Update Harga EM4 (Pertanian, Peternakan, Perikanan, Limbah)

Selain dengan pupuk dan air, ternyata kesuburan tanaman bisa juga dipercepat dengan aplikasi EM4. Merupakan singkatan dari Effective Microorganism, EM4 adalah kultur campuran dari mikroorganisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman. Tidak hanya untuk tanaman, ternyata cairan ini juga dapat digunakan untuk peternakan, termasuk ikan di tambak. Memiliki segudang kelebihan, EM4 ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: cara aplikasi EM4 (sumber: pertanianku.com)
Ilustrasi: cara aplikasi EM4 (sumber: pertanianku.com)

Secara umum, EM4 tersedia dalam empat varian, yakni EM4 Pertanian, EM4 Perikanan, EM4 Peternakan, dan EM4 Limbah. Khusus untuk EM4 Pertanian, diformulasikan dalam bentuk cairan berwarna kekuningan, berbau asam, punya pH 3,5, dan mengandung 90 persen bakteri Lactobacillus sp dan tiga jenis mikroorganisme lainnya.[1]

Bacaan Lainnya

EM4 dikatakan dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan mikroorganisme lain yang menguntungkan, seperti bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfat, mikroorganisme yang bersifat antagonis terhadap patogen, serta dapat menekan pertumbuhan jamur patogen tular tanah.[2][3] Tidak hanya itu, EM4 juga dapat digunakan untuk memproses bahan limbah menjadi kompos dengan proses yang lebih cepat dibandingkan dengan pengolahan limbah secara tradisional.

Sementara itu, untuk EM4 Peternakan, dikatakan dapat memperbaiki jasad renik di dalam saluran pencernaan ternak sehingga kesehatan ternak akan meningkat dan tidak mudah stress, serta mampu mengurangi bau kotoran hewan. Namun, jika EM4 tidak diinokulasi dengan benar, maka dapat menghasilkan beracun.[4]

EM4

  • EM4 Pertanian, seperti namanya, produk ini cocok diaplikasikan pada banyak tanaman, seperti pepaya, jeruk, jagung, padi, jahe, karet, cabai, bawang merah, tanaman hias, sayuran, dan lain-lain. Umumnya tersedia dalam kemasan 1 liter, banyak juga pedagang yang menawarkan repack kemasan 200 ml dan 250 ml. EM4 diklaim memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan produksi tanaman, mempercepat proses dekomposisi bahan-bahan organik dalam tanah, kualitas dan kuantitas hasil panen menjadi lebih baik, dan ramah terhadap lingkungan sekitar.
  • EM4 Perikanan, dikatakan sebagai berkualitas yang dikhususkan dalam bidang perikanan. Varian ini punya bentuk formulasi berupa cairan berwarna kekuningan yang mengandung mikroorganisme baik dari alam. Seperti EM4 Pertanian, ini juga hadir dalam kemasan 1 liter dan repacked. Kelebihan penggunaan EM4 Perikanan antara lain untuk antibiotik pada dan ikan, air menjadi lebih bersih, aman dan ramah terhadap lingkungan, dan kualitas lingkungan tetap terjaga.
  • EM4 Peternakan, seperti namanya, adalah varian yang dikhususkan pada bidang peternakan hewan. Produk ini memiliki formulasi berupa cairan berwarna kekuningan dan berbau asam manis. Tersedia dalam kemasan botol 1 liter, EM4 Peternakan dikatakan dapat mengurangi tingkat kematian anakan ternak, menjaga kualitas daging hewan ternak, menjaga jasad renik dalam saluran pencernaan hewan ternak, mengurangi tingkat stres hewan, memperbaiki kesuburan hewan, meningkatkan nafsu makan hewan, serta memberikan mikroorganisme yang menguntungkan dalam perut hewan ternak.
  • EM4 Limbah, seperti namanya, adalah varian EM4 yang ditujukan dalam bidang pengolahan limbah dan toilet. Hadir dalam kemasan botol 1 liter, produk ini diklaim mampu menekan serta mengurangi mikroorganisme patogen serta penyakit pada air limbah, mampu mempercepat fermentasi limbah organik sehingga bisa digunakan sebagai pupuk cair atau pupuk padat, menurunkan kualitas COD dan BOD sehingga kualitas limbah meningkat, serta mengurai limbah organik dalam septic tank secara cepat sehingga tidak menimbulkan endapan.
Baca juga  Manfaat dan Update Harga Gel Lidah Buaya (Semua Merk)
Varian EM4 (sumber: starfarm.co.id)
Varian EM4 (sumber: starfarm.co.id)

Cara Aplikasi EM4 Pertanian

  • Untuk persiapan benih, rendam benih dalam larutan EM4 dengan dosis sebanyak 5 sampai 10 cc per liter air selama 30 sampai 60 menit. Kemudian, keringkan benih dengan cara diangin-anginkan saja.
  • Untuk pengolahan tanah, buah EM Bokashi, lalu tebarkan secara merata pada lahan tanam dengan dosis sekitar 3 sampai 5 ton per hektar.
  • Untuk persiapan stek, rendam batang stek pada larutan dengan dosis 5 sampai 10 cc per liter air selama 4 sampai 8 jam, kemudian tanam bagian stek yang terendam larutan EM4 pada lahan budidaya.
  • Untuk pemeliharaan tanaman, gunakan dosis 1 sampai 2 liter per hektar yang dilarutkan dalam 100 sampai 200 liter air. Berikan saat tanaman berumur kurang lebih 7 hari setelah tanaman, 1 sampai 2 minggu sekali.

Cara Aplikasi EM4 Perikanan

  • Masa pemeliharaan, siramkan dengan dosis sebanyak 1 sampai 3 ppm per minggu per hektar ketika atau ikan sudah berumur 1 bulan atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi air tambak.
  • Untuk pengolahan tanah dasar tambak, keringkan tanah terlebih dahulu, lalu cangkul atau bajak tanah tersebut. Setelah itu, rendam dalam air sedalam 20 cm. Sirami dengan EM4 Perikanan dengan volume sebanyak 6 liter per hektar. Selanjutnya, biarkan saja selama 4 sampai 7 hari. Keringkan lagi selama jangka waktu 4 hari.
Baca juga  Update Daftar Harga Bibit Ayam Potong DOC di Pasaran

Cara Aplikasi EM4 Peternakan

  • Untuk air minum, larutkan EM4 Peternakan dengan dosis 1 sampai 2 cc ke dalam 1 sampai 1,5 liter air. Berikan pada hewan ternak setiap hari.
  • Untuk pakan ternak, larutkan EM4 Peternakan sebanyak 1 sampai 2 cc ke dalam 1 sampai 1,5 liter air, lalu semprotkan pada pakan hewan ternak.
  • Untuk pakan hewan unggas, campurkan EM4 Peternakan pada pakan ternak (jagung, dedak, atau konsentrat) dengan perbandingan 10 bagian (10 dedak + 2 konsentrat + 2 jagung + EM Bokashi).

Cara Aplikasi EM4 Limbah

  • Untuk membersihkan WC atau got, dosis yang digunakan sebanyak 1 liter, lalu siramkan pada lubang WC atau septic tank setiap dua bulan sekali.
  • Untuk mencegah lalat serta menghilangkan bau sampah, berikan dengan dosis 1 sampai 2 ml per liter air, lalu semprotkan pada tumpukan sampah. Tumpukan sampah yang telah disemprot tersebut dapat digunakan sebagai bahan pupuk organik.

Nah, apabila Anda tertarik menggunakan EM4, entah itu untuk tanaman atau hewan ternak Anda, tidak sulit mendapatkan cairan ini. Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko peralatan dan bahan pertanian atau bisa memesan lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kemasan dan kebijakan masing-masing penjual.

Baca juga  Update Kisaran Harga Minyak Kelapa Sawit per Liter & per Kg
EM4 kemasan botol (sumber: shopee)
EM4 kemasan botol (sumber: shopee)

Harga EM4

Varian EM4 Harga
EM4 Perikanan dan Tambak Repack 200 ml Rp8.500 – Rp10.000
EM4 Peternakan Repack 200 ml Rp8.500
EM4 Pengolah Limbah dan Toilet Repack 200 ml Rp8.500
EM4 Pertanian Repack 250 ml Rp9.900
EM4 Perikanan dan Tambak Repack 250 ml Rp12.500
EM4 Pertanian 1 L Rp23.000 – Rp30.000
EM4 Perikanan dan Tambak 1 L Rp23.000 – Rp30.000
EM4 Peternakan 1 L Rp23.000 – Rp30.000
EM4 Pengolah Limbah dan Toilet 1 L Rp23.000 – Rp30.000

Harga EM4 untuk pertanian, peternakan, maupun perikanan di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya tidak jauh berbeda. Namun, khusus untuk harga EM4 Perikanan Repack 250 ml, turun dari Rp15 ribu menjadi Rp12.500.

[1] Ibid.

[2] Wididana, G. N. 1994. Application of Effective Microorganism (EM) and Bokashi on Natural Farming. Bulletin Kyusei Nature Farming, Vol. 3(2): 47-54.

[3] Muntoyah. 1994. Menuju Pertanian Alami dengan Teknologi Effective Microorganism. Jakarta: Tumbuh, hlm. 24-26.

[4] Pratiwi, Istiana, Farida Fathul, Muhtarudin. 2015. Pengaruh Penambahan Berbagai Starter pada Pembuatan Silase Ransum terhadap Kadar Serat Kasar, Lemak Kasar, Kadar Air, dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen Silase. Jurnal Ilmiah Peternakan, Vol. 3(3): 116-120.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.