Cara Budidaya dan Harga Entok Rambon

Tak hanya dikonsumsi, saat ini ada berbagai jenis entok hias yang dapat dipelihara, dan salah satu yang populer adalah rambon. Entok ini memiliki bulu -warni dengan postur tubuh yang lebih besar dari entok lokal. Tak heran jika harga jual entok rambon, baik jantan maupun betina, terbilang mahal, termasuk jenis super yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekor.

Entok rambon (sumber: biggo.id)
Entok rambon (sumber: biggo.id)

Entok (Cairina moschata) adalah unggas air yang termasuk keluarga itik. Umumnya entok dipelihara untuk menghasilkan dan telur. Entok mempunyai beberapa nama, yaitu menthok, entok, itik manila, atau manila, Muscovy, itik guinea, Barbari, Cairon, atau Pato. Dalam bahasa Inggris, entok disebut Muscovy Duck atau Barbary Duck.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia, entok sudah didomestikasi sejak lama, sehingga penyebarannya sangat luas, hampir di seluruh kawasan Indonesia. Keuntungan beternak entok adalah mempunyai daya tahan tubuh lebih kuat dibandingkan unggas lain, mampu mengubah pakan berkualitas rendah menjadi daging, pemeliharaan tidak memerlukan lahan luas, dan vaksinasi tidak dilakukan secara rutin.

Asal-usul entok diperkirakan dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Entok mempunyai adaptasi yang baik di rawa-rawa berhutan dan wilayah di sekitar danau, sungai, dan di hilir lembar Sungai Rio Grande di Texas. Di beberapa negara, entok jantan dikawinkan dengan itik peking betina sehingga menghasilkan itik potong yang disebut Mule duck.[1] Namun, di Indonesia, peternakan entok kurang berkembang dibanding ayam dan itik.

Cara Budidaya Entok Hias

  • Persiapan kandang. Jika luas kandang 10 meter persegi, maka buatlah 5 meter untuk naungan dan lokasi pemberian makan, sedangkan 5 meter sisanya dibuatkan pemisah dan diberikan kubangan air.
  • Persiapan bibit unggulan. Umur ideal anakan entok yaitu 6-7 bulan setelah menetas atau minimal memiliki bobot 100-200 gram.
  • Persiapan pakan. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan porsi harian dan entok. Anda bisa memberikan pakan dedak, gilingan jagung, dan nasi aking. Anda juga bisa memberikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti keong-keongan atau bekicot untuk mempercepat proses entok bertelur.
  • Pemberian vitamin dan vaksin. Vaksinasi biasanya dapat dilakukan sendiri, atau juga dengan bantuan tenaga profesional. Selain vaksinasi, vitamin juga perlu diberikan untuk mempercepat proses entok bertelur.

Jenis Entok Hias

Ada beberapa jenis entok yang dapat dikategorikan entok hias. Entok dragon misalnya, identik dengan yang sepenuhnya hitam. Saat terkena matahari, warna bulunya akan terlihat seperti hitam kebiruan. Selain itu, ada pula entok jali, dikenal sebagai entok golongan mahal, lantaran jenisnya yang masih sedikit dan jarang dimiliki. Bentuk bulunya bersisik seperti ular berwarna cokelat dan abu-abu.

Budidaya entok rambon (sumber: facebook)

Varian lainnya adalah entok mocca mata merah, yang termasuk jenis langka dan hanya sedikit yang memilikinya. Secara karakteristik, entok ini memiliki bulu berwarna coklat mocca dan matanya merah. Ada pula entok rambon, yang termasuk ke dalam kategori entok hias karena keindahan warnanya dan masih jarang ada. Entok rambon memiliki keunggulan dari jenis lain karena proses perkembangbiakannya yang cepat.

Ciri Fisik Entok Rambon

  • Biasanya entok rambon memiliki bulu cokelat, silver, hitam, atau mix dalam satu ekor.
  • hitam pada bulu entok rambon lebih mengilat dari entok lokal.
  • Bentuk postur tubuh entok rambon lebih besar dari lokal dengan berat rata-rata 5 kg.
  • Bagian kaki entok rambon berwarna kuning polos.
  • Paruh entok rambon berwarna pink polos.

Karena memiliki yang cukup banyak, harga entok rambo juga ikut terdongkrak. Selain warna, ukuran entok rambon pun turut memengaruhi harga jualnya. Semakin besar ukuran entok, maka harga jual ikut melambung. Berikut referensi kisaran harga entok rambon di pasaran saat ini.

Harga Entok Rambon

Jenis & Entok Rambon Harga
Anakan/DOD Entok Rambon Rp30.000 per ekor
Entok Rambon umur 3 bulan Rp150.000 per ekor
Entok Rambon Jumbo umur 7 bulan Rp300.000 per ekor
Entok Rambon Sepasang Rp300.000
Entok Rambon Batik Rp350.000 per ekor
Entok Rambon Silver Rp600.000 per ekor
Entok Rambon Blue full Sepasang Rp1.700.000

Perlu diingat, harga entok rambon di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi pasar hewan terdekat atau mencoba memesan entok rambon di sejumlah situs jual beli online terpercaya.

[1] Muharlien, dkk. 2017. Ilmu Produksi Ternak Unggas. Malang: Universitas Brawijaya Press, hlm. 36.

Pos terkait