Harga Equalizer DBX 231 Original (Baru dan Bekas)

Bagi mereka yang sehari-harinya bergelut dengan perangkat audio, pasti sudah tidak asing lagi dengan DBX. Ini adalah satu merk peralatan yang memang telah populer dan menyediakan berbagai model piranti, termasuk equalizer. Ada banyak equalizer yang sudah dirilis DBX untuk pasaran dalam negeri. Namun, jika Anda menginginkan produk original dengan harga medium plus kualitas jempolan, mungkin DBX 231 bisa menjadi referensi yang menarik.

Equalizer DBX 231 (sumber: unionmusic.com)
Equalizer DBX 231 (sumber: unionmusic.com)

Sebelum membahas mengenai DBX 231, tidak ada salahnya jika mengupas sedikit mengenai equalizer. Secara singkat, equalizer dikatakan sebagai piranti yang berguna untuk menyesuaikan keseimbangan antara frekuensi dalam sinyal. Equalizer juga dapat diartikan sebagai perangkat yang berguna memperbaiki keseimbangan stereo dan kualitas suara yang keluar, dengan suara yang dihasilkan dari satu saluran dibagi menjadi tiga titik nada, yakni bass, middle, dan treble.[1]

Bacaan Lainnya

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan equalizer. Peralatan ini disebutkan dapat membuat keluaran audio lebih enak didengar, detail, dan sesuai dengan jenis musik yang diputar. Selain itu, equalizer juga bisa memperpanjang usia speaker karena  speaker hanya akan bekerja sesuai dengan frekuensi yang tepat, sehingga tidak mengalami overload.  Manfaat lainnya adalah audio bisa saja semakin bagus didengar saat ditambahkan unit equalizer, tentu dengan setting yang sesuai.

Baca juga  Update Harga Lampu Philips 18 Watt TL dan LED

Review Equalizer DBX 231

Saat ini, produk equalizer sudah tersedia secara bebas di pasaran. Ada beragam brand yang dapat Anda pilih sesuai selera, kebutuhan, dan anggaran. Dari sekian merk yang beredar, DBX merupakan nama yang cukup populer, terutama di kalangan tukang sound system. Pasalnya, produk buatan DBX diklaim punya kualitas juara, yang hadir dalam sejumlah tipe, dan salah satu yang sering dipakai dan direkomendasikan adalah tipe DBX 231.

Menurut salah satu pengguna, jika Anda sedang menyusun sound rig portabel pertama Anda, atau memulai di studio rumah Anda, Seri 2 dari DBX adalah pilihan yang tepat. Equalizer grafis 31-band ganda DBX 231 dijual dengan harga yang wajar, tetapi serbaguna serta tahan lama. Jangan kaget jika produk ini nantinya masih menjadi salah satu alat favorit Anda selama bertahun-tahun.

Antarmuka DBX 231 memang cukup sederhana, tetapi tetap elegan. Setiap saluran memiliki 31 slider non-konduktif pada interval 1/3 oktaf. Teknologi Constant Q yang telah teruji waktu memungkinkan penggeser unit mempertahankan karakteristik frekuensi yang stabil di semua posisi. Anda juga dapat mengatur peningkatan penguatan atau pemotongan setiap saluran pada ±6 dB atau ±12 dB melalui kontrol panel depan yang nyaman. Lampu LED memungkinkan pengguna memantau penguatan output, bypass EQ, dan kliping sinyal secara sekilas, dengan setiap saluran memiliki input dan output XLR dan ¼ inch yang terpisah untuk koneksi yang cepat dan mudah ke peralatan Anda.

Baca juga  Review Karakter Suara dan Update Harga Speaker ACR 15600 Black Original

Menurut klaim perusahaan, jika Anda ingin menemukan ‘rumah’ di studio, tur, dan dengan tempat suara terpasang, DBX 231 ditakdirkan untuk mengambil tempat yang tepat dalam garis keturunan prosesor sinyal hebat DBX yang merupakan pilihan profesional dalam pemrosesan sinyal. Dengan kualitas yang terjangkau, tidak ada lagi alasan untuk mengorbankan suara Anda.

Equalizer DBX 231 (sumber: nstuffmusic.com)
Equalizer DBX 231 (sumber: nstuffmusic.com)

Fitur DBX 231

  • Dual 31-band, 1/3-octave Constant Q frequency bands
  • Switchable boost/cut ranges of ±6 dB/±12 dB.
  • Front panel bypass switch.
  • ±12 dB input gain range.
  • 4-segment LED ladders for monitoring output levels.
  • XLR and TRS Inputs & Outputs.
  • Frequency Response of 50kHz
  • Dynamic range of greater than 108 dB.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan equalizer DBX 231. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko musik atau peralatan audio. Selain itu, DBX 231 juga sudah ditawarkan di berbagai situs jual beli online. Untuk produk original, harganya memang terpaut jauh lebih mahal dibandingkan produk palsu alias KW. Jika penasaran, berikut kisaran harga DBX 231 di pasaran dalam negeri saat ini.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tinta Printer Canon PIXMA iP2770 (Hitam dan Warna)

Harga DBX 231

Kondisi DBX 231 Harga
DBX 231 Baru Rp2.850.000 – Rp3.500.000
DBX 231 Bekas Rp1.300.000 – Rp2.000.000

harga equalizer DBX 231 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan audio dan situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga DBX 231 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Khusus untuk produk second, harganya produk sangat tergantung dari kondisi barang yang bersangkutan.

[1] Budiharto, Widodo. 2006. Elektronika Digital dan Mikroprosesor. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.