Harga Excavator Pindad (Standard, Mini, Amphibious)

Mungkin selama ini PT Pindad lebih terkenal sebagai pembuat alat-alat pertahanan dan militer. Padahal, perusahaan yang awalnya bernama Pabrik Senjata dan Mesiu tersebut juga memproduksi alat-alat berat, termasuk excavator. Hadir dalam varian mini hingga amfibi, seperti alat berat pada umumnya, harga excavator produksi Pindad memang cukup mahal, bahkan mencapai angka miliaran rupiah per unit.

Excavator Pindad (sumber: pindad-enjiniring.com)
Excavator Pindad (sumber: pindad-enjiniring.com)

Anda pasti sudah sering mendengar nama excavator. Excavator merupakan mesin berat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi, terutama penggalian tanah. Pasalnya, alat ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan alat berat lain. Excavator dikatakan dapat melewati medan yang berlumpur, mampu menggali sekaligus memindahkan material dalam jarak dekat, mampu berputar hingga 360 derajat, mampu mendorong armada seperti dump truck dengan cepat, serta mampu dioperasikan di tebing yang curam.[1]

Bacaan Lainnya

Cara kerja excavator tergantung dari kemampuan dan jenis alat, terutama mengenai jarak jangkauan, tinggi maksimal pembuangan, serta dalamnya galian yang mampu dicapai. Siklus pekerjaan yang dilakukan alata ini terdiri dari empat gerakan dasar, yakni menggali, memutar dalam keadaan isi, menumpahkan muatan, serta memutar kembali ke posisi semula.[2]

Di pasaran dalam negeri, excavator yang beredar memang kebanyakan produk luar negeri, seperti Komatsu, Caterpillar, Sumitomo, Hitachi, Kobelco, Liebherr, dan Sakai. Padahal, produk lokal sebenarnya tidak kalah berkualitas, salah satunya yang dibuat oleh PT Pindad. Perusahaan yang berbasis di Bandung tersebut sudah meluncurkan sejumlah varian excavator untuk pasaran dalam negeri.

Varian Excavator Pindad

  • Pindad Excava 55, merupakan varian mini excavator yang pertama kali diluncurkan Pindad pada Maret 2019 dalam pameran Indobuildtech di ICE BSD, Tangerang. Sebagai mini excavator, alat berat ini berfungsi untuk menyelesaikan beragam pekerjaan ringan seperti pemindahan saluran pembuangan air, membuang material sisa, mengurug tanah, dan pekerjaan ringan lainnya yang berkaitan dengan konstruksi. Selain itu, Excava 55 juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan perkebunan dan kehutanan.
  • Pindad Excava 200, adalah produk alat berat pertama yang diproduksi oleh perseroan, yang merupakan hasil transformasi kompetensi produk pertahanan dan keamanan (hankam). Kompetensi produk yang digunakan untuk produk alat berat adalah sistem hidrolik pada kendaraan khusus tipe recovery dan chained wheel. Excava 200 diklaim sebagai produk yang hemat bahan bakar, memiliki kemampuan memuat 20 ton, dan dapat masuk ke medan yang dalam.
  • Pindad Excava 200 Long Arm, merupakan salah satu varian Excava 200 yang dikustomisasi dengan menggunakan lengan yang lebih panjang dari varian standar. Difungsikan untuk dapat menjangkau lengan ayun lebih jauh, sehingga jangkauan operasionalnya dari mobilisasi, pemindahan, dan penggantian material di satu tempat ke tempat lain di dalam bucket menjadi lebih luas.
  • Pindad Excava 200 Amphibious, adalah varian excavator amfibi ekskavator di kelas 20 ton. Dilengkapi dengan instalasi ponton, excavator jenis ini dapat melakukan pengerukan dan aktivitas lainnya dalam posisi mengambang di perairan dangkal, sehingga cocok untuk dioperasikan pada perairan dangkal seperti sungai, rawa, dan operasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh excavator biasa.
  • Pindad Excava 80 Amphibious, adalah varian terbaru excavator 8 ton yang dilengkapi dengan mesin diesel empat silinder. Ekskavator ini memiliki dimensi yang lebih kecil, sehingga lebih gesit dan dapat masuk ke daerah yang lebih sempit. Didukung dengan pemasangan ponton, excavator jenis ini dapat melakukan pengerukan pada posisi mengambang di perairan dangkal.
Excavator Pindad (sumber: borneo24.com)

Apabila Anda atau perusahaan Anda tertarik dengan excavator yang ditawarkan Pindad, tidak susah mendapatkan alat berat tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa menghubungi pihak Pindad untuk membeli produk pilihan Anda. Selain itu, mesin ini juga dapat ditemukan di sejumlah toko alat berat. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga excavator Pindad saat ini.

Harga Excavator Pindad

Tipe Excavator Pindad Harga
Pindad Excava 55 Rp716.505.000
Pindad Excava 200 Rp1.390.400.000
Pindad Excava 200 Long Arm Rp2.164.500.000
Pindad Excava 80 Amphibious Rp4.367.406.000
Pindad Excava 200 Amphibious Long Arm (Tanpa Side Pontoon dan Spud Pile) Rp5.023.000.000
Pindad Excava 200 Amphibious Long Arm Rp5.634.000.000

Informasi harga excavator Pindad di atas kami rangkum dari e-katalog LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa). Perlu Anda catat bahwa harga excavator Pindad tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko atau distributor alat berat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Fikri, Z. A, Budi Rahmawati,  Ninik Paryati. 2016. Analisis Kapasitas Produksi Excavator pada Proyek Perumahan Pertamina Cibubur. Bentang Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, Vol. 4(1): 57-67.

[2] Simanjuntak, Manlian Ronald A. dan Ferrari. 2013. Peran Excavator terhadap Kinerja Proyek Konstruksi Rumah Tinggal di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol. 3(1): 65-78.

Pos terkait