Update Manfaat & Harga Suplemen Kalsium Eazycal untuk Ibu Hamil

Ibu yang sedang mengandung atau merencanakan hamil (program hamil) biasanya disarankan untuk mencukupi kebutuhan asam folat. Selain asam folat, ternyata selama masa Anda pun membutuhkan asupan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada janin. Itu sebabnya ibu hamil kerap disarankan untuk mengonsumsi suplemen kalsium, salah satunya Eazycal. Suplemen Eazycal diklaim menawarkan manfaat baik untuk ibu hamil dengan harga mulai puluhan ribu rupiah. 

Ilustrasi: ibu hamil (sumber: todaysparent.com)
Ilustrasi: ibu hamil (sumber: todaysparent.com)

Sebagai informasi, kalsium merupakan jenis mineral yang penting untuk makhluk hidup, termasuk manusia. Seperti dilansir Hellosehat, Anda perlu mengonsumsi sejumlah kalsium untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang serta komunikasi yang antara otak dan berbagai bagian tubuh. Kalsium diketahui berperan untuk menjaga detak jantung agar selalu stabil serta mempertahankan fungsi otot dan saraf.

Bacaan Lainnya

Kalsium pun dibutuhkan oleh Anda yang sedang hamil untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat; mengembangkan jantung, saraf, dan otot yang kuat; serta untuk mengembangkan irama jantung dan kemampuan pembekuan darah yang normal. Pada masa kehamilan, kalsium pun dapat menurunkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi sekaligus memperkecil risiko mengalami salah satu komplikasi yang berbahaya seperti keracunan kehamilan atau pre-eklamsia.

Bahkan kabarnya, apabila Anda tak memperoleh cukup asupan kalsium dalam makanan ketika Anda sedang hamil, maka bayi Anda akan menyerap kalsium dari tulang Anda. Hal itulah yang berpotensi untuk mengganggu kesehatan Anda sendiri di kemudian harinya.

Bagi perempuan dewasa di atas usia 18 tahun, biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium dengan dosis sebanyak 1.000-2.000 miligram (mg) sehari sebelum, selama, dan setelah kehamilan. Sementara itu, bagi perempuan yang usianya di bawah 18 tahun dianjurkan mengonsumsi lebih banyak lagi kalsium, yakni sekitar 1.300 mg.

Kebutuhan kalsium bisa dicukupi dari sumber makanan dan minuman alami maupun suplemen kalsium. Beberapa makanan dan minuman yang dikenal kaya akan kandungan kalsium antara lain berupa susu, keju, yoghurt, ara, brokoli, bayam, tahu, daun dandelion, hingga minuman yang diperkaya, termasuk susu kedelai dan berbagai jus buah.

Nah, selain dari sumber makanan dan minuman alami, kalsium juga bisa Anda peroleh lewat suplemen. Suplemen kalsium tersedia dalam berbagai bentuk, umumnya berupa kalsium karbonat dan kalsium sitrat yang paling mudah diserap oleh tubuh. Kalsium karbonat mengandung paling banyak kalsium, namun membutuhkan asam lambung ekstra untuk membantu melarutkan, jadi lebih baik dikonsumsi sambil makan. Sementara itu, untuk kalsium sitrat tak membutuhkan asam lambung untuk penyerapannya, sehingga bisa Anda konsumsi di sela-sela waktu makan.

Dalam suplemen kalsium yang bagus untuk kehamilan, Anda juga dituntut untuk lebih cermat. Usahakan untuk memilih produk suplemen yang bebas timah. Beberapa suplemen kalsium seperti yang mengandung bone meal, dolomit, atau karang kemungkinan akan mengandung sedikit timah. Kandungan pada suplemen yang Anda konsumsi bisa saja menimbulkan potensi bahaya untuk pertumbuhan bayi Anda.

Akan tetapi, Anda tak perlu terlalu khawatir, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi produk obat-obatan atau suplemen apapun selama kehamilan. Salah satu produk suplemen kalsium yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi selama adalah produk Eazycal. Eazycal merupakan produk bebas yang tersedia di berbagai apotik.

Kemasan obat Eazycal (sumber: Tokopedia)
Kemasan obat Eazycal (sumber: Tokopedia)

Tentang Eazycal

Eazycal adalah suplemen kalsium produksi Novell Pharmaceutical Laboratories yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin K, D, zinc, magnesium, dan boron. Produk Eazycal berfungsi sebagai produk multivitamin selama hamil, menyusui, masa pertumbuhan anak dan pada kondisi patah tulang. Selain itu, Eazycal juga bisa dikonsumsi sebagai terapi penunjang untuk osteoporosis karena berbagai penyebab seperti pasca menopause, senilis, atau karena penggunaan kortikosteroid, gastrektomi, atau imobilisasi (keterbatasan gerak).

Komposisi Eazycal

  • Coral Calcium sebagai Ionic Ca 500 mg
  • Genista Tinctoria setara dengan Genistein 20 mg
  • Vitamin D3 200 IU
  • Vitamin K1 25 mcg
  • Magnesium 100 mg
  • Boron 1 mg
  • Zinc 5 mg

Eazycal juga mengandung bahan tambahan lain yakni: Lactose spray dried, Primojel, Aerosil, Magnesium stearate.

Dosis Eazycal

Eazycal dapat diminum setiap hari dengan dosis yang dianjurkan adalah 1-3 kali sehari 1 kaplet. Produk ini bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makan.

Ilustrasi: suplemen ibu hamil (sumber: humnutrition.com)
Ilustrasi: suplemen ibu hamil (sumber: humnutrition.com)

Peringatan & Perhatian Penggunaan Eazycal

Eazycal tidak boleh digunakan pada orang yang sedang diobati dengan warfarin (obat pembekuan darah) dan obat sejenisnya. Efek samping juga biasanya dapat muncul pada orang yang sedang mengalami fungsi ginjal. Pada orang-orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal sebaiknya jangan mengonsumsi Eazycal bersamaan dengan produk yang memiliki serat tinggi. Untuk cara penyimpanan, sebaiknya simpan di tempat yang sejuk (pada suhu di bawah 30⁰C) dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

Harga Eazycal di Apotek

Jenis Pembelian Harga (Rp)
Eazycal per tablet 4.500
1 Strip Eazycal isi 6 tablet 41.468
1 Box Eazycal (5 Strip) 135.000

Pada 2019, harga suplemen Eazycal dibanderol seharga Rp40.260 per strip di Apotek K24. Produk tersebut kemudian naik pada 2020 menjadi Rp41.808 per strip. Bahkan, memasuki 2021, harga 1 strip suplemen Eazycal terpantau mencapai Rp41.468. Eazycal tergolong obat bebas yang bisa dibeli di apotik tanpa harus menggunakan resep dokter. 

Selain dapat dibeli di Apotek K24, produk suplemen kalsium Eazycal juga bisa Anda temukan dengan mudah di sejumlah toko obat maupun apotek-apotek terdekat lainnya di sekitar tempat tinggal Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa harga suplemen Eazycal dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Eazycal yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda tergantung dari penawaran pihak penjual. 

Reaksi atau efek samping yang dirasakan setiap orang setelah mengonsumsi produk tertentu juga dapat berbeda-beda. Apabila Anda merasakan alergi atau kurang cocok mengonsumsi produk ini, Anda bisa menghentikan pemakaian dan berkonsultasi dengan dokter.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Aturan Pemakaian dan Harga Obat Clotrimazole untuk Keputihan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *