Update Harga Fillet Ayam (500 gr, 800 gr, 1 kg)

No comment5099 views

Memasak dengan bahan ayam memang tidak mudah, apalagi jika Anda membelinya secara utuh. Agar lebih mudah mengolah daging ayam, saat ini sudah banyak produsen bahan makanan yang menawarkan produk fillet ayam. Selain terbilang lebih praktis dimasak, harga fillet ayam juga lebih dibanding daging ayam utuh.

Daging ayam menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk dijadikan bahan harian. Ini karena harganya yang lebih murah dibanding daging sapi, serta mudah didapatkan. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut, para produsen pun menawarkan berbagai produk olahan daging ayam, termasuk fillet ayam.

Ilustrasi: Memasak Daging Ayam (credit: Taste of Home)

Ilustrasi: Memasak Daging Ayam (credit: Taste of Home)

Sama seperti daging ayam, fillet ayam memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga baik untuk kebutuhan nutrisi harian Anda. Fillet ayam sendiri memiliki banyak jenis, yakni paha, kepala, sayap, dan kaki. Nah, dari semua jenis tersebut, kebanyakan orang lebih suka fillet dada ayam, karena diklaim memiliki kandungan lemak lebih sedikit dan cocok untuk diet. Berikut adalah kandungan gizi fillet dada ayam per 100 gram tanpa kulit dan tulang yang sudah dimasak.

Kandungan Gizi Fillet Dada Ayam

  • 25 gr protein
  • 3,2 gr lemak
  • 450 mg natrium
  • 0,5 mg zat besi
  • 0,7 mg zinc
  • 5-10 mg kalsium
  • 23 mcg selenium
  • 330 mg kalium

Dilansir dari ALODOKTER, sekitar 80% kalori dalam dada ayam tersebut berasal dari protein. Hanya 20% kalori pada fillet dada ayam yang berasal dari lemak. Jika dibandingkan dengan bagian ayam lain, seperti sayap, paha, dan kepala, dada ayam memiliki protein dan kalori lebih tinggi, yakni mencapai tiga kali lipat.

Fillet dada ayam juga diklaim sama sekali tidak mengandung karbohidrat, gula, dan serat. Namun, produk ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, folat, kolin, tembaga dan fosfor. Dengan kandungan tersebut, fillet dada ayam memiliki manfaat seperti berikut.

Potongan fillet ayam (sumber: abelandcole.co.uk)

Potongan fillet ayam (sumber: abelandcole.co.uk)

Manfaat Fillet Dada Ayam

  • Dada ayam merupakan salah satu sumber gizi yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian untuk keluarga. Dengan protein yang tinggi, konon makanan ini mampu membantu proses tumbuh kembang anak dan mencegah alzheimer di usia dini.
  • Seperti yang kita ketahui, dada ayam sering dijadikan sebagai diet sehat. Produk ini juga mampu membangun massa otot dengan baik, karena mengandung asam amino tinggi. Asam amino yang diserap tubuh akan membentuk sel-sel dan jaringan tubuh, termasuk jaringan otot. Hal ini pula yang menjadi alasan dada ayam fillet sering dikonsumsi para atlet.
  • Fillet dada ayam diketahui mampu menekan rasa lapar dan nafsu makan, sehingga cocok bagi Anda yang ingin memiliki berat badan ideal. Dengan kandungan protein yang tinggi, kadar peptida dalam tubuh yang membuat perut merasa kenyang meningkat dan menekan produksi hormon ghrelin penyebab lapar. Hal inilah yang akan membuat perut Anda mampu bertahan seharian tanpa makan dengan jeda waktu lama.
  • Seiring bertambahnya usia, tulang akan mudah keropos, apalagi jika tidak diimbangi dengan gizi yang cukup. Untuk mencegah osteoporosis dini, Anda bisa mengonsumsi fillet dada ayam secara rutin. Selain itu, kandungan nutrisi pada dada ayam mampu mencegah kaku sendi saat lansia.
  • Fillet dada ayam juga diketahui mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Pola makan tinggi protein dengan fillet dada ayam dalam tubuh mampu membantu membakar kalori sebanyak 80 kalori lebih banyak per hari. Tentunya hal ini akan lebih optimal jika diimbangi dengan olahraga rutin.
Ilustrasi: Cara Mengolah Ayam Fillet (credit: ambitiouskitchen)

Ilustrasi: Cara Mengolah Ayam Fillet (credit: ambitiouskitchen)

Ciri Fillet Ayam Premium dan Cara Mengolahnya

Tidak semua fillet ayam yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang baik dan segar. Ini karena kebanyakan fillet ayam diproses dalam waktu yang cenderung lama. Kandungan protein yang tinggi pada fillet ayam dapat mempercepat proses pembusukan. Untuk itu, Anda harus memperhatikan kualitas produk sebelum membelinya.

Baca juga  Harga Konsentrat Sapi, Kambing, dan Domba (Semua Kemasan)

Fillet ayam dapat dikatakan berkualitas baik dan segar jika memiliki potongan yang sempurna dengan pola yang sesuai, daging tebal, tidak ada warna memar pada permukaan daging, memiliki aroma khas daging ayam baru potong, tidak terlalu anyir atau tengik, dan elastis.[1] Anda perlu curiga jika fillet ayam tidak memiliki ciri-ciri tersebut.

Daging ayam yang di-fillet tidak hanya fokus pada bagian dada, meskipun kebanyakan orang menjual fillet ayam dada. Anda juga bisa fillet ayam bagian paha hingga kepala dan kerongkongan. Setelah Anda mendapatkan fillet ayam sesuai kebutuhan dengan kualitas baik, saatnya Anda mengolahnya menjadi berbagai masakan.

Sebagai saran, Anda bisa mencoba membuat ayam goreng karage. Pastikan sebelum membuatnya, Anda menyiapkan 500 gr ayam fillet, 1 butir telur, 5 sendok makan terigu dan maizena, 3 siung putih, 1 ruas jahe, 1 sendok makan perasan air sejuk nipis, 3 sendok makan kecap asin, 1 sendok teh minyak wijen, merica, bubuk cabai, kaldu ayam, dan jamur.

Baca juga  Info Terkini Harga Slime Activator di Pasaran

Setelah semua bahan siap, cuci dan potong ayam fillet, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Parut bawang putih dan jahe, kemudian campur semua bahan, kecuali tepung dan telur ke dalam mangkuk berisi ayam. Marinasi ayam dengan bumbu tersebut selama 30 menit. Siapkan wadah dengan permukaan datar dan masukkan semua jenis tepung serta sedikit garam.

Kocok telur dan celupkan ayam ke dalam tepung satu per satu dan celupkan ke dalam telur. Setelah itu, lumuri lagi ayam dengan tepung dan goreng ke dalam minyak panas berapi sedang. Ulangi proses tersebut hingga semua ayam tergoreng. Ayam karage yang sudah matang siap dihidangkan. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan saus tomat atau saus cabai sesuai selera.

Apakah Anda tertarik mencoba resep di atas? Jika iya, tentu saja Anda harus membeli ayam fillet terlebih dahulu. Sebagai referensi, berikut kisaran harga ayam fillet di pasaran.

Ilustrasi: Olahan Ayam Fillet (credit: ricardocuisine)

Ilustrasi: Olahan Ayam Fillet (credit: ricardocuisine)

Harga Fillet Ayam

Merk/Varian Fillet AyamHarga
Best Meat Semarang Fillet Dada Ayam 500 grRp25.000
AFC Bandung Fillet Dada Ayam 500 grRp27.900
Berkah Chicken Fillet Dada Ayam Organik 400 grRp28.000
Moo Nyayur Fillet Dada Ayam 500 grRp29.900
Bandi the Butcher Fillet Paha Ayam BLP 1 kgRp32.900
Mbak Mira Fillet Dada Ayam 500 grRp34.000
Bandi the Butcher Boneless Fillet Ayam 1 kgRp37.900
Chick’n Rans Frozen Food Fillet Dada Ayam 1 kgRp38.000
Jaya Manufacturing Fillet Dada Ayam/Boneless Dada Ayam (Frozen) 1 kgRp42.000
OK Beef Dada Ayam Fillet 1 kgRp50.000
Belfoods Ayam Goreng Fillet 500 grRp56.900
HalChic Dada Ayam Fillet 1 kgRp65.999
Berkah Chicken Fillet Paha Ayam Organik 800 grRp77.000
Baca juga  Info Terkini Manfaat, Cara Pakai, & Harga Sabun Kojic Kojie San

Perlu Anda ketahui, harga fillet ayam di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk e-commerce. Harga fillet ayam tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga fillet ayam saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, Belfoods Ayam Goreng Fillet 500 gr yang awalnya dijual dengan harga Rp42 ribu, naik menjadi Rp56 ribuan. Sementara itu, Bandi the Butcher Fillet Paha Ayam BLP 1 kg yang awalnya dibanderol Rp38 ribu, turun menjadi Rp32 ribu.

[Update: Almas]

[1] Kusumawati, Dita Nur, dkk. 2018. Moringa Olivera Test as A Natural Preserve of Broiler Chicken Fillet Meat (Gallus Domesticus). Gema Kesehatan Lingkungan, Vol. 16(1): 228-237.

author

Leave a reply "Update Harga Fillet Ayam (500 gr, 800 gr, 1 kg)"