Dosis dan Update Harga Flamar Gel

Apakah Anda sering merasa nyeri di bagian lutut? Jika iya, sebaiknya Anda waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi itu adalah salah satu penyakit atau gangguan sendi yang parah. Untuk mengatasi nyeri pada bagian sendi dengan indikasi penyakit kronis, biasanya akan menyarankan Anda untuk membeli Flamar Gel yang harga jualnya tergolong terjangkau.

Ilustrasi: nyeri sendi lutut (sumber: istock)
Ilustrasi: nyeri sendi lutut (sumber: istock)

Indikasi dan Komposisi Flamar Gel

Flamar Gel adalah salah satu obat pereda nyeri akibat gangguan atau penyakit sendi, otot, dan tulang. Dari sekian banyak penyakit tulang atau sendi kronis, obat ini dinilai ampuh untuk mengatasi nyeri akibat osteoarthritis. Osteoarthritis sendiri adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh lansia, dan termasuk salah satu penyakit muskuloskeletal.

Bacaan Lainnya

Penyakit kronis ini menduduki peringkat ke-2 setelah penyakit kardiovaskular. Penyakit yang disebut dengan penyakit sendi degeneratif tersebut ditandai dengan perubahan secara klinis, histologi, dan radiologi pada tulang. Penyakit ini bersifat asimetris, tidak meradang, dan tidak memiliki komponen sistematik.

Osteoarthritis seringkali menyerang bagian lutut dan panggul. Hal ini disebabkan oleh tulang dan sendi di bagian panggul serta tangan yang lebih banyak menopang berat tubuh. Osteoartritis pada panggul dan lutut tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dapat menyebabkan nyeri sendi berlebih, kaku sendi, kelemahan, hingga disabilitas.[1]

Selain dapat mengatasi nyeri akibat osteoarthritis, Flamar Gel memiliki indikasi untuk mengatasi nyeri atau sebagai inflamasi karena trauma pada tendon, ligamen, otot, dan persendian. Flamar Gel juga terbukti dapat meredakan nyeri akibat salah urat, terkilir, memar, rematik jaringan lunak, dan kolumna.

Semua indikasi pada Flamar Gel di atas tentunya tidak lepas dari kandungan atau komposisi obat tersebut. Dalam satu kemasan Flamar Gel, sudah mengandung natrium diklofenak 10 mg. Karena kandungan tersebut, tak heran jika obat ini dapat meredakan rasa nyeri sekaligus mengatasi peradangan pada sendi, tulang, dan otot.

Meskipun termasuk obat topikal, Flamar Gel adalah jenis obat keras, sehingga Anda tidak boleh mengaplikasikannya secara sembarangan. Selain itu, jika Anda mengoleskan Flamar Gel secara sembarangan, bukan manfaatnya yang akan Anda terima, tetapi malah efek sampingnya.

Dosis dan Efek Samping Flamar Gel

Flamar Gel adalah jenis obat yang bisa Anda peroleh menggunakan resep dokter. Obat besutan dari Sanbe Farma tersebut digunakan sesuai petunjuk dokter. Secara umum, obat ini dapat dipakai sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. Sebelum menggunakan Flamar Gel, pastikan Anda membersihkan tangan dan kulit yang akan diobati. Hal ini akan mencegah kandungan Flamar Gel yang dioleskan pada kulit terkontaminasi oleh bakteri atau virus.

Cara memakai obat Flamar Gel terbilang praktis, mengingat ini adalah obat oles atau topikal. Anda hanya perlu mengoleskan secukupnya di atas permukaan kulit dengan sendi, otot, atau tulang yang nyeri. Setelah mengoleskan obat, biarkan Flamar Gel meresap dulu hingga kering, setelah itu Anda baru boleh melakukan aktivitas sehari-hari. Perlu Anda ketahui pula, karena tekstur Flamar Gel yang tidak terlalu padat, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk proses penyerapannya. Selain itu, obat ini juga tidak meninggalkan sensasi lengket atau berminyak di kulit.

Namun, obat ini tidak bisa digunakan oleh semua orang. yang memiliki hipersensitif atau alergi terhadap komposisi Flamar Gel tidak dianjurkan menggunakannya. Selain itu, pasien dengan riwayat penyakit asma, biduran, radang selaput hidung akut atau rhinitis, ibu hamil, dan ibu menyusui juga tidak dianjurkan menggunakan obat ini.

Jika tidak mematuhi aturan atau menggunakan Flamar Gel secara sembarangan, maka ada efek samping yang ditimbulkan. Efek samping akan muncul sesaat setelah menggunakan obat, dengan gejala iritasi radang pada kulit, pruritus, hipersensitif terhadap sinar matahari, fotosensitif, deskuamasi atau pengelupasan pada kulit, dan atrofi.

Flammar Gel (sumber: lazada)

Harga Flamar Gel

Setelah Anda mengetahui indikasi dan cara pemakaian obat Flamar Gel di atas, apakah Anda berminat membelinya? Jika iya, Anda bisa membeli Flamar Gel di apotek terdekat yang saat ini dijual mulai harga Rp24.393 per kemasan isi 20 gr. Harga tersebut sedikit naik dari tahun lalu yang ditawarkan mulai Rp23.598 per kemasan.

Selain Flamar Gel, ada pula beberapa merk obat lain yang dapat meredakan nyeri akibat gangguan atau penyakit sendi, otot, dan tulang. Sebagai bahan referensi, berikut beberapa gel pilihan yang tersedia di apotek beserta harganya sekarang.

Harga Obat Nyeri Sendi Lainnya

Merk Gel Anti Peradangan Harga
Neo Rheumacyl Hot Cr 30 gr Rp15.851
Salonpas Hot Cr 30 gr tube Rp21.249
Voren Gel 20 gr Rp35.123
Aclonac Emulgel 20 gr Rp38.913
Jointfit Roller Gel 35 gr Rp76.087
Voltaren Gel 1% 50 gr Rp240.523

Perlu diingat, harga obat nyeri sendi di atas tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung tempat pembelian. Anda dapat membeli produk tersebut di apotek seperti Apotek K24 dan Kimia Farma.

[Update: Ditta]

[1] Ismaningsih & Iit Selviani. 2018. Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kasus Osteoarthritis Genu Bilateral dengan Intervensi Neuromuscular Taping dan Strengthening Exercise untuk Meningkatkan Kapasitas Fungsional. Jurnal Ilmiah Fisioterapi, Vol. 1(2): 38-46.

Pos terkait