Info Komposisi dan Harga Salep Faktu Oint untuk Mengatasi Ambeien

Ambeien atau wasir menjadi kondisi yang membuat penderita kurang nyaman saat duduk atau berdiri. Salah satu faktor penyebab ambeien adalah buang air besar (BAB) yang keras. Jika dibiarkan, kondisi tersebut akan semakin parah, bahkan dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan. Selain mengonsumsi obat, Anda juga dapat mengatasinya dengan mengoleskan di sekitar lubang pantat untuk mengurangi pembengkakan. Salep Faktu Oint menjadi pilihan obat oles yang dapat Anda beli di apotek dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: ambeien mengganggu aktivitas (sumber: toplinemd.com)
Ilustrasi: ambeien mengganggu aktivitas (sumber: toplinemd.com)

Wasir dalam istilah kedokteran disebut dengan hemorrhoids. Kondisi ini terjadi karena ada pembesaran pembuluh darah di sekitar lubang pantat (anus) yang disebabkan proses pembengkakan pembuluh daerah tersebut. Apabila kondisi ini tidak ditangani secara cepat, setelah beberapa lama dapat menyebabkan timbulnya rasa dan bahkan pembuluh darah tersebut menjadi stretch dan pecah. Pecahnya pembuluh darah ini dapat menyebabkan pendarahan.[1]

Bacaan Lainnya

Review Faktu Oint

dinilai lebih praktis digunakan untuk mengatasi kondisi ambeien, khususnya bagi penderita yang tidak boleh mengonsumsi obat secara sembarangan. Salep Faktu Oint merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi pendarahan dan peradangan pada penderita ambeien atau wasir maupun hemorrhoid (pembengkakan). Salep ini diproduksi Pharos dan termasuk obat keras. Faktu mengandung kombinasi antara Policresulen 50 mg dan Chincochain HCl 10 mg. Mekanisme kerja keduanya terbilang efektif meredakan hemoroid dan wasir.

Komposisi Faktu Oint

  • Policresulen adalah senyawa hasil kondensasi metana dengan metacresolsulfonic yang digunakan sebagai antiseptik dan topikal hemostatik serta bersifat astringent (dapat membuat suatu jaringan berkontraksi atau mengerut). Policresulen akan bersifat positif terikat dengan kulit atau anus yang terdapat luka dan mampu membunuh bakteri, sehingga menghentikan terjadinya proses infeksi lanjutan.
  • Chincochain HCl adalah jenis amida yang umum digunakan sebagai anestesi lokal, sehingga tergolong memiliki tingkat toksisitas tinggi dan lebih aman digunakan secara topikal maupun lokal, dibandingkan parenteral (hanya untuk anestesi bagian spinal dan tulang belakang).

Faktu harus disimpan di tempat sejuk dan kering agar terhindar dari cahaya matahari. Berikut informasi dosis yang dianjurkan saat memakai salep Faktu. Ada baiknya, penderita yang hipersensitif terhadap komponen obat tidak menggunakan salep ini. Namun, rata-rata mengungkapkan tidak merasakan perih pada area anus setelah mengoleskan salep. Kondisi tersebut tentu berbeda-beda tergantung level keparahannya.

Dosis Faktu Oint

Penderita ambeien dapat mengoleskan ini secara tipis pada anus sebanyak 2-3 kali sehari. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter terkait pemakaian salep sesuai tingkat keparahan ambeien, termasuk penggunaannya bagi ibu hamil dan menyusui. Efek samping yang mungkin terjadi setelah memakai salep yakni adanya rasa tidak nyaman pada area setempat yang bersifat ringan. Lalu, berapa harga salep Faktu saat ini?

Faktu salep (sumber: bukalapak)

Harga Faktu Oint

Saat ini, salep Faktu Oint dengan kemasan tube 20 gr dapat Anda beli di Apotek K24 seharga Rp141.583. Harga tersebut terpantau turun dari tahun lalu yang sebesar Rp143.818. Sementara di apotek online, harga salep Faktu Oint ternyata lebih mahal, berkisar Rp181.913 per tube, belum termasuk ongkir. Perlu diingat, harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Selain mengoleskan salep Faktu, Anda juga dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi gejala ambeien. Misalnya, berendam di air hangat sebanyak tiga kali sehari dengan durasi waktu selama 15-20 menit. Berendam akan membantu mengurangi pembengkakan dari ambeien. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengubah pola hidup atau menjalankan diet dengan mengonsumsi air dan makanan berserat lebih banyak untuk mengurangi risiko sembelit. Sejumlah kebiasaan seperti duduk terlalu lama juga harus Anda kurangi agar tidak memperparah kondisi ambeien.

Obat Oles Alternatif untuk Wasir

  • Witch hazel: sebutan lain bagi tanaman Hamamelis virginiana, sejenis semak asli Amerika Utara. Daun dan kulit kayu tanaman semak tersebut sering dibuat menjadi salep, toner, atau teh.
  • Krim campuran gliserin dan garam epsom: kedua campuran ini menjadi pengganti obat salep alternatif untuk ambeien.
  • Gel lidah buaya: gel ini bersifat antiradang yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit.

Penderita perlu memeriksakan diri ke dokter apabila merasakan gejala ambeien yang semakin parah. Beberapa gejala tersebut seperti adanya pendarahan dari lubang anus yang tidak normal, merasakan tanda anemia, hingga tidak dapat beraktivitas sehari-hari. Penanganan ambeien akan berbeda-beda tergantung tingkat keparahan dari kondisi pasien.

[Update: Ditta]

[1] Ayustawati. 2013. Mengenali Keluhan Anda. Jakarta: Informasi Medika, hlm. 17.

Pos terkait