Update Harga Ford Laser Ghia Seken (Bekas) di Pasaran

Jika Anda penggemar -mobil lawas, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Ford Ghia. Ini merupakan generasi kedua dari seri Ford Laser yang sempat mengaspal di Tanah Air sekitar pertengahan 1980-an hingga 1990-an silam, bersamaan dengan Ford Laser GL dan Ford Laser TX3. Kala itu, berdesain hatchback ini banyak digunakan sebagai armada taksi. Sekarang, Anda bisa mencari bekas atau seken kendaraan tersebut dengan mulai belasan juta rupiah per unit.

Spesifikasi Ford Laser Ghia

Ford Laser Ghia - commons.wikimedia.org

Ford Laser Ghia - commons.wikimedia.org

Jika kita membahas Ford Ghia, kita tentunya juga harus mengulik tentang Ford Laser sebagai ‘induk semang’ mobil tersebut. Ford Laser merupakan kendaraan kompak yang dijual Ford di Asia, Oceania, dan beberapa negara di kawasan Amerika Selatan dan Afrika. Secara umum, mobil ini hadir dalam sedan dan hatchback, meski ada juga yang meluncur dalam bentuk convertible, wagon, dan pick-up di beberapa .

Ford Laser sendiri adalah versi pembaruan dari model Familia/323 yang diproduksi oleh Mazda di Jepang dari tahun 1980 dan seterusnya. Ford sebelumnya telah mengakuisisi 25 persen saham di Mazda pada tahun 1979, yang memungkinkan pabrikan tersebut melakukan produksi dan penjualan untuk pasar Asia dan Oceania dengan lebih efektif dan efisien.

Karena berbagi platform dan perakitan dengan Mazda Familia yang diproduksi secara lokal di Jepang, membuat Ford Laser dipasarkan dengan , cat, dan trim yang tidak tersedia di tempat lain di dunia. Hal tersebut terlihat selama era 1980-an, dengan kemunculan beberapa varian turbocharged, body-shell unik seperti cabriolet, dan varian 4WD.

Generasi pertama Ford Laser sendiri pertama kali diperkenalkan di Australia pada bulan Maret 1981, yang kala itu sebagai KA Laser. Dibangun di bawah lisensi dari Mazda, model ini tersedia sebagai hatchback, dengan variasi tiga pintu dan lima pintu. Kemudian, varian sedan empat pintu menyusul sebagai Ford Meteor (di pasar Indonesia lebih populer dengan sebutan seri GL). Awalnya, generasi pertama dihadirkan dalam mesin berkapasitas 1,3 liter, yang kemudian ditambahkan versi 1,5 liter, bahkan pada akhirnya diluncurkan model turbocharged.

Pada bulan Januari 1985, generasi kedua Ford Laser mulai dirilis di pasar Negeri Matahari Terbit, yang diawali dengan seri BF. Kendaraan ini merupakan desain ulang dari Ford Laser generasi pertama, dan untuk pertama kalinya, versi mesin diesel ditawarkan di pasar Jepang, serta varian cabriolet dua pintu, varian sport dengan mesin DOHC 16 katup, serta model turbo mesin DOHC yang mampu meletupkan tenaga maksimal 140 PS (identik dengan Mazda Familia BFMR).

Ford Laser Ghia 1.3 buatan 1985 (sumber: Wikipedia)

Ford Laser Ghia 1.3 buatan 1985 (sumber: Wikipedia)

Model ini kemudian ditambahkan ke lini produk Jepang yang sangat berbelit-belit, yang kemudian disederhanakan pada tahun 1987 dengan refresh model mid-life (seri KE di pasar lain). Peremajaan ini menurunkan mesin E-series yang mendukung semua seri B yang baru, sedangkan varian dengan penjualan yang lebih buruk dihentikan, dan perubahan kecil dilakukan pada gaya eksterior dan trim interior.

Selain Jepang, negara Asia lainnya yang pernah disambangi Ford Laser generasi kedua adalah Thailand, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Taiwan, dan Indonesia, dengan trim dan spesifikasi yang berbeda-beda untuk masing-masing negara. Khusus di Tanah Air, Ford Laser generasi kedua tersedia mulai akhir tahun 1985 dengan membawa mesin berkapasitas 1.296cc yang mampu meletupkan daya 50 kW (60 PS). Model yang dikenal dengan trim GL ini mengusung desain hatchback lima pintu atau bodywork empat pintu.

Selain itu, di pasar Indonesia, diluncurkan juga Ford Laser Ghia yang membawa mesin berkapasitas lebih besar, yaitu 1,5 liter, yang telah didukung dengan fitur seperti power window, electric mirror, real wiper, dan power steering (mulai 1988). Sementara, varian Ford Laser TX3 membawa mesin berkapasitas 1,6 liter injeksi, yang secara umum memiliki kesamaan dengan Mazda.

Sayangnya, pada tahun 1989, pabrikan asal AS memutuskan menghentikan produksi Ford Laser Ghia. Sebagai gantinya, perusahaan ini merilis varian Ford Laser Gala dan Ford Laser Sonic. Kedua model ini secara umum memiliki bodi yang sama persis. Namun, jika Ford Laser Gala dibekali dengan mesin berkapasitas 1,6 liter, full power steering, power window, dan electric mirror, maka Ford  Laser Sonic membawa mesin berkapasitas 1,5 liter tanpa kehadiran semua fitur elektronik tersebut.

Kelebihan Ford Laser Ghia

Secara umum, salah satu kelebihan semua varian Ford Laser adalah memiliki harga yang terjangkau. Hasil pencarian di situs jual beli mobil bekas, dengan uang maksimal Rp35 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan sedan Ford Laser Champ bekas. Sementara, untuk model Ford Laser Gala, harga bekasnya sekitar Rp30 jutaan dan untuk mendapatkan varian Ford Laser Sonic, cukup mengeluarkan modal Rp20 jutaan.

Ford Laser Ghia buatan tahun 1990 (youtube: Liam Allen)

Ford Laser Ghia buatan tahun 1990 (youtube: Liam Allen)

Di samping itu, karena memiliki bodi dan desain yang sama dengan kendaraan Mazda, maka part Ford Laser Ghia bisa ditambal sulam dengan milik kendaraan tersebut, selain juga dapat disandingkan dengan part milik mobil merek Timor. Untuk part bodi dan lampu, masih mudah dicari di kota-kota besar, tetapi sedikit sulit jika part itu kepunyaan Ford Laser Sonic.

Harga Ford Laser Ghia

Tahun ProduksiHarga Bekas
1986Rp25.500.000
1987Rp22.000.000
1988Rp11.000.000 – Rp15.000.000
1990Rp37.000.000
1991Rp30.000.000

Harga Ford Laser Ghia di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli mobil second dan situs jual beli online. Harga Ford Laser Ghia tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah, tergantung kondisi kendaraan yang bersangkutan serta kesepakatan antara penjual dan pembeli.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Kisaran Harga Honda Grand Civic LX Bekas
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Ford Laser Ghia Seken (Bekas) di Pasaran"