Update Harga Fender Stratocaster Original

Bagi Anda yang doyan bermusik, pasti sudah tidak asing lagi dengan gitar listrik merk Fender. Ini adalah brand asal AS yang merupakan salah satu produk ternama di bidang instrumen musik, terutama alat petik. Fender sendiri sudah merilis banyak tipe gitar, termasuk yang paling terkenal adalah Stratocaster. Sudah tersedia di banyak alat musik hingga situs jual online, Stratocaster dilepas dengan harga jutaan rupiah per unit.

Gitar Fender Stratocaster original (sumber: gearnews.com)
Gitar Fender Stratocaster original (sumber: gearnews.com)

Dari sekian banyak instrumen musik yang beredar di pasaran, gitar dapat dikatakan sebagai model yang paling populer dan digemari semua kalangan, salah satunya karena mudah dimainkan.[1] Selain itu, gitar disukai karena harganya yang tidak terlalu mahal. Tidak mengherankan jika kemudian di hampir setiap pertunjukan musik, gitar digunakan sebagai pengiring lagu.

Bacaan Lainnya

Secara umum, gitar dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni gitar akustik dan gitar listrik atau elektrik. Untuk gitar akustik, dengan bagian tubuh yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Ada tiga jenis utama untuk gitar akustik modern yang sering digunakan, yaitu gitar akustik dengan senar nilon, gitar akustik dengan senar baja, dan gitar arch-top.

Sementara itu, gitar elektrik, seperti namanya, adalah gitar yang menggunakan listrik dan sound amplifier sebagai alat bantu untuk mengeluarkan suaranya.[2] Dengan bantuan amplifier, gitar elektrik dapat menghasilkan sound yang lebih luas dan lebar. Sebaliknya, jika dimainkan tanpa penguatan tersebut, gitar elektrik akan mengeluarkan suara yang relatif lemah.

Baca juga  Info Terbaru Harga Levis 505 Original di Indonesia

Review Fender Stratocaster

Menjadi alat musik paling populer, tidak sulit menemukan gitar listrik. Pasalnya, sudah ada banyak merk yang dapat Anda pilih sesuai selera dan anggaran. Nah, dari sekian banyak brand, salah satu yang dapat dikatakan cukup ternama adalah Fender. Didirikan pada tahun 1946, Fender telah merilis banyak gitar iconic, termasuk seri Stratocaster.

Stratocaster, dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai Strat, adalah model gitar listrik yang dirancang pada tahun 1952 hingga 1954 oleh Leo Fender, Bill Carson, George Fullerton, dan Freddie Tavares. Produk ini mulai diproduksi Fender Musical Instruments Corporation mulai tahun 1954 hingga sekarang. Bersama dengan Les Paul dan SG kepunyaan Gibson serta Fender Telecaster, ini adalah salah satu bentuk gitar listrik yang paling sering ditiru. Gitar yang menduplikasi Stratocaster oleh pabrikan lain terkadang disebut gitar S-Type atau ST-type.

Selama bertahun-tahun, variasi Stratocaster yang tak terhitung jumlahnya telah dibuat. Sifat modular gitar, dengan komponennya yang mudah dilepas, membuat player sering melakukan banyak modifikasi pada gitar mereka sendiri, mengganti pickup atau neck agar sesuai dengan kebutuhan permainan. Fender juga telah merilis banyak model dengan konfigurasi pickup yang berbeda, dan telah membuat modifikasi kecil lainnya pada elektronik dan komponen model dasar, seperti mengubah saklar 3-posisi awal menjadi saklar 5-posisi standar, serta saklar kecil lainnya. perubahan tampilan pada hal-hal seperti pasak tuning, dan jenis kayu yang digunakan di berbagai bagian gitar.

Baca juga  Info Terkini Harga Gitar Yamaha C40 (Baru dan Bekas)

Walau awalnya dibuat di AS, ternyata tidak semua Stratocaster diproduksi di Negeri Paman Sam. Perusahaan memutuskan untuk mendirikan cabang di Jepang pada awal dekade 1980-an, disusul pembuatan pabrik di Meksiko pada tahun 1990. Produk buatan Negeri Sakura dan Meksiko lantas diburu banyak gitaris lantaran memiliki karakteristik sound yang berbeda karena dipengaruhi material kayu dan finishing yang berbeda pula.

Jika Anda tertarik menggunakan Fender Stratocaster sebagai ‘senjata’ saat tampil di atas panggung, tidak sulit menemukan gitar ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko instrumen musik dalam negeri, bahkan lewat platform e-commerce. Harga yang dipatok bervariasi, tetapi rata-rata berada di angka jutaan rupiah. Berikut kisaran harga Fender Stratocaster di pasaran dalam negeri.

Harga Fender Stratocaster

Gitar Fender Stratocaster (pexels: Stephen Niemeier)
Gitar Fender Stratocaster (pexels: Stephen Niemeier)
Varian Fender Stratocaster Harga
Fender Stratocaster RW2 Deluxe Rp12.600.000
Fender Stratocaster HSS MN Rp13.000.000
Fender Stratocaster Electric, Maple FB Rp13.200.000
Fender Stratocaster PF, 3 Tone Sunburst Rp13.200.000
Fender Stratocaster HSS MN, 3 Tone Sunburst Rp13.600.000
Fender Stratocaster RW 60s Japan Traditional Rp15.192.000
Fender Stratocaster MN 50s Made in Mexico Rp15.934.000
Fender Stratocaster MN 70s Made in Mexico Rp17.088.000
Fender Stratocaster Jimi Hendrix with Maple Fingerboard, 3 Tone Sunburst Rp17.450.000
Fender Stratocaster Dave Murray w/Bag, 2 Tone Sunburst Rp20.800.000
Fender Stratocaster Ed O’Brien Maple FB Rp22.600.000
Fender Stratocaster American Professional HSS Shawbucker Rp25.500.000
Fender Stratocaster American Professional II Rosewood Fingerboard Rp26.900.000
Fender Stratocaster American Elite HSS Shawbucker Ebony FB Rp29.600.000
Fender Stratocaster American Elite Ebony FB, Tobacco Sunburst Rp31.200.000
Fender Stratocaster Steve Ray Vaughan Rp32.150.000
Fender Stratocaster 60s RW FB Olym USA Rp41.536.000
Baca juga  Kelebihan dan Update Harga Bedak BIOAQUA BB Cream Gold Cushion

Harga gitar Fender Stratocaster di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko instrumen musik dan situs jual online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga gitar elektrik ini cenderung naik. Fender Stratocaster HSS MN misalnya, awalnya dijual Rp1 dan sekarang menjadi Rp13 juta. Sementara itu, harga Fender Stratocaster RW 60s Japan Traditional yang semula Rp13,2 juta, saat ini naik menjadi Rp15,1 jutaan.

[1] Adzhar, Hanip. 2015. Sistem Penyeteman Nada Dawai Gitar Otomatis dengan Motor Servo Continuous Menggunakan Kontroler PID Berbasis Arduino Mega 2560 (Skripsi). Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

[2] Ardian, Eko, Ahmad Syai, Tengku Hartati. 2016. Teknik Dasar Bermain Gitar Elektrik di Sekolah Musik Prodigy Conservatory of Music di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, Vol. 1(1): 1-10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *