Update Harga Filler Bibir di Klinik Kecantikan

Filler menjadi prosedur kecantikan alternatif yang populer dalam peremajaan wajah karena memiliki downtime singkat.[1] Selain itu, filler berfungsi sebagai salah satu cara untuk menonjolkan bagian wajah tertentu, seperti pipi, hidung, dagu, dan bibir. Sudah tersedia di berbagai klinik kecantikan, harga filler tergantung dari produk yang dipakai.

Ilustrasi: Biaya Filler Bibir (credit: vemergetulsa)
Ilustrasi: Biaya Filler Bibir (credit: vemergetulsa)

Varian Bahan Filler Bibir

Sebelumnya, filler juga disebut sebagai tindakan kosmetik dengan metode injeksi material terapeutik untuk augmentasi jaringan lunak yang berperan dalam membentuk volume dan kontur wajah. Perlu Anda ketahui, filler yang baik dan ideal bersifat tidak alergik, tidak karsinogenik, tidak teratogenik, biokompatibel, tidak bermigrasi, dan dapat diproduksi kembali. Untuk hasil yang optimal, Anda juga harus memilih produk filler yang awet.

Bacaan Lainnya

Seperti yang telah dijelaskan, filler biasa disuntikkan ke bagian wajah yang ingin ditonjolkan dan yang terbilang cukup populer di kalangan remaja adalah bibir. Prosedur yang dilakukan adalah mengisi bagian bibir yang terlihat tipis di bagian dasar kulit. Hal ini akan membuat bibir yang tadinya tipis dan tidak bervolume, menjadi lebih tebal dan berisi.

Dari segala bahan pengisi yang ada, kebanyakan klinik kecantikan menggunakan produk berbahan asam hialuronat. Cairan ini diklaim sebagai material filler yang aman untuk menambah volume di bawah jaringan kulit, dengan potensial imunogenik rendah dan memiliki efek yang berlangsung cukup lama serta mengembang setelah disuntikkan.

Tak hanya itu, asam hialuronat menjadi pilihan banyak orang s karena bersifat tidak toksik (tidak mengandung racun). Meskipun begitu, sebelum menerima suntik filler, Anda harus melakukan cek medis. Prosedur ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap asam hialuronat karena bisa menyebabkan gejala alergi seperti ruam, kemerahan, dan gatal-gatal.

Baca juga  Update Harga Roti Tawar Biasa (Indomaret, Alfamart, Warung)

Dilansir dari halodoc, selain asam hialuronat, bahan filler yang aman adalah kolagen. Kolagen atau lebih dikenal dengan implan lemak adalah metode lain untuk membuat bibir terlihat lebih seksi. Namun, kolagen tidak terlalu sering dipakai seperti asam hialuronat, karena memiliki risiko alergi lebih tinggi dibanding asam hialuronat.

Ilustrasi: Tindakan Filler Bibir (credit: drmovassaghi)
Ilustrasi: Tindakan Filler Bibir (credit: drmovassaghi)

Prosedur Suntik Filler Bibir

Selain mengetahui bahan yang disuntikkan ke bibir, Anda juga harus memahami prosedur filler sebelum melakukannya. Berbeda dengan metode kecantikan alami, filler tergolong prosedur bedah ringan yang dilakukan secara cepat dan harus dikerjakan oleh orang yang sudah profesional seperti dokter kecantikan atau ahli dermatologis.

Sebelum menerima injeksi filler, pasien akan diberikan suntikan obat pada area bibir. Hal ini akan membuat bibir terasa kebas dan mati rasa. Bisa dibilang ini mirip dengan suntikan anestesi, hanya saja lebih ringan dan tidak membuat Anda merasa kesemutan. Setelah Anda merasa kebas di bagian bibir dan area mulut, dokter akan menandai dan menggambar bagian yang akan diisi filler menggunakan pensil. Beberapa juga ada yang menggunakan spidol khusus bedah. Penandaan ini hanya memakan waktu sekitar satu menit.

Setelah menandai area bibir, dokter akan mengikatkan benang di Anda dan menggantungnya untuk membelah bagian tengah bibir. Ini akan membuat hasil akhir filler menjadi lebih natural dan bergelombang seperti bibir pada umumnya. Secara perlahan, bahan filler akan dimasukkan ke dalam spuit dan diinjeksikan ke bibir Anda yang sudah ditandai. Proses ini dilakukan secara berulang kali, karena liquid yang disuntikkan harus dengan dosis yang aman dan tidak bisa secara langsung.

Baca juga  Info Update Harga Asam Sulfat

Setelah pengisian filler selesai, biasanya Anda akan diberi es batu untuk mengompres bagian bibir. Ini bertujuan untuk menghalau rasa nyeri yang datang akibat efek obat anestesi yang mulai habis. Selain itu, es batu bermanfaat untuk mengendalikan pembengkakan dan kemerahan pada bibir setelah filler.

Ilustrasi: Sebelum dan Sesudah Filler Bibir (credit: ibeautyclinic)
Ilustrasi: Sebelum dan Sesudah Filler Bibir (credit: ibeautyclinic)

Efek Samping Filler Bibir

Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah melakukan filler bibir dan biasanya tidak dalam waktu yang lama, antara lain pendarahan di tempat suntikan, bengkak, memar, kemerahan, munculnya luka dingin, dan lepuh demam. Sementara itu, efek samping yang sangat berisiko, di antaranya memar berkepanjangan hingga 10 hari, asimetri bibir, benjolan bibir, dan infeksi.

Bagi Anda yang ingin tampil cantik dengan bibir seksi dan sudah mengerti prosedur filler dengan mempertimbangkan efek sampingnya, pastikan Anda juga sudah mengetahui harganya. Biaya suntik filler tergantung dari obat yang diinjeksikan berikut.

Harga Produk Filler Bibir

Merk/Jenis Produk Filler Bibir Harga
Sardenya Deep Rp600.000
Dermalax Plus Rp590.000
Hyaldew Hyaluronic Acid Filler All Fine Rp700.000
Admedic Kuning No. 2 Rp850.000
Admedic Biru No. 1 Rp850.000
Crystal Life Filler Ultra Rp900.000
RHA 3 Lips Teosyal Rp2.700.000

Harga produk filler bibir di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs beli online. Harga produk pengisi bibir tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Tips Perawatan dan Update Harga Kompor Portable HI-COOK

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga produk filler bibir tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Crystal Life Filler Ultra yang dibanderol Rp850 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp900 ribu tahun 2022. Sementara itu, berikut referensi biaya filler di beberapa klinik kecantikan di Indonesia.

Ilustrasi bibir cantik terawat (sumber: medium.com)
Ilustrasi bibir cantik terawat (sumber: medium.com)

Biaya Filler Bibir

Nama Klinik Kecantikan Alamat Klinik Kecantikan

 

Biaya Filler per Orang
DeA Mirabelle Skin Care & Beauty Center Jl. KH Noer Alie No. 10 Kalimalang, Bekasi Barat Rp2.565.000
Arsy Beauty Sanctuary Jl. Parkit II No. 2, Rengas, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten Rp2.755.000
Natasha Skin Clinic Center Jl. Soekarno Hatta PTP II No. Kav. 5-6, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur Rp3.000.000 – Rp6.000.000
Beauderm Aesthetic Clinic Ruko Mall of Indonesia Blok L-10, Kelapa Gading, Jakarta Rp4.000.000 – Rp7.000.000
BMC Nusa Dua Bali Jl. Nusa Dua, Benoa, Badung, Bali Rp4.950.000

Biaya filler bibir di klinik kecantikan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga prosedur filler bibir tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, biaya filler bibir di klinik kecantikan tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, tarif filler bibir di DeA Mirabelle Skin Care & Beauty Center Rp2.550.000 tahun 2021, naik menjadi Rp2.565.000 tahun 2022.

[1] Indira, IGAA Elis. 2017. Satu Kasus Injeksi Filler Asam Hialuronat pada Lipatan Nasolabial (Skripsi). Program Pendidikan Dokter Spesialis I Bagian/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran UNUD/RSUP Sanglah Denpasar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.