Specs dan Harga Excavator Mini Komatsu PC 10

Komatsu telah dikenal secara luas sebagai salah satu produsen peralatan manufaktur top level, bahkan diklaim menguasai pasar beberapa negara seperti Jepang dan China. Perusahaan yang berbasis di Negeri Sakura tersebut telah meluncurkan banyak alat , termasuk excavator mini. Mungkin konsumen di Indonesia lebih mengenal model PC 40 atau PC 50 untuk excavator mini buatan Komatsu. Padahal, masih ada tipe PC 10. Ini bisa menjadi opsi menarik bagi mereka yang ingin menghemat anggaran untuk pekerjaan konstruksi karena harganya yang relatif terjangkau.

Excavator mini Komatsu PC 10 (sumber: truck1.eu)
Excavator mini Komatsu PC 10 (sumber: truck1.eu)

Excavator, alat berat ini pasti sudah sangat familiar di kalangan pekerja bangunan, terutama proyek konstruksi skala besar. Secara umum, excavator dapat dikatakan sebagai alat berat dengan rangkaian lengan atau batang atau arm, tongkat atau bahu, bucket atau keranjang, yang berguna sebagai alat pengeruk atau menggali tanah.

Bacaan Lainnya

Untuk pekerjaan penggalian tanah, excavator memang menawarkan banyak kelebihan. Excavator diklaim dapat melewati medan yang berlumpur, mampu menggali sekaligus memindahkan material dalam jarak dekat, mampu berputar hingga 360 derajat, mampu mendorong armada seperti dump truck dengan cepat, serta mampu dioperasikan di tebing yang curam.[1]

Selain model ‘konvensional’, sekarang sudah banyak pabrikan yang meluncurkan excavator dengan ukuran mini. Biasa disebut compact excavator, excavator mini secara sederhana dapat dikatakan sebagai ‘versi ringkas’ dari model standar. Kata ‘mini’ cuma menunjukkan bentuknya secara fisik, karena fungsinya untuk kebutuhan proyek konstruksi sangat luas.

Bobotnya lebih ringan dan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan excavator standar menjadikan varian ini sangat ideal dalam hal mengurangi biaya untuk proyek skala kecil sampai menengah. Kemampuannya untuk membuat jalan di area kecil atau area yang padat memberikan keunggulan lain dibandingkan excavator berukuran standar. Selain itu, karena ukurannya yang ringkas, berkontribusi terhadap berkurangnya kerusakan dan keausan karena beban kerja yang intensif. Hal tersebut membuat umurnya lebih panjang dan tanpa memerlukan biaya perawatan tambahan.

Ada banyak excavator mini yang telah diluncurkan ke pasaran, salah satunya model PC 10 buatan Komatsu. Sekilas, penampilan varian tersebut tidak meyakinkan untuk alat berat, karena cuma punya ukuran sekitar 2 x 1 m. Namun, karena ukurannya yang ringkas, PC 10 dapat diandalkan untuk melaksanakan pekerjaan galian tanah di lahan yang sempit.

Tenaga produk tersebut juga dapat dikatakan cukup lumayan untuk kelas excavator mini. Pasalnya, Komatsu telah membekali model PC 10 dengan mesin tipe 3D75-1A berkapasitas 69 cu in, yang dikatakan mampu menyemburkan daya maksimal 17 HP atau 13 kW dan menggapai torsi puncak di angka 43,4 lbs/ft.

Spesifikasi Excavator Mini Komatsu PC 10

Boom/Stick Excavator Option 1
Max Cutting Height 3 m
Max Digging Depth 2 m
Max Loading Height 2 m
Max Reach Along Ground 4 m
Max Vertical Wall Digging Depth 1 m
Shipping Height of Unit 2 m
Shipping Length of Unit 4 m
Dimensions
Height – Top of Cab 2 m
Length of Track on Ground 1 m
Removal Counterweight Clearance 1,9 ft
Tail Swing Radius 1 m
Width to Outside of Tracks 1 m
Engine
Displacement 69 cu in
Engine Model 3D75-1A
Max Torque 43,4 lbs/ft
Net Power 17 HP (13 kW
Operating Specifications
Hydraulic Pump Flow Capacity 14,3 gal/min (53 l/min)
Hydraulic System Relief Valve Pressure 2490 PSI
Operating Weight 4387,2 lbs (1.990 kg)
Undercarriage
Ground Pressure 3,9 PSI
Max Travel Speed 1,1 mph (2 kph)
Shoe Size 9,9 inch (23 cm)
Track Gauge 3,6 ft (1 m)

Sayangnya, ketika ditelusuri di situs resminya, Komatsu sepertinya sudah tidak memproduksi lagi varian PC 10. Perusahaan mungkin lebih berfokus pada model-model medium seperti PC 200. Meski demikian, bagi Anda yang kesengsem dengan alat tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa toko alat berat yang menawarkan produk tersebut dalam kondisi bekas.

Harga Excavator Mini PC 10

Lalu, berapa harga excavator mini Komatsu PC 10 second saat ini? Mengutip beberapa situs alat berat bekas, Komatsu PC 10 keluaran tahun sekarang ditawarkan dengan harga mulai 8.000 dolar AS. Namun, ada juga yang menjualnya dengan harga 17.000 dolar AS. Saat artikel ini ditayangkan, kurs 1 dolar AS setara Rp15.215. Jadi, harga Komatsu PC 10 bekas sekarang berkisar Rp121,7 juta sampai Rp258 jutaan, belum termasuk ongkos kirim.

[1] Fikri, Z. A, Budi Rahmawati,  Ninik Paryati. 2016. Analisis Kapasitas Produksi Excavator pada Proyek Perumahan Pertamina Cibubur. Bentang Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, Vol. 4(1): 57-67.

Pos terkait