Info Terbaru Harga Epoxy Lantai 3D per Meter

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan hunian menjadi unik dan menarik. Jika Anda kebetulan penyuka seni dan ingin rumah tampak lebih estetis, epoxy 3D pada lantai bisa menjadi pilihan yang oke. Namun, karena punya kualitas atau mutu yang tinggi, tidak heran jika kemudian harga epoxy 3D per meter relatif lebih mahal dibandingkan dengan cat biasa.

3D Epoxy Flooring (sumber: 3DWorx)
3D Epoxy Flooring (sumber: 3DWorx)

Epoxy sendiri merupakan suatu bahan kimia dan salah satu jenis resin yang diperoleh dari proses polimerisasi dari epoksida. Resin epoxy biasa digunakan sebagai bahan adhesif dan lapisan pelindung yang sangat baik karena diklaim memiliki kekuatan yang tinggi dan rekat yang kuat. Selain itu, resin epoxy ini juga baik dalam ketahanan terhadap bahan kimia, sifat dielektrik dan sifat isolasi, penyusutan rendah, stabilitas dimensi, dan ketahanan lelahnya.[1]

Bacaan Lainnya

Karena ketahanan korosi yang baik serta ketahanan dan kekuatan tinggi untuk rasio berat, penggunaan glass-fiber reinforced epoxy pada pipa telah meningkat di banyak industri yang beragam seperti di offshore, pengolahan kimia, dan tekanan pipa.[2] Sifat tahan banting dan elastisitas resin epoxy yang melebihi resin-resin lain ini juga membuatnya populer dalam bidang pertahanan seperti pembuatan kevlar, bahkan kaca-kaca anti peluru, dan lebih populer lagi dalam industri-industri perkapalan.

Baca juga  Info Harga Kertas Pembungkus Bunga (Lembar, Pack, Roll) Terkini

Karakteristik lain dari resin epoxy adalah tidak berbau tajam seperti resin polyester, membuatnya lebih aman dan nyaman digunakan dalam ruangan. Sudah tentu, barang-barang interior yang dihasilkan dari bahan resin epoxy ini lebih baik daripada resin polyester seperti lapisan kayu meja makan, meja tamu, countertop di dapur, dan hiasan-hiasan lainnya.

Tidak hanya itu, epoxy ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan teknik 3D epoxy floor, yakni menempeli lantai rumah atau gedung dengan wallpaper sesuai dengan selera. Desain tiga dimensi ini tentunya dapat menambah nilai artistik pada hunian Anda, selain juga dapat menambah kenyamanan penghuni dan tamu yang berkunjung.

Selain cantik, memilih desain warna dan pola lantai 3D yang tepat dibantu lapisan self-leveling, dapat meningkatkan visual ruang lebih maksimal. Lapisan epoxy juga diklaim dapat bertahan lama, serta tahan terhadap asam, klorida, dan bahan lain seperti pemutih dan pembersih lantai. Lantai epoxy 3D pun tidak memiliki sambungan atau celah nat seperti keramik, membuatnya benar-benar kebal terhadap segala jenis kotoran, debu, air, dan bahan kimia.

Cara Membuat Lantai Epoxy 3D

  • Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat adalah dengan memastikan permukaan lantai benar-benar halus. Kondisi permukaan lantai yang halus memiliki pengaruh besar terhadap kualitas lukisan epoxy 3D yang dihasilkan.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung mengaplikasikan cat dasar, yakni epoxy primer untuk melindungi bagian permukaan lantai.
  • Jika sudah mengaplikasikan lapisan cat dasar, Anda dapat langsung mulai melukis bagian lapisan dasar tersebut dengan desain 3D keinginan atau menurut selera Anda. Disarankan cat epoxy 3D yang glossy dan hardener agar hasil lukisan yang diperoleh nanti lebih nyata.
  • Jika Anda belum mahir dalam mengaplikasikan cat epoxy 3D sendiri, maka disarankan untuk jasa cat epoxy. Karena, cat epoxy pada sebuah permukaan lantai menghabiskan dana yang tidak sedikit, dan tentu sangat rugi bila Anda yang mengaplikasikan namun belum mahir sehingga hasilnya tidak optimal.
Baca juga  Update Harga Ranjang Bayi dan Box Olympic

Dalam pengerjaan lantai tiga dimensi ini, memang memerlukan keahlian yang khusus. Karena, hanya orang-orang yang dapat melukis yang bisa mengerjakan pembuatan lantai tiga dimensi ini. Jika Anda tidak cukup mahir, Anda bisa menyediakan bahan-bahan tersebut dan menyerahkan kepada orang yang ahli melukis lantai. Tentunya, Anda harus menentukan desain yang Anda inginkan terlebih dahulu.

Desain lantai epoxy 3D (sumber: alibaba)
Desain lantai epoxy 3D (sumber: alibaba)

Harga Epoxy Lantai 3D

Saat ini, tidak sulit menemukan jasa yang menyediakan layanan epoxy lantai 3D. Bahkan, tidak sedikit yang menawarkan jasa melalui beberapa situs jual beli online. Pada 2022 ini, harga Epoxy Lantai 3D dipatok bervariasi, mulai mulai Rp875 ribu hingga Rp2 juta per meter, berubah dari Rp1,2 juta hingga Rp1,5 jutaan per meter di tahun 2021. Harga tersebut terbilang naik dari 2020 yang hanya ditaksir sekitar Rp800 ribuan.

Biaya Pasang Epoxy Lantai

Varian Epoxy Lantai Tarif Pemasangan per Meter (Rp)
Epoxy Coating 500 micron 30.600
Epoxy Coating 1.000 micron 110.500
Epoxy Coating 2.000 micron 195.000
Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Sunlight di Pasaran (All Varian)

Perlu diingat, harga epoxy lantai 3D tentunya berbeda-beda, tergantung desain yang diminta. Semakin luas ruangan yang ingin digarap, biasanya harganya akan semakin turun. Namun, jika harga tersebut Anda rasa masih terlalu mahal, opsi menarik yang dapat diambil adalah membeli wallpaper 3D untuk lantai.

Saat ini, sudah tersedia beragam desain unik yang ditawarkan, mulai gambar bunga-bunga, bebatuan, kolam ikan, sungai, dan lain-lain. Harganya sangat terjangkau tahun 2022, mulai Rp50 ribuan saja untuk ukuran yang hingga Rp420 ribuan untuk ukuran jumbo, naik dari Rp39 ribuan hingga Rp350 ribuan tahun 2021.

[Update: Almas]

[1] Pramanta, D, dkk. 2012. Pengaruh Komposisi Phenolic Epoxy terhadap Karakteristik Coating pada Pipa Overhead Debutanizer. Jurnal Teknik ITS, Vol. 1(1).

[2] Alshahrani, R.F., dkk. 2016. International Journal of Impact Engineering on the impact-induced damage in glass fiber reinforced epoxy pipes. International Journal of Impact Engineering, Vol. 97: 57-65.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.