Update Harga Excavator Mini Yanmar (Berbagai Tipe)

Jika berbicara mengenai merk alat-alat berat, tentu kita tidak boleh melupakan nama Yanmar. asal Jepang ini memang telah terkenal sebagai produsen yang tidak cuma melahirkan produk untuk pertanian, tetapi juga untuk kebutuhan, termasuk excavator mini. Cocok untuk penggunaan di tengah kota atau lahan yang tidak terlalu lapang, excavator mini keluaran Yanmar sudah hadir dalam beberapa tipe dan dilepas dengan harga ratusan juta rupiah per unit.

Excavator mini Yanmar (sumber: mylittlesalesman.com)
Excavator mini Yanmar (sumber: mylittlesalesman.com)

Seperti diketahui, alat berat merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam pekerjaan sarana dan prasarana. Pemakaian alat berat dikatakan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan menggunakan alat manual karena dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat, sehingga waktu pelaksanaan dapat tercapai dengan lebih optimal.[1]

Bacaan Lainnya

Telah tersedia dalam banyak jenis, ternyata tidak semua alat berat dapat dipakai untuk setiap konstruksi, sehingga pemilihan alat berat yang tepat sangat diperlukan. Pasalnya, jika terjadi kesalahan dalam pemilihan alat berat, maka akan mengakibatkan keterlambatan pelaksanaan proyek, biaya proyek membengkak, dan hasil yang tidak sesuai dengan rencana.[2]

Nah, apabila tersebut dilakukan di tengah kota yang padat penduduk atau lahan yang tidak terlalu luas, untuk proses penggalian tanah, biasanya digunakan excavator mini. Model ini diklaim cocok digunakan untuk menjalankan berbagai pekerjaan ringan, seperti pemindahan saluran pembuangan air, membuang material sisa, mengurug tanah, serta beberapa pekerjaan lain.

Di pasaran sendiri, sudah banyak atau perusahaan yang meluncurkan excavator mini, salah satunya Yanmar. Dilansir dari situs resminya, merk yang berbasis di Osaka telah merilis banyak excavator mini untuk pasaran global dan pasaran dalam negeri. Berikut beberapa excavator mini buatan Yanmar yang sering digunakan untuk pekerjaan di Indonesia.

Varian Excavator Mini Yanmar

  • Yanmar SV60, ini adalah varian excavator mini Yanmar yang cukup populer di Indonesia. Menggunakan fitur desain visual mirip dengan Yanmar ViO55-6, excavator ini dikatakan punya kenyamanan yang ditingkatkan, dengan kabin yang luas karena punya ukuran yang sering ditemukan pada excavator di atasnya.
  • Yanmar SV08, dengan berat tidak lebih dari 1 ton, varian ini dikatakan sebagai ultra-mini excavator yang punya pengoperasian cukup mudah dan dapat melakukan manuver di lahan yang terbatas. Menurut lembar spesifikasi resmi, perusahaan sudah membekali Yanmar SV08 dengan mesin tipe 402J-05, dua silinder, water-cooled, diesel, yang diklaim dapat memuntahkan tenaga 7,7 kW atau 10,3 HP pada putaran 2.400 rpm.
  • Yanmar VIO55-6B, produk ini telah didukung mesin diesel Yanmar 4TNV-Turbo Direct Injection bertenaga, tetapi hemat energi. Mesin tidak menjadi panas karena kerja keras dan dikontrol secara elektronik, memungkinkan injeksi bahan bakar yang tepat. Dilengkapi pula dengan isochronous control untuk menjaga stabilitas mesin, excavator kompatibel dengan beberapa attachment, dan quick coupler membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengganti attachment. Sementara, sistem Smart Assist memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi operasi secara real-time dan melakukan perawatan yang cepat.

Apabila Anda atau perusahaan Anda tertarik memiliki excavator mini produksi Yanmar, sebenarnya tidak sulit menemukan produk ini. Anda dapat membelinya melalui distributor resmi, toko alat-alat berat, atau melalui beberapa situs jual beli online. Meskipun mini, harganya ternyata cukup mahal, rata-rata berada di angka ratusan juta rupiah.

Excavator mini Yanmar (sumber: yanmarce.com)

Harga Excavator Mini Yanmar

Tipe Excavator Mini Yanmar Harga
Yanmar ViO55-5 Excavator Mini Rp468.000.000
Yanmar ViO35 Excavator Mini Rp589.000.000
Yanmar ViO55-6B-P Excavator Mini Rp708.000.000
Yanmar SV60 Excavator Mini Rp967.572.000
Yanmar ViO80 Excavator Mini Rp1.266.500.000

Harga excavator mini buatan Yanmar di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko alat berat maupun berbagai situs jual beli online, baik dalam maupun luar negeri. Perlu Anda ketahui bahwa harga excavator mini Yanmar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya memang cenderung naik. Yanmar ViO55-5 Excavator Mini misalnya, awalnya dijual Rp412 juta dan sekarang menjadi Rp468 juta. Sementara itu, harga Yanmar ViO80 Excavator Mini naik dari Rp885 juta menjadi Rp1,26 miliar.

Harga Excavator Mini Yanmar Bekas

Selain produk baru, banyak juga toko yang menawarkan excavator mini Yanmar dalam kondisi sudah terpakai atau bekas. Model Yanmar SV08 misalnya, untuk keluaran tahun 2012 ditawarkan dengan harga Rp110 jutaan, sedangkan varian yang rilis tahun 2018 dijual dengan harga Rp275 jutaan. Namun, model ini tidak banyak beredar di pasar domestik, sehingga harus memesannya di luar negeri dan harus mempertimbangkan ongkos kirim.

[1] Handayani, Elvira. 2015. Efisiensi Penggunaan Alat Berat pada Pekerjaan TPA (Tempat Pemprosesan Akhir) Desa AMD Kec. Muara Bulian Kab. Batanghari. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 15(3): 90-95.

[2] Rostiyanti, Susy Fatena. 2002. Alat Berat untuk Konstruksi. Jakarta: Pradnya Paramita, hlm. 3.

Pos terkait