Info Manfaat & Update Harga Dupa Gunung Kawi

Dupa atau kemenyan masih begitu dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan, mulai dari untuk keperluan ibadah, untuk sekadar pengharum udara, keperluan ritual, hajatan, dan masih banyak lagi. Ada beragam merek dupa yang beredar di pasaran, misalnya saja dupa Gunung Kawi. Dupa satu ini dikenal berkualitas dan memiliki aroma yang sangat semerbak. Harga dupa Gunung Kawi dibanderol variatif, tergantung jenisnya.

Ilustrasi: Tradisi Membakar Dupa dalam Perayaaan Tahun Baru Tionghoa (credit: nationsonline.org)
Ilustrasi: Tradisi Membakar Dupa dalam Perayaaan Tahun Baru Tionghoa (credit: nationsonline.org)

Dupa merupakan bahan pembakar yang dapat mengeluarkan asap berbau /harum. Dupa berwujud bubuk atau belahan kayu yang dibakar saat sembahyang. Dupa yang digunakan biasanya 3-4 dupa untuk satu orang.[1]

Bacaan Lainnya

Dupa adalah salah satu sarana ibadah bagi masyarakat yang beragama Hindu, karena untuk beribadah/berdoa masyarakat yang beragama Hindu akan membakar dupa, yaitu setiap pagi, siang dan sore, sehingga permintaan dupa khususnya masyarakat di Bali sangat tinggi.

Dupa yang beredar di masyarakat dibedakan menjadi 2 yaitu dupa lokal yaitu dupa yang dihasilkan dengan cara manual oleh tenaga manusia, dan dupa import. Istilah dupa impor karena awalnya dupa ini diimpor dan dikerjakan secara otomatis mesin. Saat ini mesin pembuat dupa sudah banyak dijual di Indonesia, dan para pengusaha dupa besar sudah menghasilkan dupa dengan mesin ini, namun namanya masih disebut dengan dupa impor.

Dupa lokal dan dupa impor memiliki segmen yang berbeda, disebabkan kualitas dan harga yang berbeda. Dupa impor harganya lebih mahal karena kualitasnya memang lebih baik,dan biasanya yang dupa impor adalah masyarakat yang secara ekonomis kelas menengah ke atas, hotel-hotel, restoran, dan lain-lain. Dupa lokal harganya lebih murah,namun yang membutuhkan adalah masyarakat Hindu di Bali secara umum, khususnya digunakan untuk ibadah sehari-hari atau disebut dupa daily (dupa harian), sehingga permintaannya dupa harian ini masih tinggi.[2]

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dupa Gunung Kawi termasuk salah satu merk dupa yang populer dan banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Di pasaran umumnya dikenal dua dupa Gunung Kawi, yakni dupa lidi dan dupa kerucut atau yang kerap disebut dupa tumpeng (cone). Sesuai namanya, dupa lidi Gunung Kawi dibuat dengan pelengkap berupa lidi yang berguna untuk menancapkan dupa di wadah dupa. Sedangkan dupa kerucut Gunung Kawi tidak dibuat dengan lidi, sehingga akan terbakar habis setelah dinyalakan selama beberapa saat.

Ilustrasi: Membakar Dupa (credit: Healthline)

Manfaat Dupa Gunung Kawi

Dupa Gunung Kawi dipercaya memiliki banyak kegunaan, mulai dari bermanfaat untuk relaksasi, aroma terapi, membantu menghilangkan stres, keperluan sembahyang, hingga untuk ritual. Beberapa orang kerap dupa Gunung Kawi untuk ritual tertentu seperti dioleskan ke benda-benda pusaka atau mustika yang dimiliki, dan berbagai ritual lainnya. Berikut harga dupa Gunung Kawi di pasaran.

Harga Dupa Gunung Kawi

Merek Dupa Gunung Kawi Harga (Rp)
Dupa Harum Gunung Kawi Cap Buah Thoo 1 bungkus isi 9 batang 10.900
Hio Dupa Kerucut Tumpeng Gunung Kawi Cap Buah Thoo Merah 9 pcs 11.000
Dupa Kerucut Gunung Kawi Merah isi 9 batang 12.500
Dupa Gunung Kawi Biru 13.000
Hio Dupa Merah Halus Ukuran 1 Kg Wangi Merek Kwan Im Free Gunung Kawi isi 500 batang 59.880
Hio Dupa Gunung Kawi Cap Buah Thoo 1 pack isi 10 bungkus 100.777
Dupa Kerucut Gunung Kawi Biru isi 10 kotak 109.000
Hio Dupa Gunung Kawi Cap Buah Thoo 1 Tas isi 10 pak 988.888
Ilustrasi Dupa Gunung Kawi (sumber: anandabazar.com)

harga dupa Gunung Kawi di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga dupa Gunung Kawi dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga dupa Gunung Kawi tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, dupa harum Gunung Kawi Cap Buah Thoo 1 bungkus isi 9 batang yang dibanderol Rp10.500 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp10.900 tahun 2022. Selain itu, harga dupa Gunung Kawi yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang membutuhkan dupa Gunung Kawi, Anda bisa membelinya di beberapa toko perlengkapan ibadah atau bahkan di pasar-pasar tradisional. Jika kesulitan menemukannya, tak ada salahnya untuk membeli dupa Gunung Kawi secara melalui sejumlah marketplace.

[Update: Almas]

[1] Rosmaradhana, dkk. 2020. Menulis Etnografi: Belajar Menulis Tentang Kehidupan Sosial Budaya Berbagai Etnis. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, hlm 83.

[2] Sarwoko, E dkk. 2020. Pengembangan Potensi Usaha Dupa Menjadi Produk Unggulan. Jurnal ABDINUS. 3(2): 134-147.

Pos terkait