Info Terbaru Harga Food Processor Vienta (Flexie Tritan & Genio)

Seiring perkembangan teknologi, alat masak rumah tangga terbilang semakin canggih. Setelah kehadiran blender yang begitu praktis digunakan, kini food processor cukup menyita banyak perhatian ibu rumah tangga. Dari banyak produk di pasaran, food processor Vienta varian Flexie Tritan dan Genio dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang menginginkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Food Processor (sumber: s-energy24.ru)
Food Processor (sumber: s-energy24.ru)

Sebelumnya, food processor tampaknya menjadi salah satu alat masak yang tengah hits di kalangan ibu rumah tangga muda. Bagaimana tidak, penggunaannya yang lebih unggul dari blender membuat sebagian orang beralih memakainya. Perbedaan dua alat penghalus ini yakni terletak pada hasil makanan. Pada hasil pelumatan bahan makanan di food processor, sari buah atau sayuran dapat langsung dikonsumsi tanpa memerlukan proses penyaringan terlebih dulu.[1]

Bacaan Lainnya

Food processor juga dikenal dengan nama juice extractor yang memiliki dua tipe, di antaranya sentrifugal dan masticating. Perbedaan utama dua tipe juice extractor ini terletak pada proses penyiapan bahan. Untuk juice extractor tipe sentrifugal, bahan-bahan yang akan dijus harus dipotong kecil-kecil terlebih dulu dalam wadah plastik dengan kecepatan sangat tinggi. Hasilnya, ampas dan sari jus akan terpisah satu sama lain.

Berbeda dengan juice extractor bermesin masticating, yang akan menggiling halus semua bahan yang dimasukkan ke dalam wadah tanpa harus memotong-motongnya terlebih dulu. Sari jus akan dikeluarkan melalui sebuah saringan (screen set) ke bagian bawah mesin. Kelemahan jus yang diproses dengan menggunakan juice extractor yaitu serat yang dihasilkan dalam jus lebih sedikit dibandingkan menggunakan blender.

Nah, salah satu brand food processor ternama di pasaran adalah Vienta. Vienta sendiri merupakan produk peralatan rumah tangga yang diluncurkan oleh PT Blue Gas Indonesia pada tahun 2006 silam. Ada dua macam food processor dari Vienta, yakni Flexie Tritan dan Genio.

Menurut review di internet, food processor Vienta Flexie Tritan dinilai sebagai produk berkualitas dengan banyak keunggulan. Setiap pelanggan mendapatkan petunjuk pemakaian dan kartu garansi yang menjamin mutu food processor. Produk ini juga dilengkapi dengan saringan yang membuat alat ini begitu praktis digunakan.

Tak kalah bagusnya dengan food processor Vienta Flexie Tritan, food processor Vienta Genio juga termasuk produk yang berkualitas dan dilengkapi dengan petunjuk serta kartu garansi. Produk ini diklaim mudah digunakan dan dibersihkan.

Dua produk dari Vienta memiliki banyak pisau dengan masing-masing kegunaan, mulai dari mengiris hingga menghaluskan bahan makanan. Pisau yang berupa piringan digunakan untuk mengiris bahan makanan. Pisau ini memiliki 3 piringan yang dapat digunakan bolak-balik menjadi 6 variasi. Setidaknya terdapat 7 perangkat pada paket box food processor Vienta, yaitu mixer, blender, chopper, slicer, shredder, grinder, dan mincer.

Spesifikasi Food Processor Vienta Flexie Tritan

Model FPF-TRT
Berat Bersih 5,9 kg
Daya Motor Listrik 800 w
Tegangan/Frekuensi 220 V/50 Hz
Jug, Bowl & Grinder Cup Material Polimer PCTG dan Food Grade
Kapasitas jug & bowl 1 L
Garansi Motor Listrik 24 bulan
Material BPA free, kuat lentur, tahan panas, tahan reaksi bahan kimia dan bening
Food Processor Vienta Flexie Tritan (kiri) & Vienta Genio

Spesifikasi Food Processor Vienta Genio

Model FP-Genio
Berat Bersih 5,9 kg
Daya Motor Listrik 460 w
Tegangan/Frekuensi 220 V/50 Hz
Jug, Bowl & Grinder Cup AS Transparan Food Grade
Kapasitas jug & bowl 1 L
Material BPA free, kuat lentur, tahan panas, tahan reaksi bahan kimia dan bening

Sekadar info, Tritan sebelumnya merupakan merk dagang material plastik yang biasa digunakan untuk wadah karena aman untuk makanan dan minuman. Nama materialnya adalah Polimer PCTG (Poly Cyclohexylene-2 Methylene Terephthalate Glycol) yang dikembangkan oleh Eastman Company, USA. Tak heran jika food processor dari Vienta ini terbilang ringan selama pemakaian.

Harga Food Processor Vienta

Varian Food Processor Vienta Harga
Food processor Vienta seri Flexie Genio Rp2.289.000
Food processor Vienta seri Flexie Tritan Rp2.410.000

Harga Food Processor Vienta di atas telah kami rangkum dari website resminya dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga Food Processor Vienta tahun hingga 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Vienta seri Flexie Tritan yang dijual dengan harga Rp1,9 jutaan tahun 2020, naik menjadi Rp2,2 jutaan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp2,4 jutaan tahun 2022.

Sebagai referensi tambahan, Anda dapat mempertimbangkan sejumlah merk food processor lainnya, seperti food processor dari Cosmos yang terbilang paling murah dari produk lainnya dengan harga Rp236.000 hingga Rp255.000 tahun 2021. Harganya naik menjadi Rp260.000 hingga Rp275.000 tahun 2022.

Sementara, food processor merk Mitochiba ditawarkan mulai harga Rp469.000 sampai Rp600.000 di tahun 2021, naik menjadi Rp465.000 hingga Rp629.000 tahun 2022. Sedangkan Philips dijual dengan rentang harga Rp799.000 hingga Rp950.000 tahun 2021, naik menjadi Rp879.000 hingga Rp950.000 tahun 2022.

Nah, untuk produk food processor dari Signora terbilang cukup mahal di pasaran, sekitar Rp789.000 sampai Rp1.780.000 di tahun 2021. Harganya naik menjadi Rp838.000 hingga Rp1.880.000 tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Wirakusumah, Emma. 2007. 202 Jus Buah dan Sayuran. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm. 64.

Pos terkait