Harga Focusrite Scarlett 2i2 (Gen 1, Gen 2, Gen 3, Studio Pack)

Untuk mendapatkan hasil rekaman audio yang baik, tentu saja diperlukan peralatan yang baik pula. Nah, jika Anda saat ini sedang bingung mencari peralatan recording yang memadai, mungkin Focusrite Scarlett 2i2 bisa menjadi pilihan yang menarik. Dengan harga yang dapat dikatakan kompetitif, produk ini diklaim ideal untuk simultaneously recording vokal maupun gitar.

Focusrite Scarlett 2i2 (sumber: calebwojcik.com)
Focusrite Scarlett 2i2 (sumber: calebwojcik.com)

Seperti diketahui, rekaman menjadi salah satu pondasi dalam dunia hiburan, salah satunya musik. Sudah sejak lama musik menggunakan jasa rekaman suara. Rekaman suara menjadi salah satu dasar utama musisi maupun music artist dalam mempertanggungjawabkan karya-karya mereka kepada khalayak ramai.[1]

Bacaan Lainnya

Untuk kebutuhan ini, memang diperlukan seorang audio engineering yang mumpuni. Namun, sebagus-bagusnya sound engineering, mereka tidak dapat bekerja secara maksimal jika tidak ditunjang dengan peralatan yang memadai. Untung saja, saat ini ada banyak pilihan peralatan recording audio yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Nah, jika Anda kebetulan membutuhkan perangkat yang komplet tetapi praktis, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada Focusrite Scarlett 2i2.

Baca juga  Update Harga Juicer Vaganza 5-in-1

Review Focusrite Scarlett 2i2

Dilansir dari situs resminya, hadir di meja komunitas musisi, produser, dan home-recordist global yang besar, Scarlett 2i2 dari Focusrite diklaim  telah membantu membuat lebih banyak rekor daripada antarmuka lainnya dalam sejarah. Dua preamp microphone-nya diklaim punya performa terbaik yang pernah didengar, untuk miking gitar atau merekam vokal, sedangkan dua input instrumen headroom tinggi berguna mencolokkan gitar atau bass Anda langsung. Sementara itu, converter performa tinggi memungkinkan Anda merekam, mencampur, dan memutar audio dalam kualitas studio di mana saja.

Menurut ulasan Plaza Kamera, kedua preamplifier mikrofon Scarlett 2i2 yang lebih baik menampilkan switchable phantom power dan selectable Air circuit, yang menambah kecerahan berdasarkan Focusrite’s legendary ISA preamplifier. Dua input combo XLR-1/4 inch juga dapat menerima level instrumen yang tidak seimbang dari gitar, bass, synthesizer, atau mesin drum, atau balanced line level dari mixing atau preamp outboard.

Converter 24-bit/192 kHz perangkat ini dikatakan memastikan bahwa sinyal ditangkap dan direproduksi dengan detail dan kejelasan. Pengguna dapat menyambungkan headphone ke jack panel depan 1/4 inch dan menyambungkan speaker aktif ke rear-panel balanced 1/4 inch monitor output, kemudian menikmati kontrol independen dari headphone dan pengaturan volume speaker.

Baca juga  Update Harga Alat Band Studio Lengkap (Baru dan Bekas)

Karena Scarlett 2i2 diaktifkan melalui USB, pengguna juga dapat membawanya ke mana saja yang dapat dituju oleh komputer Mac atau Windows Anda. Bundel perangkat lunak yang luas mencakup perangkat lunak produksi musik, instrumen virtual, efek plug-in, loop, dan lainnya. Jadi, Anda tidak memerlukan ruangan tersendiri untuk merekam Anda atau audio yang Anda rasa menarik.

Fitur Utama Focusrite Scarlett 2i2

Focusrite Scarlett 2i2 (youtube: Full Compass)
Focusrite Scarlett 2i2 (youtube: Full Compass)
  • High-performance converter beroperasi hingga 24-bit/192 kHz resolution.
  • 2 XLR-1/4 inch combo input dengan upgraded third-generation Scarlett microphone preamp.
  • Switchable Air setting reproduces the Air effect of Focusrite’s original ISA microphone preamp untuk vocal recording dengan enhanced brightness dan openness.
  • 2 high-impedance, high-headroom 1/4 inch instrument input enable distortion-free recording untuk gitar dan bass Anda.
  • Dedicated switches change the 1/4 inch input antara unbalanced instrument level dan balanced line level.
  • Independent gain knob dengan gain halo metering membuatnya mudah untuk set input level.
  • Balanced 1/4 inch TRS monitor output memastikan hum-free connectivity dengan balanced studio monitor.
  • Stereo 1/4 inch headphone output.
  • Independent volume control untuk headphone dan monitor output.
  • Direct monitor switch memungkinkan untuk monitor input signal Anda dengan mendekati latency nol.
  • Durable housing yang compact, ringan, dan portable.
  • Powered via USB (tidak diperlukan baterai atau adapter AC).
Baca juga  Update Harga Subwoofer Pioneer 12 Inch (Semua Tipe)

Jika Anda tertarik dengan produk Scarlett 2i2 dari Focusrite ini, tidak sulit menemukan peralatan tersebut. Anda bisa membelinya di berbagai toko alat musik, toko audio system, atau lewat situs jual beli online. Ada yang menjualnya secara terpisah, ada yang menawarkan bundle paket. Berikut kami sajikan kisaran harga Focusrite Scarlett 2i2 di pasaran dalam negeri.

Harga Focusrite Scarlett 2i2

Varian Focusrite Scarlett 2i2 Harga
Focusrite Scarlett 2i2 Gen 1 Rp2.050.000
Focusrite Scarlett 2i2 Gen 2 Rp2.150.000 – Rp2.794.000
Focusrite Scarlett 2i2 Gen 3 Rp2.920.000 – Rp3.448.000
Focusrite Scarlett 2i2 Gen 3 Studio Pack Rp4.930.000 – Rp5.149.000

Harga Focusrite Scarlett 2i2 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan audio dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Focusrite Scarlett 2i2 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga di masing-masing toko juga bisa berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Hermawan, Christopher Adi dan Samuel Hartono. 2014. Fasilitas Rekaman di Kota Malang. Jurnal eDimensi Arsitektur, Vol. II(1): 262-268.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.