikenal di seluruh dunia. Ciri-ciri umum sepeda jenis ini adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja atau aluminium atau yang terbaru, serat karbon (carbon fiber reinforced plastic), dan menggunakan shockbreaker atau peredam guncangan. Sementara, ban yang digunakan adalah ban yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat.

Secara garis besar, sepeda gunung dapat dibagi menjadi empat tipe berdasarkan jenis frame, yaitu rigid, hardtail, softail, dan full suspension. Namun, dua model frame yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah model hardtail dan full suspension. Sepeda dengan frame hardtail biasanya digunakan di medan yang bervariasi. Jenis ini memiliki bagian depan dengan suspensi, sedangkan frame dengan bagian chain stay kaku tanpa ada suspensi.

Tipe hardtail sendiri bisa dicirikan dari adanya satu shock breaker di bagian depan. Model ini juga lebih cepat memperoleh momentum ketika dikayuh sehingga untuk mendapatkan kecepatan maksimum menjadi lebih mudah. Dengan alasan tersebut, MTB hardtail cocok bagi mereka yang senang cross country atau bermain di daerah pedesaan.

Sementara, dengan frame full suspension memiliki suspensi untuk bagian garpu depan dan bagian chain stay. Mekanisme kerja peredam kejut di bagian chain stay pivot menghubungkan lower dan upper chain stay, sehingga membuat ban belakang dapat naik-turun mengikuti kontur medan yang dilalui. Sepeda jenis ini biasanya memiliki garpu depan yang lebih tinggi ketimbang bagian belakang sehingga lebih mudah dikontrol.

Ilustrasi: Frame Sepeda (credit: roadcyclinguk)

Fungsi Frame Sepeda

Frame merupakan komponen yang sangat penting bagi suatu sepeda, tidak terkecuali sepeda gunung atau MTB. Tanpa adanya frame, tentunya komponen-komponen sepeda yang lain tidak dapat dirangkai menjadi satu kesatuan. Selain itu, frame juga seringkali menjadi faktor penentu kenyamanan dan performa sepeda saat dipakai.

Dulu, frame sepeda lazim dibuat dari bahan besi. Namun saat ini, seiring dengan perkembangan zaman, frame sepeda tidak hanya dibuat dari besi. Ada beberapa bahan juga sudah digunakan untuk membuat frame sepeda. Nah, berikut ini jenis-jenis frame sepeda yang banyak beredar di pasaran berdasarkan bahan pembuatnya.

Jenis Frame Sepeda

  • Hi-ten steel atau besi, merupakan bahan pembuat frame yang paling populer. Sifat besi yang kuat serta mudah dibentuk dan disatukan membuat material dipilih menjadi bahan pembuatan frame sepeda. Namun, frame besi punya bobot yang berat. Bobot yang berat seringkali menjadi kendala karena akan mengurangi kecepatan sepeda saat dikayuh. Selain itu, sifat besi yang mudah korosi juga membuat frame ini harus dibersihkan setiap saat.
  • Chromoly, merupakan campuran dari chromium dan molybdenum sehingga bisa disebut chromoly. Material ini mirip dengan steel (baja), namun lebih ringan dan agak sulit berkarat dari baja biasa. Jika dibandingkan dengan alloy atau hi-ten steel, chromoly adalah yang paling berat, namun mempunyai kelenturan dan kekuatan yang lebih dibandingkan dengan alloy dan hi-ten steel.
  • Alloy atau aluminium, memiliki kualitas frame yang lebih ringan dibandingkan dengan steel dan chromoly. Frame ini dikategorikan di level menengah. Sayangnya, untuk tingkat ketahanan, alloy hanya bisa bertahan sekitar 5 hingga 10 tahun. Setelah itu, Ada harus mengganti frame dengan yang baru. Untuk warna dasar alloy adalah silver dan abu-abu.
  • Carbon fiber, merupakan serat yang berukuran diameter antara 5 hingga 10 mikrometer, dengan penyusunnya didominasi oleh atom karbon. Pada industri sepeda, biasanya serat ini ditenun menjadi kain, dan kain carbon ini dapat mengeras dan memiliki kekuatan yang baik jika dilakukan treatment khusus terhadapnya.
  • Titanium, termasuk jenis frame yang paling mahal karena bahannya yang ringan, kuat seperti baja, tahan terhadap karat, dan langka. Warna dasar frame dari titanium ini adalah abu-abu. Biasanya, yang memakai frame sepeda dari bahan titanium adalah para pembalap professional.

Saat ini, sudah banyak produsen yang menjual sepeda jenis di pasaran, dengan beragam harga. Namun, jika Anda memiliki hobi merakit sepeda, tidak ada salahnya untuk merakit sepeda MTB Anda sendiri. Sebagai informasi, berikut kami sajikan update terbaru harga frame sepeda MTB merk United di pasaran dalam negeri.

Tipe Frame Sepeda United – (www.lazada.co.id)

Harga Frame United

Tipe Frame Harga
Frame United Avand 26 Rp600.000 – Rp800.000
Frame United 26 078 Rp640.000
Frame United Monanza 2.00 Alloy 26 Rp750.000
Frame United 26 Dominate 079L Rp938.000
Frame United 26 Miami FX77 Rp945.000
Frame United 27.5 M2.0 650B Rp1.250.000
Frame United SL7 LTD 27.5 Rp1.550.000 – Rp1.725.000
Frame United Ally SL7 650B Inner Cable Rp1.750.000
Frame United Venus XC77 Rp1.773.000
Frame United Patrol 411 Rp3.600.000
Frame United 27.5 Aveiro 1.0 Rp5.504.000
Frame United Patrol C073 Carbon Rp11.790.000 – Rp14.650.000

Harga frame sepeda merk United di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan sepeda dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada cenderung turun. Harga frame United 27.5 Aveiro 1.0 misalnya, awalnya Rp5,844 juta dan sekarang menjadi Rp5,504 jutaan. Sementara itu, harga frame United 26 Miami FX77 yang semula Rp1,1 juta dan saat ini turun menjadi Rp945 ribuan.

(Panca)

Pos terkait