Info Terbaru Harga Emas 18KGP di Pasaran

No comment18093 views

akan lebih terlihat berharga jika berbahan dasar . Tak jarang, banyak wanita memandang perhiasan sebagai harta berharga. Di sendiri, perhiasan fluktuatif, meski lebih sering meningkat. Hal ini lantas menjadikan sejumlah orang beralih ke 18KGP karena punya harga yang jauh lebih terjangkau.

Apa itu Emas 18KGP?

Ilustrasi: Harga Emas 18KGP (credit: yaoota)

Ilustrasi: Harga Emas 18KGP (credit: yaoota)

Beberapa orang mungkin memandang emas 18KGP sebelah mata karena harganya lebih murah daripada perhiasan emas pada umumnya, dan mungkin tidak semua orang tahu dengan jenis emas yang satu ini. Di pasaran sendiri, walaupun sudah diberikan label sebagai pembeda antara emas 18KGP dengan emas lainnya, masih banyak yang bingung dengan perhiasan ini.

Emas 18KGP merupakan salah satu jenis emas murni yang digunakan sebagai pelapis perhiasan. Segala bentuk perhiasan, seperti cincin, kalung, gelang, anting, dan jam tangan dengan kandungan emas 18KGP, harganya akan lebih murah. Dengan kata lain, emas 18KGP ini merupakan emas pelapis pada perhiasan non-emas. dasar pembuatan perhiasan, bisa terbuat dari logam lain, seperti alumunium, kuningan, atau tembaga. 

KGP (Karat Gold Plated) sendiri sebenarnya merupakan label yang diberikan kepada perhiasan, yang bertujuan untuk mengetahui bahwa perhiasan tersebut tidak 100% terbuat dari emas, tetapi dilapisi oleh emas. Kebanyakan perhiasan dengan label KGP biasanya akan dipajang di etalase khusus untuk mempermudah konsumen membedakan perhiasan yang ingin dibeli, tidak hanya dilihat dari labelnya.

Angka 18 pada bagian depan KGP merupakan pertanda bahwa emas yang digunakan merupakan emas 18 karat. pelapisan emas pada perhiasan 18KGP sederhana, dengan memasukkan perhiasan dengan bahan dasar logam bukan emas ke dalam larutan yang mengandung emas ion positif. Setelah itu, akan dialiri listrik sebagai ion negatif yang menarik ion positif emas hingga membentuk lapisan di atas permukaan perhiasan tersebut.

Ilustrasi: Emas 18KGP (credit: deluxeglamour)

Ilustrasi: Emas 18KGP (credit: deluxeglamour)

Pelapisan dilakukan sekali hingga 3 kali, tergantung karat yang diinginkan. Semakin tipis lapisannya, semakin sedikit pula karatnya, seperti pada perhiasan 18KGP yang biasanya dilakukan sekali pelapisan saja. Sebagai info, jenis perhiasan dengan label emas 18KGP biasanya hanya mengandung sedikit kadar emas. Mulai dari kadar terendah yang tak bisa dihitung hingga kadar tertentu yang kebanyakan sekitar 0,05% dari perhiasan emas murni.

Perhiasan emas 18KGP dijual murah di pasaran karena kandungan emas yang sedikit, berbeda dengan perhiasan emas pada umumnya. Biasanya, perhiasan ini sering digunakan untuk acara-acara tertentu, seperti ketika seseorang memiliki hajatan besar atau pada . Tak jarang pula sejumlah wanita membeli perhiasan seperti ini hanya untuk pelengkap fashion sehari-hari. Mereka juga tidak perlu khawatir akan terjadi kriminalitas, karena emas tersebut tidak semahal emas asli.

Emas 18KGP juga sering dijadikan sebagai tembakan dari perhiasan berkelas. Tak sedikit perhiasan bermerek, namun harganya sangat miring. Itu karena perhiasan tersebut tidak sepenuhnya asli, melainkan terbuat dari emas 18KGP. Jenis perhiasan KW seperti inilah yang paling laris di pasaran. Tak jarang pula, demi memenuhi gengsi, banyak wanita menggunakannya di acara-acara tertentu. Mereka bisa tampil menawan dengan perhiasan emas tanpa harus mengeluarkan banyak . Ini juga salah satu solusi hemat bagi para wanita yang suka berhias.

Harga Emas 18KGP - www.bukalapak.com

Harga Emas 18KGP - www.bukalapak.com

Harga Perhiasan Emas 18KGP 

Jenis Perhiasan 18KGPHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Cincin EmasRp98 ribuRp102.000
Cincin Emas BerlianRp200 ribuRp532.000
Cincin Emas Plated Stainless Steel-Rp438.653
Kalung Emas-Rp25.000 – Rp42.150
Kalung Emas Liontin BesarRp120 ribuRp151.000
Kalung Emas Liontin Besar BerlianRp700 ribuRp875.000

Jika dibandingkan dengan harga perhiasan dengan bahan dasar emas 100%, emas KW ini memang sangat miring. Biasanya, banyak juga penjual perhiasan menjual perhiasan berlabel 18KGP satu set lengkap. Perhiasan seperti ini lebih hemat dibanding membeli satuan. Harga gelang 18 KGP satu lusin misalnya, sekitar Rp1 juta, sedangkan jika dijual satuan, harganya Rp100 ribuan. Karena itu, Anda akan sangat beruntung karena bisa menghemat hingga Rp12 ribu, untuk mendapatkan 12 buah gelang.

Jika Anda ingin membeli perhiasan dengan label 18KGP, ada baiknya Anda juga menanyakan kadar emasnya. Pasalnya, semakin tinggi kadar emasnya, maka semakin mahal harganya. Emas 18KGP dengan kandungan kadar emas sebanyak 70% hingga 75% , harganya bisa mencapai Rp400 ribu per gram. Pastikan sebelum membeli, Anda menanyakan harga dan mengecek perhiasan yang ingin Anda beli. Untuk mendapatkan perhiasan dengan label 18KGP, Anda tidak perlu membelinya di emas ternama. Hampir di seluruh perhiasan pasti menyediakan perhiasan jenis ini.

[Update: Panca]

Baca juga  Biaya Terbaru Pembuatan & Perpanjangan SIM B1
author

Leave a reply "Info Terbaru Harga Emas 18KGP di Pasaran"