Harga Excavator Mini Komatsu PC 50 (Baru dan Bekas)

Dibandingkan ukuran medium dan besar, sekarang sejumlah kontraktor atau pekerja bangunan lebih memilih untuk menggunakan excavator mini. Pasalnya, dengan tubuh yang lebih langsing, tersebut fleksibel digunakan di lahan-lahan yang sempit, termasuk jika proyek berada di dalam gang. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak excavator mini yang dapat Anda temukan, dan salah satu yang cukup populer adalah Komatsu PC 50. Anda dapat membeli baru atau bekasnya dengan harga rata-rata ratusan juta rupiah unit.

Excavator mini Komatsu PC 50 (youtube: Ecoglobal 21)
Excavator mini Komatsu PC 50 (youtube: Ecoglobal 21)

Seperti yang diketahui, dalam setiap pekerjaan konstruksi, ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dilakukan, salah satunya pekerjaan tanah. Pekerjaan tanah juga meliputi beberapa pekerjaan, termasuk pekerjaan galian tanah batu quarry. Pekerjaan galian tanah ini adalah kegiatan menggali untuk memperoleh bahan material dari sebuah lokasi, dengan kedalaman dan batas-batas yang sudah disepakati oleh kontraktor, masyarakat, dan pemerintah setempat.[1]

Bacaan Lainnya

Untuk melakukan pekerjaan galian tanah tersebut, agar menjadi lebih efektif dan efisien, maka digunakan alat yang dinamakan excavator. Excavator adalah alat dari golongan shovel yang khusus untuk menggali material di bawah permukaan tanah atau di bawah tempat kedudukan alatnya. Galian di bawah permukaan ini misalnya parit, lubang untuk basement, lahan untuk pekerjaan jalan, dan lainnya.[2]

Keuntungan penggunaan excavator ini adalah dapat menggali sambil mengatur dalamnya galian yang lebih baik.[3] Selain itu, juga dapat melewati medan yang berlumpur, mampu menggali sekaligus memindahkan material dalam jarak dekat, mampu berputar hingga 360 derajat, mampu mendorong armada seperti dump truck dengan cepat, serta mampu dioperasikan di tebing yang curam.

Siklus kerja excavator tergantung dari ukuran alat dan medan kerja, dengan ukuran alat yang lebih kecil biasanya memiliki siklus kerja yang lebih cepat.[4] Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak pekerjaan bangunan yang sekarang beralih menggunakan mini excavator, terutama jika proyek dilakukan di lahan yang relatif sempit.

Spesifikasi Komatsu PC 50

Saat ini, sebenarnya sudah ada banyak perusahaan yang meluncurkan excavator dalam ukuran yang mini, salah satunya Komatsu. Ini adalah perusahaan pembuat peralatan konstruksi dan pertambangan yang dikatakan terbesar kedua di dunia setelah Caterpillar. Namun, di sejumlah negara, seperti China dan Jepang, merekalah yang memimpin pasar.

Ada beberapa varian excavator mini yang telah dirilis Komatsu, termasuk model PC 50. Kabarnya sudah hadir sejak dekade 1980-an silam, alat berat ini memiliki bobot operasional 5.040 kilogram dengan kapasitas bucket atau ember sebesar 0,10 meter kubik. Selain itu, alat berat yang ramping dan lincah ini mempunyai kedalaman galian maksimum sebesar 3.800 meter. Tinggi transportasi Komatsu PC 50 adalah 2,63 meter dengan panjang 5,55 meter, dengan lebar 1,94 meter.

Excavator mini Komatsu PC 50 (youtube: Traktor Tani)
Excavator mini Komatsu PC 50 (youtube: Traktor Tani)

Dilansir dari Lectura Specs, Komatsu PC 50 sudah dibekali dengan mesin tipe 3D05S, berkapasitas 2,02 liter, tiga silinder, dengan bore x stroke 95 x 95 mm. Dengan modal tersebut, alat berat ini dikatakan dapat menyemburkan tenaga maksimal 28,3 kW dengan putaran mesin 2.500 rpm untuk torsi maksimal.

Sayangnya, melansir situs resminya, ternyata Komatsu sudah tidak lagi memproduksi varian PC 50. Tidak diketahui apa alasan perusahaan tidak lagi membuat alat berat tersebut. Mungkin mereka ingin lebih fokus dalam memproduksi excavator dengan mesin lebih besar, seperti Komatsu PC200-8 Hybrid yang cukup populer di dalam negeri atau Komatsu PC200LC-8MO yang cocok untuk konstruksi jalur tanah di kompleks apartemen.

Namun, apabila Anda tetap ingin memakai Komatsu PC 50, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada sejumlah toko atau pemilik yang menawarkan alat berat tersebut dalam kondisi bekas. Bahkan, ada yang menjualnya dalam kondisi yang diklaim baru dan didatangkan langsung dari Jepang. Lalu, berapa harga excavator mini Komatsu PC 50 saat ini?

Harga Excavator Mini PC 50

Kondisi Excavator Mini PC 50 Harga
Excavator Mini PC 50 Baru Tahun 2022 Ex Jepang Rp335.000.000
Excavator Mini PC 50 Bekas Rp220.000.000

Harga excavator mini Komatsu PC 50 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko alat berat dan berbagai situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Komatsu PC 50 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda.

BIaya Sewa Excavator Mini PC 50

Apabila harga excavator mini Komatsu PC 50 Anda rasa masih sangat mahal, tidak perlu risau. Pasalnya, Anda dapat mengambil opsi untuk meminjamnya. Sekarang sudah banyak jasa rental yang menyewakan produk tersebut. Biaya sewa Komatsu PC 50 rata-rata dipatok Rp175 ribuan per jam, belum termasuk ongkos operator (dihitung per hari), dengan minimal penyewaan 50 jam.

[1] Fikri, Z. A, Budi Rahmawati, Ninik Paryati. 2016. Analisis Kapasitas Excavator pada Proyek Perumahan Pertamina Cibubur. Bentang: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, Vol. 4(1): 57-67.

[2] Simanjuntak, Manlian Ronald A. dan . 2013. Peran Excavator terhadap Kinerja Proyek Konstruksi Rumah Tinggal di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol. 3(1): 65-78.

[3] Ibid.

[4] Ibid.

Pos terkait