Harga Es Krim Ragusa (Semua Rasa)

No comment104 views

Ketika cuaca sedang panas, memang mengasyikkan jika menyantap . Nah, apabila Anda kebetulan sedang bepergian ke Jakarta yang terkenal hot, Anda wajib mampir ke Ragusa Italian Ice Cream. Pasalnya, ini adalah tempat legendaris yang punya sajian yummy. Banyak rasa yang ditawarkan toko es ini dengan harga yang ramah di kantong.

Menurut Padaga dan Sawitri (2005), es krim adalah pangan beku yang dibuat melalui kombinasi pembekuan dan agitasi pada -bahan yang terdiri dari dan produk , pemanis, penstabil, emulsi, serta penambah citarasa (flavor). Es krim biasa dikonsumsi sebagai selingan (dessert) dan dikelompokkan dalam camilan (snack). Prinsip pembuatan es krim adalah membentuk rongga udara pada campuran bahan es krim sehingga diperoleh pengembangan volume yang membuat es krim menjadi lebih ringan, tidak terlalu padat, dan mempunyai tekstur yang lembut.

Es Krim Ragusa - travelingyuk.com

Es Krim Ragusa - travelingyuk.com

Hampir senada, Wikipedia menuliskan bahwa es krim adalah sebuah makanan beku yang dibuat dari produk susu seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Biasanya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut.

Sementara itu, menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3713-1995), es krim adalah makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani, atau lemak nabati, plus gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain dan bahan makanan yang diizinkan. Azuri dan Bambang (2003) juga berpendapat bahwa es krim adalah produk beku yang dibuat dari campuran susu, gula, zat penstabil, atau tanpa kuning telur.

Standar komposisi es krim menurut Azuri dan Bambang (2003) terdiri dari lemak sekitar 12 persen, zat padat susu bukan lemak (MSNF) sebesar 11 persen, gula sebesar 15 persen, dan zat penstabil sebesar 0,3 persen. Sementara, syarat mutu es krim berdasarkan SNI 01-3713-1995 yaitu lemak minimal 5 persen, gula minimal 8 persen, protein minimal 2,7 persen, jumlah padatan minimal 3,4 persen, dengan penampakan, rasa, dan bau yang normal.

Es krim sendiri termasuk dalam golongan pangan fungsional. Pangan fungsional merupakan pangan yang memiliki efek kesehatan lain di samping efek zat gizinya. Namun, nilai gizi es krim sangat tergantung pada nilai gizi bahan bakunya. Karena itu, untuk membuat es krim yang bermutu tinggi, nilai gizi bahan baku perlu diketahui dengan pasti. Nilai gizi terbesar pada bahan baku es krim sendiri adalah susu (Astawan, 2008).

Ada beberapa mitos mengenai es krim. Camilan ini dikatakan bisa membuat tubuh gemuk. Padahal, apabila Anda mengonsumsi dalam batas wajar, kemungkinannya sangat kecil untuk membuat bobot tubuh Anda bertambah. Selain itu, es krim kerap disalahkan sebagai penyebab batuk, pilek, atau flu. Namun, menurut pakar kesehatan dari Komunitas Sehati, Emilia E. Achamdi, tubuh tidak akan terangsang untuk sakit hanya karena menelan. Bahkan, Russel Steele dari Universitas Kedokteran New Orleans malah menyebut es krim adalah salah satu pilihan yang mampu meredakan nyeri pada tenggorokan akibat infeksi virus.

Review Es Krim Ragusa

Terlepas dari mitos-mitos tersebut, es krim tetap menjadi salah satu camilan favorit banyak orang. Tidak mengherankan jika kemudian toko es krim berdiri di berbagai sudut kota hingga pedesaan. Nah, apabila Anda sedang liburan atau berkunjung ke Jakarta, untuk mengusir gerah karena panas, Anda bisa mampir ke Ragusa Es Italia Restaurant & Ice Cream.

Konon sudah berdiri sejak tahun 1932 silam, restoran ini masih mempertahankan desain klasik untuk bangunannya. Di balik pintu utama yang berwarna biru, terdapat satu ruangan besar yang menjadi bagian utama dari bangunan ini. Di sinilah pelanggan bisa memesan lalu duduk menikmati es krim sajian Ragusa dalam berbagai rasa.

Beberapa meja rotan berbentuk bundar tersusun rapi di bagian kiri dan kanan ruangan. Bagian tengah dibiarkan kosong sebagai akses jalan. Empat kursi rotan diletakkan di samping setiap meja rotan. Kurang lebih ada 10 hingga 11 meja di dalam ruangan itu. Ruangannya sendiri memiliki jarak antara lantai dan langit-langit yang cukup tinggi sehingga tidak gerah.

Untuk es krimnya, Ragusa sudah menyediakan beragam rasa, mulai mocca, vanilla, chocolate, strawberry, dan nougat untuk regular flavored, durian dan mint raisin untuk premium flavored, hingga coupe de maison, special mix, dan aneka fancy flavored. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga es krim Ragusa dalam berbagai rasa.

Es Krim Ragusa - www.tribunnews.com

Es Krim Ragusa - www.tribunnews.com

Harga Es Krim Ragusa

Rasa Es Krim RagusaHarga
MoccaRp15.000
VanillaRp15.000
ChocolateRp15.000
StrawberryRp15.000
NougatRp20.000
DurianRp20.000
Mint RaisinRp20.000
Coupe de MaisonRp20.000
Special MixRp25.000
Chocolate SundaeRp25.000
Tutti FruttiRp30.000
Cassata SicilianaRp30.000
Banana SplitRp35.000
Spaghetti Ice CreamRp35.000

Selain es krim, Ragusa juga menyediakan beragam beverages, seperti lemon ice tea, orange juice, ice cream soda, cola float, hingga orange float dengan harga mulai Rp10 ribu hingga Rp25 ribuan per porsi. Perlu diketahui, harga es krim Ragusa di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Jika tertarik, Anda bisa langsung meluncur ke Jalan Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta Pusat.

 

Baca juga  Info Terbaru, Berapa Harga Menu KFC Mini Chizza (Chicken-Pizza)?

Referensi:

Astawan, Made. 2008. Olahan Sehat dengan Buah. Jakarta: Dian Rakyat.

Azuri, S.D. dan Bambang. 2003. Pengolahan Susu. Jakarta: Percetakan Balai Pustaka. 

Badan Standardisasi Nasional. 1995. SNI 01-3713-1995. Es Krim. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional. 

Padaga, M dan M.E. Sawitri. 2005. Es Krim yang Sehat. Surabaya: Trubus Agrisarana.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Es Krim Ragusa (Semua Rasa)"