Update Harga Fiesta Nugget di Indomaret dan Alfamart

Nugget, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini? Produk ini sering dipilih karena terbilang praktis dan punya rasa yang lumayan untuk bersantap. Di pasaran sendiri, olahan daging tersebut sudah tersedia dalam berbagai merk, dan salah satu yang sering direkomendasikan adalah Fiesta. Hadir dalam banyak varian serta rasa yang cukup menggoda, harga nugget Fiesta ternyata dapat dikatakan masih cukup terjangkau.

Sajian olahan Fiesta Nugget (sumber: shopee)
Sajian olahan Fiesta Nugget (sumber: shopee)

Dilansir dari berbagai sumber, nugget adalah suatu bentuk produk olahan daging yang terbuat dari daging giling yang dicetak dalam bentuk potongan empat persegi dan dilapisi dengan tepung berbumbu (battered and breaded).[1] Nugget diklaim pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat sebagai makanan yang praktis dan cepat saji, sesuai dengan aktivitas masyarakat yang padat.[2]

Bacaan Lainnya

Selama ini, nugget memang dikenal sebagai salah satu bentuk produk makanan beku siap saji, yakni produk yang telah mengalami pemanasan hingga setengah matang (precooked), lalu dibekukan.[3] Produk beku siap saji ini cuma memerlukan waktu penggorengan selama 1 menit pada suhu 150 derajat Celcius, sehingga sangat praktis.

Umumnya, daging yang digunakan untuk membuat nugget adalah daging ayam, sehingga sering disebut sebagai chicken nugget.[4] Namun, seiring dengan inovasi yang kian berkembang, nugget tidak hanya dapat dibuat dari daging ayam. Banyak juga yang menggantinya dengan daging ikan patin, bahkan jamur tiram putih dan jantung pisang.

Jika Anda hendak membuat nugget, setidaknya Anda harus melakukan lima tahapan agar nugget yang dihasilkan bisa maksimal. Lima tahapan membuat nugget antara lain penggilingan yang disertai pencampuran bumbu, es, dan bahan tambahan; pengukusan dan pencetakan; pelapisan perekat tepung; pelumuran tepung roti; penggorengan awal dan pembekuan.[5]

Cara Membuat Nugget

  • Penggilingan daging, diusahakan pada suhu di bawah 15 derajat Celcius, yakni dengan menambahkan es ketika menggiling daging. Proses ini bertujuan untuk mencegah denaturasi protein aktomiosin oleh panas. Air es digunakan untuk mempertahankan temperatur selama pendinginan karena saat proses menggiling, terjadi gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan panas.
  • Pengukusan, menyebabkan terjadinya pengembangan granula-granula pati yang disebut dengan gelatinisasi.
  • Batter, adalah campuran yang terdiri dari air, tepung pati, dan bumbu-bumbu yang digunakan untuk mencelupkan produk sebelum dimasak. Batter yang digunakan berupa tepung halus dan berwarna putih bersih serta tidak mengandung benda-benda asing.
  • Breaded, merupakan bagian yang paling penting dalam proses pembuatan produk pangan beku dan industri pangan, termasuk nugget. Proses ini dapat membuat makanan menjadi renyah, enak, dan lezat.
  • Penggorengan awal (pre-frying), adalah langkah yang terpenting dalam proses aplikasi batter dan breading. Tujuan penggorengan awal adalah untuk menempelkan perekat tepung pada produk sehingga dapat diproses lebih lanjut dengan pembekuan, selanjutnya didistribusikan kepada konsumen. Penggorengan awal akan memberikan pada produk, membentuk kerak pada produk setelah digoreng, memberikan penampakan goreng pada produk serta berkontribusi terhadap rasa produk.
Baca juga  Update Harga Produk SK-II Berbagai Varian

Memang, membuat nugget sendiri membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, terlebih jika Anda kurang terampil memasak. Untungnya, untuk memudahkan para ibu rumah tangga dan mereka yang tidak ingin repot, saat ini sudah tersedia banyak merk nugget dalam kemasan dan dijual bebas di pasaran, termasuk Fiesta.

Sajian olahan Fiesta Nugget (twitter: @fiestanugget)
Sajian olahan Fiesta Nugget (twitter: @fiestanugget)

Varian Nugget Fiesta

Fiesta merupakan produk nugget buatan PT Charoen Pokphand Indonesia, sebuah perusahaan  di bidang industri pengolahan makanan berbahan baku ayam yang sudah eksis sejak tahun 1997 silam. Awalnya memiliki pabrik di daerah Cikande, Serang, sekarang perusahaan tersebut sudah membuka pabrik lainnya di Surabaya pada tahun 2006 dan Salatiga pada tahun 2010.

Fiesta nugget sendiri telah hadir dalam banyak varian rasa. Jika Anda ingin menyantap rasa ayam original, bisa mencoba Fiesta Chicken Nugget atau Fiesta Stikie. Selain itu, ada pula Fiesta Karage, Fiesta Schnitzel, Fiesta Nugget Dino, Fiesta Nugget Happy Star, Fiesta Chicken Tofu, hingga Cheesy Lover dengan bagian dalam berisi keju dan smoked chicken breast.

Baca juga  Update Harga Menu Sushi Tei dan Promo Menariknya

Review Nugget Fiesta

Nugget ini memiliki tekstur yang agak kenyal, dengan cita rasa yang dikatakan gurih yang kuat, serta tekstur daging ayam yang masih terasa, diperkaya dengan aroma dan bumbu yang lebih dominan. Sebagai perbandingan, nugget Champ, yang juga produk buatan pabrikan yang sama, rasanya lebih asin ditambah dengan sentuhan rasa manis, serta punya tekstur lebih berserat menyerupai daging ayam.

Jika Anda menelusuri sejumlah situs online, nugget Fiesta buatan PT Charoen Pokphand Indonesia seringkali direkomendasikan dan menjadi salah satu yang terbaik di pasaran dalam negeri. Bahkan, tidak sedikit yang mengatakan bahwa merk ini sebagai rajanya produk makanan beku di Indonesia. Sudah tersedia dalam berbagai varian, rasa yang ditawarkan diklaim sangat nikmat, dengan harga yang lumayan terjangkau.

Varian Fiesta Nugget (sumber: fjb.kaskus.co.id)
Varian Fiesta Nugget (sumber: fjb.kaskus.co.id)

Harga Fiesta Nugget di Minimarket

Varian Fiesta Nugget Harga di Indomaret Harga di Alfamart
Fiesta Spicy Nugget 500 gr Rp68.000
Fiesta Chicken Nugget 500 gr Rp72.000
Fiesta Chicken Nugget Stikie 500 gr Rp72.900
Fiesta Chicken Nugget Dino 500 gr Rp79.900

Informasi harga Fiesta nugget di atas kami rangkum dari situs resmi dan aplikasi masing-masing minimarket yang bersangkutan. Perlu diingat, harga Fiesta nugget tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak Indomaret dan Alfamart.

Ilustrasi: Nugget Fiesta (sumber: tasteatlas.com)
Ilustrasi: Nugget Fiesta (sumber: tasteatlas.com)

Harga Fiesta Nugget di Marketplace

Varian Fiesta Nugget Harga
Fiesta Nugget Happy Star 250 gr Rp25.500
Fiesta Spicy Nugget 500 gr Rp48.500
Fiesta Stikie 500 gr Rp49.000
Fiesta Nugget Zoo 500 gr Rp49.500
Fiesta Nugget Cheese 123 500 gr Rp49.500
Fiesta Golden Nugget with Pineapple Sauce 500 gr Rp53.000
FiestaCheesy Lover 500 gr Rp63.500
Fiesta Cheese Chicken With Broccoli 500 gr Rp63.500
Fiesta Nugget Cheese 123 500 gr (2 Pcs) Rp99.000
Fiesta Nugget Pizzabc 500 gr (2 Pcs) Rp99.000
Fiesta Nugget Zoo 500 gr (2 Pcs) Rp99.000
Fiesta Stikie 500 gr (2 Pcs) Rp99.000
Fiesta Nugget Dino 500 gr (2 Pcs) Rp104.000
Golden Fiesta Nugget with Pineapple Sauce 500 gr (2 Pcs) Rp106.000
Fiesta Nugget 500 gr (2 Pcs) Rp108.900
Golden Fiesta Paket Stikie with Sweet Chili Sauce 500 gr (2 Pcs) Rp109.000
Fiesta Mixed Vegetables Nugget 500 gr (2 Pcs) Rp127.000
Fiesta Cheesy Lover 500 gr (2 Pcs) Rp127.000
Fiesta Cheesy Chicken with Broccoli 500 gr (2 Pcs) Rp127.000
Baca juga  Kelebihan dan Update Harga Cover Mobil Toyota Merk Krisbow

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk official store Fiesta di Tokopedia dan Prima Freshmart. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Fiesta di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Fiesta Stikie 500 gr yang semula dijual seharga Rp43 ribu, kini naik menjadi Rp49 ribu per kemasan. Begitu pula harga Fiesta Stikie 500 gr yang naik dari Rp43 ribu menjadi Rp49.500 per kemasan.

Meskipun terbilang praktis dan punya rasa yang enak, ternyata Anda harus hati-hati saat mengonsumsi nugget. Terlalu sering makan produk olahan ini dikatakan dapat merugikan kesehatan tubuh karena dibuat dengan campuran bahan pengawet. Selain itu, rata-rata nugget juga mengandung banyak sodium, tepung gluten, minyak terhidrogenasi, serta TBHQ (Tertiary butylhydroquinone) yang dapat memicu kerusakan hati.

[Update: Ditta]

[1] Maghfiroh, I. 2000. Pengaruh Penambahan Bahan Pengikat terhadap Karakteristik Nugget dari Ikan Patin (Pangasius hypothalamus) (Skripsi). Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan IPB Bogor.

[2] Nurzainah, Ginting dan Namida Umar. 2005. Penggunaan Berbagai Bahan Pengisi pada Nugget Itik Air. Jurnal Agribisnis Peternakan USU, Vol. 1(3): 106-110.

[3] Afrisanti, D.W. 2010. Kualitas Kimia dan Organoleptik Nugget Daging Kelinci dengan Penambahan Tepung Tempe (Skripsi). Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[4] Laksono, M.A., V.P. Bintoro, S. Mulyani, 2012. Daya Ikat Air, Kadar Air, dan Protein Nugget Ayam yang Disubstitusi dengan Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). Animal Agriculture Journal, Vol. 1(1): 685-696.

[5] Aswar. 2005. Pembuatan Fish Nugget dari Ikan Nila Merah (Oreochromis Sp.) (Skripsi). Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan IPB Bogor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *