Info Terbaru Harga Axe-FX II, Preamp Canggih untuk Bermain Gitar

Selain guitar tuner, salah satu perangkat yang wajib dimiliki para gitaris atau pemain gitar adalah efek atau preamp. Perangkat ini digunakan untuk menghasilkan suara yang diingini para gitaris, mulai lembut atau soft, tebal, hingga meraung.  Saat ini, sudah banyak merek dan efek gitar yang beredar di pasaran. Dan, salah satu yang cukup digemari adalah Axe-FX II, yang dijual dengan harga lumayan mahal.

Spesifikasi dan Harga Axe-FX II

Axe-FX II merupakan salah satu efek gitar yang diproduksi oleh Fractal System. Dalam resminya, Fractal Audio menyebut Axe-FX II sebagai all-in-one preamp atau efek yang mencakup ratusan koleksi suara, mulai vintage hingga modern, speaker cabs, sampai efek studio, sehingga cocok untuk mereka yang doyan bereksplorasi dengan gitar.

Perangkat ini diklaim mampu menampilkan suara yang akurat dan “nyata”, baik ketika digunakan di dalam studio atau di panggung terbuka. Axe-FX II menawarkan kekokohan dan fleksibilitas sekaligus kebebasan yang lebih besar dibandingkan amplifier atau efek gitar pada umumnya. Meski mengusung mutakhir, namun perangkat ini masih mudah dioperasikan, baik untuk gitaris pemula sekalipun.

Axe-FX II - en.audiofanzine.com

Axe-FX II - en.audiofanzine.com

Suara yang keluar dari kabinet ini terasa sangat natural dan nyaris tidak terdengar seperti keluaran digital. Preset high gain ala Mesa, crunch garing model Marshall, suara clean ala Fender, dan banyak model lain, semuanya mewakili karakter masing-masing dengan baik. Di samping itu, dynamic respon Axe-FX II juga mumpuni. Dengan mengurangi volume saja, gitaris sudah mendapat suara “clean” yang bersih atau sound sengau yang sangat manis.

Modeling amplifier yang ada di Axe-FX II hampir semuanya adalah amplifier tabung, kecuali jazz chorus. Meski demikian, ketika dicoba dengan menaikkan volume dengan menurunkan level global, hasilnya benar-benar memuaskan. Volume control pada perangkat ini memang memegang peranan penting dalam output sound.

Secara umum, jika dibandingkan dengan amplifier model lain, Axe-FX II keluaran Fractal Audio bisa dikatakan memiliki yang jauh lebih baik. Perangkat ini juga mampu disandingkan dengan amplifier tabung yang memiliki banyak efek dan -fitur lainnya, meski menurut sebagian orang yang sangat ‘tone purist’ mungkin masih lebih baik amplifier model tabung.

Ax-FX II juga menawarkan sejumlah fitur konektivitas USB. Terhubung ke Mac atau PC Anda, ia menjadi Audio Interface 2x4 dengan MIDI berkecepatan tinggi 1x1. Ini memungkinkan Anda untuk merekam output olahan utama dan sekaligus menangkap lagu ‘kering’ untuk pengulangan ulang. Anda juga bisa memonitor atau mengolah track audio komputer dengan Ax-FX II. 1x1 kecepatan tinggi MIDI-over-USB menghilangkan kebutuhan akan antarmuka MIDI yang terpisah dan membuat pengeditan dengan Ax-Edit lebih mudah dari sebelumnya.

Karena dibekali spesifikasi mumpuni, tidak mengherankan jika harga yang dipatok untuk amplifier Axe-FX II memang agak sedikit mahal. Ketika pertama kali dirilis, efek gitar ini ditawarkan mulai USD 2.900 atau sekitar Rp39 jutaan. Sementara, bekasnya masih dijual di kisaran Rp15 jutaan hingga Rp20 jutaan per unit. Di situs eBay, bekas perangkat ini malah masih dijual di kisaran 2.499 dolar AS.

Model Axe-FX II XL+

Selain model , Fractal Audio juga melepaskan varian Axe-FX II XL+. Di dalam situs resmi perusahaan, Axe-FX II XL+ dikatakan sebagai prosesor preamp atau efek utama all-in-one. Perangkat ini berisi persediaan virtual yang luas dari ratusan amplifier gitar vintage dan modern, lemari speaker, stomp box gitar dan efek studio, dan banyak lagi.

Preamp ini secara akurat menciptakan suara dan nuansa amplifier tabung dan dapat ‘menyuarakan nada’ suara amp live atau rekaman Anda. Axe-FX II XL+ sangat ideal untuk penggunaan panggung dan studio, dengan konstruksi heavy-duty dan desain suara ultra rendah yang berkualitas tinggi. Axe-FX II XL+ juga memiliki suara yang luar biasa dengan kekuatan dan fleksibilitas yang tak tertandingi, menawarkan banyak perbaikan pada amplifier dan efek gitar tradisional, termasuk bobot yang sangat ringan, kontrol suara yang presisi, integrasi komputer, kemungkinan desain rig yang sangat sederhana, dan banyak lagi. Meski memiliki teknologi canggih, mesin ini juga sangat mudah digunakan.

Axe-FX II - en.audiofanzine.com

Axe-FX II - en.audiofanzine.com

Axe-FX II XL+ dapat dikontrol sepenuhnya dari panel depan melalui kenop, tombol, dan layar LCD backlit yang besar. Tombol VALUE besar digunakan untuk sebagian besar pengaturan perubahan, sementara empat tombol QUICK CONTROL yang lebih kecil memberi Anda akses langsung ke parameter tambahan, termasuk SCENES. SCENES memungkinkan masing-masing 768 preset mengandung 8 kombinasi efek atau on-off, amp XY ‘channel’ pilihan yang berbeda, dan banyak lagi.

Baca juga  Update Harga Keyboard Merek Casio (Arranger, Synthesizer, Workstation)

Persamaannya cukup sederhana; lebih banyak kekuatan sama dengan kemampuan suara yang lebih baik, dengan kedalaman, detail, dan dimensi yang lebih dalam. Ax-FX II diklaim sebagai prosesor gitar all-in-one yang paling kuat di dunia, dengan dua perangkat Analog Devices TigerSHARC DSPs yang seringkali menghasilkan kekuatan mentah dari. Salah satu yang didedikasikan semata-mata untuk amp modeling, sementara yang lain menangani efek dan pengolahan lainnya.

Perusahaan menggunakan kekuatan ini untuk penggunaan yang baik, memodelkan secara terpisah bagian preamp dan power amp. Preamps dengan susah payah dimodelkan, biasanya dengan semua kontrol yang sama seperti amplifier asli. Pabrikan juga memodelkan seluruh bagian tenaga termasuk tabung, transformer, tutup saringan, dan banyak lagi. Hasilnya menakjubkan; bass bersuara besar, namun kencang, mid kuat, dan semua ‘nuansa’ yang membuat bermain amp sangat menyenangkan.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Axe-FX II, Preamp Canggih untuk Bermain Gitar"