Harga Excavator Mini Komatsu PC 40

No comment146 views

Sebagian besar dari Anda mungkin lebih mengenal standar dan amfibi yang biasanya digunakan proyek konstruksi kelas berat. Padahal, selain model tersebut, tersedia pula excavator mini yang sering dipakai untuk kebutuhan konstruksi ringan serta lokasi yang sempit, misalnya di tengah perkotaan. Nah, Komatsu sebagai salah satu merk berat populer telah merilis Komatsu PC 40 yang sekarang ditawarkan dengan harga ratusan juta rupiah.

Ilustrasi: Excavator Untuk Kontruksi (credit: warren-kallianos)

Ilustrasi: Excavator Untuk Kontruksi (credit: warren-kallianos)

Pekerjaan tanah menjadi salah satu tahapan yang sangat penting dalam proyek konstruksi. Pekerjaan ini sendiri mencakup beberapa proses, salah satunya penggalian tanah. Nah, untuk proses tersebut, biasanya digunakan excavator, karena alat ini dikatakan memiliki sejumlah kelebihan seperti dapat melewati medan yang berlumpur, mampu menggali sekaligus memindahkan material dalam jarak dekat, mampu berputar hingga 360 derajat, mampu mendorong armada seperti dump truck dengan cepat, serta mampu dioperasikan di tebing yang curam.[1]

Cara kerja excavator tergantung dari kemampuan dan jenis alatnya, terutama mengenai jarak jangkauan, tinggi maksimal pembuangan, dan dalamnya galian yang mampu dicapai.[2] Untuk mulai menggali, bucket excavator dijulurkan ke depan ke tempat galian. Jika bucket sudah pada posisi yang diinginkan, diayun ke bawah seperti mencangkul. Lengan bucket lantas diputar ke arah alat sehingga membentuk lintasan. Setelah bucket terisi penuh, diangkat dari tempat penggalian dan dilakukan swing, dan pembuangan material hasil galian dapat dilakukan dump truk atau tempat yang lain.

Baca juga  Harga Kunci Momen Tekiro Terbaru (Semua Tipe dan Ukuran)

Meski mampu meringankan pekerjaan, penggunaan atau pemilihan alat berat juga memerlukan sejumlah faktor sehingga kesalahan dalam pemilihan alat dapat dihindari. Jika ingin menggunakan alat berat, termasuk excavator, perlu diperhatikan hal seperti fungsi yang harus dilaksanakan, kapasitas peralatan, cara operasi, pembatasan dari metode yang dipakai, ekonomi, jenis dan lokasi proyek, jenis dan daya dukung tanah, serta kondisi lapangan.[3]

Lalu, bagaimana jika proyek tersebut dilakukan di tengah dan kebetulan lahannya tidak terlalu luas? Anda mungkin bisa memakai excavator mini untuk pekerjaan menggali tanah. Model ini pas digunakan untuk menyelesaikan beragam pekerjaan ringan seperti pemindahan saluran pembuangan air, membuang material sisa, mengurug tanah, serta pekerjaan lain. Karena untuk kebutuhan ringan, tipe ini biasanya dilengkapi dengan bucket (kerukan) dan dozer (untuk meratakan tanah).

Ilustrasi: Excavator Komatsu PC40 Youtube (credit: Macea Machinery)

Ilustrasi: Excavator Komatsu PC40 Youtube (credit: Macea Machinery)

Spesifikasi Komatsu PC 40

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak perusahaan yang meluncurkan excavator mini, termasuk Komatsu PC 40. Dilansir dari Lectura Specs, Komatsu PC 40 sering dikatakan sebagai model dengan mesin terbesar untuk segmen excavator mini. Pasalnya, perusahaan asal Jepang sudah membekali alat berat ini dengan mesin bertenaga maksimal 29 kW atau 38 . Namun, kapasitas bucket kendaraan tidak jauh berbeda dengan excavator mini kebanyakan, yakni 0,12 m3.

Baca juga  Info Terkini Harga Atap Lovera per M2 di Pasaran

Sayangnya, Komatsu sudah menghentikan produksi model PC 40. Tidak jelas apa alasan perusahaan tidak lagi membuat alat berat tersebut. Mungkin perusahaan ingin lebih fokus dalam memproduksi excavator dengan mesin lebih besar, seperti Komatsu PC200-8 Hybrid yang cukup populer di dalam negeri atau Komatsu PC200LC-8MO yang cocok untuk konstruksi jalur tanah di kompleks apartemen.

Jika Anda masih ingin memakai Komatsu PC 40, Anda bisa membeli produk bekasnya. Sekarang, sudah banyak dealer atau toko alat berat yang menawarkan Komatsu PC 40 dalam kondisi bekas, baik secara offline maupun dipromosikan lewat situs jual beli online. Harganya sendiri bervariasi, tergantung tahun rilis dan kondisi kendaraan.

Harga Komatsu PC 40

Kondisi Komatsu PC 40Harga Bekas
Komatsu PC 40 CanopyRp225.000.000 – Rp360.000.000
Komatsu PC 40 CabinRp410.000.000
Komatsu PC 40 MRRp435.000.000

Harga excavator mini Komatsu PC 40 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online dalam negeri dan tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila harganya masih terlalu mahal, menyewa Komatsu PC 40 bisa menjadi solusi yang masuk akal. Anda dapat meminjam alat berat ini dengan biaya sewa mulai Rp160 ribuan per jam. Biasanya, waktu sewa ditentukan minimal 50 hingga 200 jam, tergantung kebijakan masing-masing persewaan.

Baca juga  Update Harga Tap Ulir Baut (Berbagai Ukuran dan Merk)

[1] Fikri, Z. A, Budi Rahmawati, Ninik Paryati. 2016. Analisis Kapasitas Produksi Excavator pada Proyek Perumahan Pertamina Cibubur. Bentang: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, Vol. 4(1): 57-67.

[2] Simanjuntak, Manlian Ronald A. dan . 2013. Peran Excavator terhadap Kinerja Proyek Konstruksi Rumah Tinggal di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol. 3(1): 65-78.

[3] Rostiyanti, Susy Fatena. 2002. Alat Berat untuk Proyek Konstruksi. Jakarta: Pradnya Paramita, hlm. 4.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Excavator Mini Komatsu PC 40"